Aku Pernah Mengalami Anyang-Anyangan

Moshimoshi.. p(^-^q)

Kali ini aku tidak membahas mengenai kecantikan tetapi lebih kekesehatan karena hal ini juga jauh lebih penting bukan daripada hanya membahas mengenai kecantikan. Toh buat apa cantik kalau tidak sehat. Itu percuma.

So, sekarang aku akan membahas mengenai hal yang pernah aku alami dalam sistem perkemihan yang sampai membuat aku tidak nyaman.

Akhir-akhir ini aku mengalami masalah pada sistem perkemihan karena terlalu seing menahan pipis. Iya, aku bisa menahan ingin pipis selama 1-2 jam atau sampai istirahat berakhir. Plis, jangan tiru hal ini karena sama sekali tidak baik untuk kesehatan sistem perkemihan.

Seringnya aku menahan pipis tersebut membuat aku kadang kalau pipis itu terasa perih dan juga seringnya pipis sedikit-sedikit dan setelah sudah pipis, ingin pipis lagi. Hal itu sangat membuat aku tidak nyaman sama sekali bahkan biasanya aku perlu waktu istirahat untuk menangani rasa tidak nyaman ini dan baru akan mulai melakukan aktifitas kembali setelah mulai merasa nyaman kembali. Hal seperti ini tersu berulang.

Aku pikir awalnya ini adalah hal yang biasa sampai aku perlu bertanya ke orang rumah mengenai hal tersebut dan mereka bilang kalau di pulau jawa namanya "anyang-anyangan". Aku yang bukan asli orang Jawa tentunya bingung dan sebenarnya apa anyang-anyangan itu.

Sampai akhirnya ada email yang masuk mengenai anyang-anyangan ini dan beberapa kali juga aku skip sampai pada saat aku benar-benar penasaran dan membuka mengenai artikelsi anyang-anyangan.

Oh, ternyata anyang-anyangan ini kalau dalam bahasa medis bisa disebut juga Infeksi Saluran Kemih atau biasanya disingkat ISK. Bukan. Ternyata anyang-anyangan bukan lah ISK melainkan hanya gejalanya saja. Anyang-ayangan adalah gejala ISK.



Jadi, ada beberapa gejala ISK sebenarnya termasuk beberapa hal yang aku rasakah tersebut yaitu sering pipis, pipis terasa sedikit-sedikit, setelah sudah pipis, masih ingin pipis lagi, terasa sakit saat pipis, nyeri pada panggul (pada wanita), air pipis berbau menyengat, lebih pekat dan kadang-kadang mengandung darah, merasa lelah dan kurang sehat, sampai demam.

Penyebab dari ISK ini ada beberapa faktor yaitu mulai dari suka menahan pipis (seperti yang sering aku lakukan) dan adanya bakteri di saluran perkemihan yang bernama E.Coli.

Lalu bagaimana cara aku mengobati hal tersebut:
  • Pertama, pastinya aku sudah tidak ingin menahan pipis lagi. Jadi, kalau ingin pipis, ya buru-burulah ke kamar kecil. Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menghindari penyebabnya.
  • Kedua adalah dengan minum air putih yang banyak dan cukup.
Aku adalah orang yang cukup pemalas untuk meminum air putih dan ini tentunya adalah kebiasaan buruk yang harus mulai aku perbaiki dari sekarang. Apalagi saat sudah terkena anyang-anyangan ini, harus minum air lebih banyak.
  • Terakkhir adalah meminum suplemen agar terhindar dari ISK untuk menghilangkan gejala-gejala ISK atau anyang-anyangan.
Dengan melakukan hal tersebut akhirnya sekarang aku sudah tidak pernah mengalami hal tersebut lagi. Syukur, Alhamdulillah.


***


Untuk mengurangi rasa penasaran orang yang membaca ini, pastinya aku akan memberitahu suplemen apa yang harus diminum saat mulai mengalami gejala-gejala ISK tersebut.

Orang yang mengalami gejala ISK lebih baik mengkonsumsi suplemen yang ada kandungan cranberry karena cranberry dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada dinding salurah kemih dan efektif untuk mencegah ISK. Cranberry memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Sifat anti-adhesi pada antioksidan membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.


Suplemen yang memiliki kandungan cranberry yang aku ketahui ada di Indonesia adalah Urichan, maka suplemen satu ini sangatlah cocok untuk mengobati anyang-anyangan. Uricran memiliki kandungan Cranberry yang menjadi solusi alami untuk anyang-anyangan.


Semoga kalian bisa mengobati anyang-anyangan seperti yang pernah aku alami dan tidak sampai mengalami ISK. Segera atasi dengan cepat sebelum lebih parah.



LOVE,
facebook  |  twitter  |  instagram  |  youtube
Facebook Rima Angel (Blog Pribadi)

3 comments:

  1. Memang kalo aku lagi perjalanan darat dengan jarak yang jauh kadang2 aku suka banget nahan pipis 1 - 2 jam lamanya. Pas kerja pun sama aja saat aku lagi beraktivitas seperti beres2 rumah, bekerja melayani klien, dan pas lagi mendaki gunung. Aku emng tipe orang yg suka nahan pipis bahkan sampe pipis di sembarang tempat. Tapi alhamdulillah aku nggak terkena penyakit infeksi saluran kemih karena aku selalu minum air putih yang banyak setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sebaiknya udah mulai ditinggalkan ya sist yg nahan masalah pipis ini karena bisa ngaruh ke ginjal juga yg aku tau dan pertahankan kalau suka minum air putihnya. Mudahan jangan sampai pernah ngerasain anyang-anyangan ya. ^^

      Delete
  2. Aku juga pernah pas sekolah malah sekitar 2 tahunan. Kata dokter disuruh banyak minum ya alhamdulillah sembuh. Tapi kalo kurang minum lagi kadang kambuh anyang anyangen nya😥 Penting banget pokoknya air putih ya mba rima 😊

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏

My Instagram