Alasan Beauty Blogger Upload Foto Cantik

Moshimoshi.. (^_-)

Aku kembali dengan tanpa review produk. Hehe 😉 Kali ini aku mau bahas sesuatu yang lain tetapi masih dalam konteks be-beauty-an lah ya.

Apakah aku mulai bosan update tentang review produk? Tidak kok, hanya ingin selingin dengan tulisan lain aja karena takutnya pembaca yang mulai bosan dengan isi review aku soalnya 2 bulan lalu hampir semua full sebulan isinya cuma review produk doang.


Ada yang tahu nggak kenapa kira-kira beauty blogger selalu upload foto yang bagus atau cantik atau kualitas yang cakep? Pasti mereka ada alasannya dong ya, nggak mungkin tanpa alasan. Nah, yang dimaksud cantik disini bukan hanya cantik secara secara wajah tetapi juga cantik dalam hal lainnya. Entah itu makeupnya, feednya, kualitas fotonya dan hal lainnya.

Kali ini aku mau kasih tahu ke kalian, alasan para beauty blogger upload foto-foto cantik seperti itu. Beberapa alasan yang sering aku dengar adalah:
  • Menjadikannya Nilai Jual pada Brand atau Untuk Meyakinkan Brand
Yeah, untuk meyakinkan brand. Hal ini yang pertama kali aku dengar dari beberapa orang. Kata meraka wajiblah hukumnya foto-foto di sosmed terutama Instagram, foto harus cantik ini.

Lalu aku juga mulai berpendapat "mana mungkin beauty blogger upload foto yang jelek dan kualitas jelek ya, untuk meyakinkan brand ini karena akan jadi nilai minus jika kualitas foto mereka jelek atau makeup mereka jelek".

So, para beauty blogger ini pasti melakukan sesuatu untuk menghasilkan foto-foto yang cantik. Mulai dari angle foto, tone warna, filter dan berbagai hal lainnya dilakukan dengan sempurna dengan segala perangkatnya yang nyata seperti lighting, ring light, foto outdoor maupun dengan menggunakan berbagai editan foto yang bagus sehingga foto yang dihasilkan pun jelas sekali akan bagus.

Hal ini tentu lah akan menarik brand-brand makeup untuk melirik mereka dikarenakan hasil foto yang cantik ini dan membuat para brand tertarik untuk menghubungi beauty blogger untuk review produk mereka, diundang ke event mereka dan berbagai ha lainnya yang biasa ditawarkn pihak brand karena sesuai dengan kemauan mereka.

  • Agar Sosial Media Terlihat Rapi

Hal ini sangat banyak disukai orang lain yaitu feed Instagram yang rapi, rasanya jika feed Instagram seseorang itu rapi, enak saja dipandangnya dan akan berlama-lama kepoin foto mereka. Tentunya dengan sosmed yang rapi begini akan menarik orang untuk follow kita. Ya, para beauty blogger butuh followers yang cukup banyak karena biasanya brand sebelum kerjasama memiliki syarat followers minimal sekian ribu dan bla bla lainnya. Sehingga hal seperti ini sangat diperhatikan oleh si beauty blogger.

  • Pencitraan
Iya lah, mana ada sih zaman sekarang yang tidak melakukan pencitraan di sosial media. Beauty blogger apalagi (kebanyakan, bukan berarti semuanya pencitraan ya) tetapi dalam hal positif-nya.

Contoh saja seperti hal begini, misal baru putus cinta, masa sih kita sedih-sedih tapi upload foto sedih, yang ada tetap upload foto cantik dengan review lipstick terbaru. Ya, ada sih yang upload foto atau video nangis-nangis, itu mah bagi mereka yang ingin diketahui kehidupan pribadinya dan bagi yang mau dinyinyirin banyak orang. 😂 Kalau  beauty blogger mah kebanyakan tetap upload foto-foto makeup cantik dengan pencitraan yang baik dihadapan khalayak banyak dan tidan mau orang lain mengetahui kehidupan pribadinya.

  • Agar Mengikuti Makeup yang Dibuat oleh Si Blogger
Beauty blogger seringnya upload foto dengan menggunakan makeup full dan sangat jarang upload foto bare face di timeline sosmed mereka, terkadang ada juga sih mereka upload bare face atau no makeup tetapi bukan diupload di timeline melainkan hanya di share di insta stories saja.

Kenapa hal begini dilakukan karena konsep si beauty blogger tersebut pada feed sosmed mereka bukan masalah kulit tetapi dia lebih ke makeup tutorial sehingga tidak perlu upload wajah bare face kecuali memang konsep mereka yang lebih ke arah skincare.


Mereka lebih memilih upload foto cantik denga full makeup agar makeup-nya bisa diikuti oleh followersnya dan hal tersebut pastilah menampilkan detail makeup yang mereka buat, bukan detail kekurangan wajah yang dimilikinya.

  • Agar Terfokus pada Produk yang Direview
Hal ini jelas lah harus menampilkan wajah cantik agar orang terfokus pada produk yang kita review bukan pada masalah kulit yang dimiliki si beauty blogger.

Misal saja review lipstick atau eyeshadow, ya kali ada jerawat didekat mata dan didekat bibir, yang ada pasti orang akan terfokus ke jerawat tersebut, bukan ke makeup yang dibuat. Sehingga para beauty blogger pasti melakukan pengeditan untuk menghilangkan si jerawat agar terfokus pada ke lipstick dan eyeshadow.

Pada gambar ini sebenarnya bagian tengah hidung mengelupas dan aku lakukan pengeditan untuk menghilangkan. Untuk dibawah bibir juga ada pengelupasan dan belas jerawat cuma aku tidak melakukan pengeditan yang maksimal sehingga tetap terlihat dan itu terlihat jelek dan membuat orang tidak fokus ke lipstick-nya. 

Bagi aku, itu semua sah lah ya dilakukan karena ingin menampilkan yang terbaik, aku pun cukup sering melakukan ini, tujuannya bukan untuk menipu diri sendiri atau orang lain mengenai hal ini tetapi tetap pada tujuan utamanya agar orang lain lebih terfokus ke produk yang lagi direview.

Berbeda halnya jika si beauty blogger lagi review skincare, baru hal ini tidak sah dilakukan apalagi jika review skincare jerawat, masa iya review skincare tetapi wajah dilakukan pengeditan. 😀 Kalau misal seperti dicerahin agar tidak terlihat gelap, hal itu bukan masalah.

  • Memperlihatkan Kreatifitas
Dengan upload foto cantik pastinya terlihat kreatifas si beauty blogger dalam pengeditan fotonya. Contoh saja efek yang biasa digunakan di photoshop dengan berbagai hal, mana ada sih orang yang tidak kreaktif bisa edit-edit foto. Melakukan pengeditan ini membuat kreaktifitas si blogger terlihat.

hanya sebagai contoh

Kalau orang tidak kreatif pasti editan fotonya biasa saja, paling dicerahin doang, udah kelar. Kalau beauty blogger yang kreatif sampai warna background yang awalnya putih diganti dengan warna sesuai lipstick atau sesuai baju. Ini mah super sekali 😘 dan hal lainnya yang menunjang agar foto terlihat cantik saat dilihat banyak orang.


***

Beberapa hal diatas lah yang aku ketahui kenapa beberapa orang perlu menampilkan wajah yang cantik dengan pengeditan, wajah yang cantik dengan full makeup tanpa perlu takut "dinyinyiri" mengenai foto tersebut dibilang "penipuan publik", "wajah palsu" dan nyinyiran lainnya.

Hal seperti itu (nyinyiran) tidak begitu penting bagi mereka yang penting terus update membuat orang yang melihatnya suka dan membuat ide mereka juga jadi terus mengalir. 😉

Kalau kalian, apa yang ada didalam pikiran kalian mengenai orang yang upload foto cantik? Apakah kalian tidak suka atau justru malah menikmatinya? Ayo kasih tahu aku dan tinggalkan komentar dibawah ini mengenai pendapat kalian. 😎



LOVE,

Post a Comment

10 Comments

  1. Beauty blogger yang pasang muka 'seadanya' juga ada kok Rima XD Jadi nggak selalu cantik, entah sih apa maksudnya. Cuma ya ada yang apa adanya gitu diupload, nggak peduliin hal-hal yang kamu sebutin di atas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, mungkin dia kagi review skincare. Hehe

      Delete
  2. Samaaa aku juga sering edit backgroud krn takut orang salah fokus hehehehe

    www.nands.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, nanti mereka malah fokus ke lain lagi. Wkwkwk

      Delete
  3. Bener Ka rim hihihi, setuju wkwkwk😍

    ReplyDelete
  4. Menurutku, beauty blogger sudah seharusnya menampilkan banyak sisi cantik, secara mereka berjuang di wilayah beauty bukan? Lagian kalau nggak tampil cantik, gimana mau disebut beauty blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga juga sih,kan beauty blogger juga mencakup ttg review produk kayak skincare. Kalau bare face dengan jerawat segambreng tak masalah, asalkan sesuai aja kan ya sama pembahasannya. Hehe

      Delete
  5. Setuju banget deh sama postingan ini, baca sambil senyum2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mikirin apa ka Lily sambil senyum-senyum itu. Hehe

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar dan dimohon untuk tidak menggunakan 'unknown' karena komentar tidak akan disetujui.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏