Produk yang Tidak Cocok untuk Kulitku (Acne Prone & Oily Skin)

Produk yang Tidak Cocok untuk Kulitku (Acne Prone & Oily Skin)

Moshimoshi.. (*≧∇≦*)

Bagaimana liburan kalian? Aku harap liburan kalian menyenangkan seperti layaknya liburan yang aku jalani bareng keluarga aku. Happy buat tahun 2018 dan ini tulisan pertama aku di tahun 2018 ini. πŸ’ƒ

Setelah liburan panjang, kali ini aku kembali lagi dengan menulis mengenai rangkuman produk yang aku gunakan selama ini dan produk tersebut bisa dibilang tidak bekerja dengan baik di kulit aku atau produk tersebut tidak cocok sama sekali di kulit wajah aku.

Memiliki kulit wajah yang oily skin, acne prone skin dan bisa dibilang juga cukup sensitif, memang agak sulit menemukan produk yang cocok dengan kulit wajah aku dan hal tersebut haruslah trial-error sendiri, tidak bisa hanya dengan mengandalkan kecocokan di orang lain.

Sebisa mungkin, orang dengan kulit wajah seperti diriku, haruslah rajin membaca mengenai ingredient dan juga membaca review tulisan beauty blogger yang  memiliki tipe kulit wajah yang sama, kalau aku pribadi suka melihat video di youtube dengan orang-orang yang memiliki tipe kulit berjerawat dan membaca beberapa beauty blogger Indonesia yang juga memiliki tipe kulit wajah yang hampir mirip dengan aku.

Tanpa berlama-lama sekarang aku akan membahas mengenai produk-produk yang tidak cocok di kulit wajah aku selama ini dan aku akan membagi menjadi 2 kategori yang skincare dan makeup.

SKINCARE

Pond's Acne Solution Anti Acne Facial Foam
Berbeda dengan moisturizer-nya yang cukup cocok di aku, si facial foam ini setelah digunakan beberapa kali, aku baru 'ngeh' bahwa produk ini membuat wajah aku breakout dan pada saat itu breakoutnya cukup parah dan aku ada cerita di Instagram aku @Rima_Angel pada saat itu.

Cosrx One Step Pimple Clear Pad
Jika dibanyak orang mengatakan cocok dengan produk satu ini, di aku malah kayak so so banget bahkan ada suatu ketika yang malah bikin aku breakout setelah menggunakan pimple pad satu ini dan aku memutuskan tidak menggunakan produk ini lagi setelah beberapa kali menggunakannya dan juga tidak aku review karena produk ini sudah aku alihkan ke tangan orang yang membutuhkan. Hihi 😝

Etude House Wonderpore Freshner
Si toner satu ini hanya aku gunakan dibagian yang pori-porinya besar saja dan ini memang bekerja dengan baik. Lalu dengan pengalaman tersebut aku menggunakannya seluruh wajah, awalnya cocok-cocok saja tetapi setelah kesini-sini entah kenapa, produk ini juga membuat wajah aku breakout. Untungnya aku 'ngeh' kalau si produk ini membuat wajah aku breakout, jadi tidak membuat wajah aku breakout dengan parah. Untuk pengalaman itu, aku pun memutuskan untuk menghentikan penggunaan produk ini juga.

Viva Air Mawar
Banyak orang lain menggunakan masker dengan air mawar ini karena akupun cukup penasaran dengan air mawar ini, akhirnya aku mencoba dan ini hal pertama aku menggunakan air mawar dan yang terjadi adalah aku breakout saat menggunakan air mawar ini, untungnya bukan breakout yang parah. Hal pertama ini, tidak aku ketahui bahwa aku tidak cocok menggunakan kandungan mawar karena mana tahu, kalau hanya pertama kali menggunakan tanpa menggunakan berbagai produk dengan kandungan yang sama.

Laneige Clear C Advanced Effector
Seperti yang kalian tahu kalau aku cocok menggunakan Laneige yang White Plus Renew Essence sehingga aku memberanikan diri untuk membeli produk ini yang katanya si essence tersebut bakal bekerja dengan baik ketika menggunakan produk ini dan produk ini menjadi boosternya tetapi sayang banget, aku malah breakout menggunakan produk ini, kulit aku jadi bruntusan dimana-dimana. Aku pun memutuskan untuk menghentikannya dan tidak melakukan review untuk produk ini. Produk ini akhirnya aku kasih ke adek aku dan di dia cocok banget dan malah bikin cepat banget cerah dikombinasikan dengan si essence tadi. Oh ya, tipe kulit adek aku itu kombinasi.

The Ordinary Advanced Retinoid 2%
Aku cocok banget dengan produk dengan kandungan Retinoid Acid sehingga saat Ordinary mengeluarkan produk dengan kandungan Retinoid, aku super duper penasaran banget makanya produk the Ordinary yang aku coba pertama adalah produk ini tetapi sayangnya, produk ini malah bikin bruntusan juga padahal hasilnya enak banget. Review lengkapnya baca dipostingan khusus produk ini ya. πŸ˜‰

Acnes UV Tint
Sunblock kedua yang aku coba setelah Parasol adalah Acnes UV Tint ini, aku berharap produk ini bisa sekalian kayak menggunakan bedak gitu atau BB Cream gitukan dengan embel-embel namanya yang ada kata 'tint' tersebut ternyata so so aja dan diwajah aku malah timbul bruntusan. Ok fix, ini tidak cocok juga dikulit aku. πŸ˜‘

Pixy White Aqua Gel Cream 
Aku pernah review produk ini dan jika kalian pernah membacanya, produk ini bikin wajah aku parah banget sampai menimbulkan cystic acne padahal aku sudah cukup lama tidak pernah berjerawat seperti ini, krim malam satu ini mahal membuat wajah aku jadi cukup sering mengeluarkan jerawat tersebut sampai saat ini. Padahal aku berharap produk ini bakalan enak banget di wajah aku tetapi ternyata ya seperti itu. πŸ˜…

L'oreal White Perfeect Clinical Day Cream
Si cream satu ini sebenarnya cukup bagus jadi day cream dan dia bikin wajah cerah, sayangnya kulit acne prone aku tidak bersahabat dengan day cream satu ini padahal didalam kandungannya ada Niacinamide dan biasanya aku cocok dengan kandungan pencerah satu itu tetapi tidak dengan produk ini. Ketidakcocokannya tidak terlalu parah sih karena aku pun 'ngeh' saat menggunakan produk ini kulit wajah aku langsung muncul jerawat kecil dan aku memutuskan untuk memberikan produk ini ke mama aku saja. 😍

Pond's Flawless White Dewy Rose Gel
Aku berharap banget sebenarnya agar cocok dengan produk satu ini karena pada saat itu cukup banyak reviewnya yang bagus dan ternyata di aku setelah menggunakan mungkin 10x lebih atau beberapa kali lah ya, aku lupa membuat wajah aku juga breakout. Huft 😒 pupus sudah harapan aku dengan gel satu ini dan aku baru 'ngeh' sekarang kenapa tidak cocok dengan produk ini ternyata kandungan rose-nya. Aku memang tidak cocok dengan kandungan bunga mawar diproduk apapun.

Glycore 8 Cream
Aku dulu saat awal-awal main blog dan sering searching mengenai cream buat jerawat dan aku menemukan produk satu ini, aku cari di apotek di Kota aku dan ternyata tidak ada, aku memutuskan membeli di apotek online pada saat itu tetapi ternyata aku tidak cocok juga dengan menimbulkan bruntusan di kulit aku dan produk ini tekstur dan wanginya juga kurang nyaman dikulit aku.

Skincare dengan Kandungan Sulfur
  • Sariayu Intensive Acne Care
  • Produk pertama yang aku gunakan dengan kandungan sulfur dan aku langsung breakout dengan keadaan kulit kering dimana-dimana kayak tanah dimusim kemarau, seperti itulah kulit aku pada saat itu dan aku hanya menggunakannya beberapa kali saja karena semakin aku menggunakan, produk ini semakin memperparah. 
  • Acnol
  • Ini adalah produk sulfur kedua yang aku gunakan, aku berharap cocok dengan produk satu ini tetapi terjadi kejadian di produk pertama terulang kembali di produk ini dan aku menyatakan bahwa aku tidak cocok dengan sulfur dan memutuskan tidak pernah menggunakan produk sulfur lagi.
  • Biokos Pure Balance Hydro Gel Moisturizer
  • Tidak cukup hanya diproduk kedua, karena aku penasaran lagi dan produk ini juga sulfurnya bukan menjadi yang dominan dikandungannya dan bentuk gel, aku memutuskan mencoba. Di awal pemakaian tidak ada masalah sama sekali, tetapi setelah menggunakan lama-lama ternyata terbitlah breakout. 
Dengan mencoba beberapa produk dengan kandungan sulfur, aku memutuskan untuk tidak pernah mencobanya lagi. Aku sudah tahu pasti kali produk tersebut tidak bakalan pernah cocok dengan kulit aku.

Queen Helena Mint Julep Masque
Ini adalah masker pertama yang tidak cocok dikulit aku, aku kurang tahu karena apa tetapi sepertinya karena kandungan mint, aku sampai sekarang masih benar-benar belum tahu pasti apakah kandungan mint ini membuat breakout dikulit aku tetapi beberapa kali menggunakan skincare dengan kandungan mint, membuat wajah aku sedikit breakout.

Skin79 Olive Repairing Mask
Seperti beberapa produk sebelumnya yang aku tidak cocok, aku pun tidak melakukan review untuk produk ini. Produk ini saat digunakan terasa begitu lengket, benar-benar terasa kurang nyaman dan setelah digunakan membuat kulit aku ditumbuhi jerawat kecil sehingga aku hanya menggunakan produk ini beberapa kali. Produk ini, aku kasihkan ke kaka aku dan juga ke sahabat aku juga.


MAKEUP

Innisfree No Sebum Blur Primer
Aku jarang banget kalau makeup menggunakan primer dan si Innisfree ini adalah primer pertama yang aku gunakan dan primer pertama juga yang tidak cocok dengan kulit aku. Primer ini membuat wajah aku breakout tanpa aku tahu alasannya ya karena aku memang cukup jarang menggunakan primer. 😐 Primer ini tidak pernah aku review juga dan sudah aku alihkan tangan juga. πŸ˜…

Revlon Colorstay for Combination/Oily Skin Foundation 
Kalian tahu bahwa aku cocok menggunakan foundation Revlon yang buat kulit kering sehingga aku memberanikan diri untuk membeli foundation dari Revlon ini tetapi yang untuk kulit kombinasi/berminyak dan ternyata tidak cocok dan menimbulkan beberapa jerawat kecil saat aku menggunakannya. Cukup aneh aku rasa, padahal ini sesuai dengan jenis kulit aku yang oily tetapi kemungkinan karena foundation ini terasa begitu berat dan kurang menghidrasi kulit aku makanya jadi breakout, mungkin ya. πŸ˜’

Etude House Precious Mineral Any Cushion SPF 50+/PA+++
Selama aku menggunakan cushion, tidak pernah aku breakout sama sekali tetapi ketika menggunakan cushion ini aku malah breakout dan foundation ini bagi aku juga cukup sulit dikatakan dan terasa begitu berat dikulit aku.

Laneige Snow BB Soothing Cushion 
Cushion pertama yang aku coba dan cushion pertama juga yang membuat aku super duper pusing. Ketika selesai dandan dan mau jalan, aku malah susah bangun karena saking pusingnya tadi. Padahal ya, cushion satu ini super ketjeh parah dan membuat wajah aku itu terlihat super flawless tetapi hanya karena wanginya tersebut membuat aku tidak ingin menggunakannya lagi. Huft πŸ˜₯

Emina My Favourite Thing Color Balm - Picnic Queen
Aku sedikit bingung dengan produk ini, entah dia lipbalm berwarna atau dia lipstick ya. Aku membeli produk ini pun karena hanya ingin membuat gradient lips dan ternyata produk ini so so banget sampai sekarang produk ini hanya aku gunakan beberapa kali saja, produk ini masih seperti terlihat baru karena jarangnya aku menggunakan produk ini. Ya, dia biasa banget lah ya bagi aku. 😟

Studio Makeup Super Shine Lipgloss
Lipgloss satu ini tidak ada masalah yang berarti pada bibir aku tetapi wangi lipgloss ini membuat kepala aku terasa begitu pusing 😡 dan hal tersebut membuat konsentrasi aku benar-benar puyar/hilang dan sampai kayak susah ngelakuin aktifitas gitu dan lipgloss satu ini aku kasihkan ke sahabat aku, di dia tidak ada masalah sama sekali dengan wanginya. Mungkin aku saja yang agak sensitif dengan wewangian ini.

Just Miss Lip Color Lipstick
Lipstick satu tidak cocoknya parah banget sampai bikin bibir aku tidak berasa beberapa hari dan membuat aku tidak bisa menggunakan lipstick sama sekali pada saat itu dan aku baru pertama kali pernah begitu, untungnya mama aku ada pengalaman dari temannya yang pernah begitu. Untungnya sih tidak parah banget ya dan dari saat itu aku tidak pernah menggunakan lipstick dari Just Miss lagi kecuali produk-produk lainnya dari Just Miss aku masih menggunakannya.

3W Clinic Natural Makeup Powder
Powder satu ini bukan tidak cocok yang membuat kulit aku breakout tetapi shade-nya yang baige seperti shade light dan putihnya parah banget dikulit aku padahal powder satu ini enak banget lho, dia smooth, bikin pori-pori tersamarkan dan kulit itu pas dipegang kayak kulit bayi tetapi yaitu shade beige-nya tidak cocok sama sekali untuk kulit Indonesia.


Nah, beberapa produk tersebutlah yang tidak cocok dengan kulit aku, entah itu karena kandungannya di dalam skincare, shade, wangi atau karena hal lainnya yang tidak aku ketahui yang dapat menyebabkan kulit aku iritasi, breakout sampai menimbulkan jerawat yang cukup parah seperti cystic acne.

Kasih tahu aku, apakah ada produk skincare dan makeup yang juga tidak cocok dengan kulit kalian, entah karena faktor apapun. Aku ingin mengetahui sebagai acuan aku membeli skincare nantinya. So, jika ada yang tidak cocok dikalian, maka aku akan berpikir kembali untuk membelinya. He πŸ˜‰




LOVE,
facebook  |  twitter  |  instagram  |  youtube
Facebook Rima Angel (Blog Pribadi)

11 Comments

  1. Waaahh, ga cocok sama cosrx & pixy? Pdhl baru mau coba 2 produk tsb. Karena abis baca ini, kayaknya kulit mu mirip dgn kondisi kulit ku deh, jd bikin mikir 2x! Huhu maacih rimm, reviewnya!

    ReplyDelete
  2. waahhh banyak catatan ya mba utk kosmetik yg gak cocok

    ReplyDelete
  3. Rim, kok gue merhatiin ada beberapa foto produk yang nggak ada tapi di deskripsinya dijabarin yak? Kayak Pixy White Aqua Gel Cream contohnya ._.

    Coba pakai sunscreen dari Emina atau Skin Aqua deh. Beberapa orang bilang enak dan cocok. Gue juga pakai.. eh tapi kulit gue gak acne prone. Ehehe

    Hmmmm sama kayak gue juga Rim si lip balm favorite things nya Emina. Gue kurang suka. Kayak apa yaaaa, so so aja gitu.


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku kelupaan si Pixy padahal sudah ada fotonya :(

      Aku cocok dua sunblock yang km rekomendasiin itu dan memang pake itu. Hehe

      Iya kan, so so banget si Emina yang itu. He

      Delete
  4. Aku masih trial error nyoba skin care. Mau baca yang cocoknya juga ah kali aja sama aku juga cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku pun masih trial error juga kok. Hihi

      Delete
  5. semangat kaa trial and errornyaa, aku juga berkulit sensitif dan acne prone T.T i feel you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh, pemilik kulit berjerawat ini harus kuat2 mental dan semangat buat melawan jerawat. Hehe

      Delete
  6. walau kulitku normal, baca postingan Rima bikin gue jadi tau beberapa produk lain yang ga terlalu familiar hehehe. thanks, rim!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ka taz, siapa tau bisa bantuk temen atau saudara yeee kan. Hehe

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’