Kompor Masa Kini - Kompor Induksi PLN KalSelTeng

source: doisongphapluat.com
Moshimoshi.. (^_-)

Kali ini aku lagi tidak membahas mengenai beauty ya tetapi lagi membahas sesuatu yang lagi cukup in di kota kelahiran aku yaitu di Banjarmasin. 

Aku akan membahas mengenai kompor. Ya, kalian tidak salah dengar kok. Aku lagi mau membahas kompor karena kompor satu ini masih baru ada di Kota aku. Kompor yang akan aku bahas adalah kompor induksi. Apa sih kompor induksi? Kompor induksi itu kompor yang penggunaannya dicolok ke listrik dan kompor satu ini tidak panas sama sekali, sekalipun kalian sentuh. Kompor induksi ini cara kerjanya adalah menghantar panas keperalatan masak kita dan kompornya sendiri seperti yang aku bilang tadi tidak panas sama sekali. So, kompor ini cukup aman banget. Kompor satu ini gampang banget dibawa kemana-kemana karena mudah penggunaannya yang hanya tinggal colok tadi.

Penampakan kompor induksi
source: pramie.vn

Kompor induksi ini tentunya akan menjadi kompor masa depan karena kompor induksi ini gampang dibawa kemana-mana, mudah penggunaannya, energi yang terbuang hampir tidak ada, ramah kingkugan, tidak menyebabkan polusi dan tidak berhubungan dengan api serta saat disentuh tidak panas karena terbuat dari bahan keramik sehingga di masa depan orang-orang tentunya akan memilih kompor ini ketimbang dengan kompor lainnya.

Kompor induksi yang penggunaannya menggunakan listrik ini tentunya berkaitan erat dengan listrik dan untuk listrik sudah sangat mudah di Banjarmasin karena sudah disediakan oleh PLN Kal-Sel-Teng dan penyediaannya sudah tidak dikhawatirkan lagi karena sudah lebih dari cukup sehingga mudah banget menggunakan kompor induksi ini.

Disini aku juga akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan kompor induksi masa depan ini. Kelebihan kompor induksi dibandingkan dengan kompor biasa adalah :
  • Ramah lingkungan
  • Hemat energi
  • Ada detektor mematikan kompor saat ada tumpahan
  • Ada fitur touch control untuk mengatur suhu
  • Ada fitur Automatic Pan Size Recognition
  • Ada fitur Child Lock 
  • Ada timer
  • Tidak ada api sehingga tidak keamaan tinggi
  • Lebih praktis bisa dibawa kemana-kemana
  • Panasnya merata sehingga makanan menjadi lebih cepat masak
  • Kompor tidak panas sehingga saat memasak tidak gerah
  • Mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan lap kering dan lembab
  • Tampilan elegan.
Kekurangan dari kompor induksi ini, yaitu :
  • Masalah listrik ketika ada tumpahan
  • Watt yang diperlukan cukup besar
  • Hanya bisa menggunakan peralatan masak yang ferromagnetik seperti stainless steel, baja, besi, logam dan lain-lain
  • Kompor datar sehingga peralatan masak juga harus datar
  • Harga lebih mahal ketimbang kompor lainnya.
Melihat dari segi kelebihan dan kekurangannya tentunya masih lebih banyak kelebihannya dan untuk kekurangannya yang mengenai hanya bisa digunakan di peralatan masak ferromagnetik, kalian bisa mencobakan alat masak kalian, jika alat masak kalian menempel ke kompor induksi maka peralatan memasak tersebut bisa digunakan di kompor induksi dan juga biasanya kompor induksi ini dijual satu set dengan peralatan masaknya. Mengenai hal ini tentunya masyarakat ke depannya jauh kan memilih kompor induksi ini.

Yang akan menjadi pertanyaan kalian setelah membaca mengenai hal ini, pastilah mengenai dimana tempat membelinya di Banjarmasin. Tempat membeli kompor induksi ini adalah di Senweell, Ace Hardware dan juga di Hypermart. Ketiga tempat ini tidak hanya bisa kalian temukan di Banjarmasin saja tetapi ada juga di Banjarbaru.

Oh ya, kompor induksi ini ada dari berbagai merk seperti Maspion, Cosmos, Philips, Midea, Kenwood, Mastoso dan Ideal. Harga dari kompor induksi ini mulai dari 750k sampai hampir mencapai 3 juta.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengetahui kompor induksi ini kalian bisa membaca topik kompor induksi PLN Kal-Sel-Teng di portal bpost online ya.

Semoga postingan aku kali ini bisa membantu kalian yang ada di Banjarmasin dan sekitarnya yang ingin mengetahui tentang kompor induksi ini. 😊

Instagram PLN KALSELTENG @pln.kalselteng




LOVE,

Post a Comment

4 Comments

  1. Aduh kompur induksi memang mantep banget ya mba, tapi sayang kalau ada tumpahan 😰, takut meledak 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mantap sih Aya.
      Kayaknya ga meledak deh aya tapi lebih ke aliran listrik aja takut kenapa-kenapa gitu.

      Delete
  2. Tampilannya modern gitu ya. Kayak di drama2 korea gitu. Hehe. Ada support dari PLN Kalselteng juga ya. Mantap nih. Kompor induksi memang bisa dijadikan alat masak masa depan biar lebih praktis.

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar dan dimohon untuk tidak menggunakan 'unknown' karena komentar tidak akan disetujui.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏