Moshimoshi.. (^3^)

Ditengah kesibukan aku dalam mengerjakan skripsi, sekarang aku lagi ingin menghibur diri makanya menulis blog karena menulis blog adalah pelarian paling HaQiQi bagi aku. 😆

Okay, abaikan mengenai cerita skripsi aku, sekarang aku lagi happy karena hobi menulis ini tersalurkan dan yang kali ini aku tulis bukanlah sebuah review produk maupun skincare.

Sekarang aku ingin menulis mengenai berbagai jenis masker untuk wajah yang perlu kalian ketahui dan yang sudah aku ketahui juga, disini aku hanya ingin sharing sesuatu yang aku ketahui saja. Jadi, masker itu tidak hanya 1 jenis saja melainkan banyak sekali jenis masker.

Masker Clay
Masker clay ini adalah masker dalam bentuk clay yaitu dari tanah liat. Masker clay ini disukai oleh pemilik kulit berminyak karena masker clay sangat bagus untuk mengangkat minyak diwajah dan masker clay juga cocok untuk kulit berjerawat dengan kandungan yang disesuaikan kulit berjerawat yang biasanya ada tambahan kandungan seperti tea tree.


Akhir-akhir ini masker clay ini cukup booming dengan keluarnya masker dari L'oreal yang disesuaikan dengan jenis kulit, jadi sekarang masker clay tidak hanya bisa digunakan oleh si pemilik kulit berminyak saja tetapi semua jenis kulit bisa menggunakannya termasuk si pemilik kulit kering. Untuk si pemilik kulit tidak disarankan digunakan sering, bisa 1 minggu sekali saja.

Masker clay yang menjadi favorit aku sampai saat iini adalah masker kepunyaannya Himalaya yang Neem Mask walaupun masker ini sungguh sangat sulit ditemukan sekarang. Aku menyukainya karena masker clay satu ini benar-benar ampun untuk kulit berjerawat aku dan harganya murah.


Masker Krim
Masker yang paling sering aku temui adalah masker dalam bentuk krim, baik brand lokal maupun brand luar, masker satu inilah yang paling sering kita temukan dan pakai.


Masker krim ini biasanya bentuknya dalam kemasan tube tetapi ada juga dalam bentuk lainnya kok. Sesuai dengan namanya, yang pasti bentuknya krim.

Untuk brand lokal kalian bisa temukan di brand Mustika Ratu dan Ovale. Aku mengetahui dikedua brand itu karena aku menggunakannya. 😄


Masker Bubuk
Masker satu ini adalah masker yang paling banyak aku temukan di Indonesia dalam bentuk sachet-an dari brand lokal dengan harga yang murah.

Masker bubuk ini berbagai macam varian dan fungsinya sesuai yang kita inginkan. Masker bubuk yang paling sering aku temukan adalah masker bubuk kepunyaannya Mustika Ratu dan harganya masuk akal banget.


Sayangnya masker bubuk ini tidak cocok untuk seorang pemalas dan orang yang tidak mau ribet karena masker ini perlu dituangkan ke tempat lain dan ditambahkan cairan lagi sehingga beberapa orang mengganggapnya 'ribet' walaupun harganya murah.


Sheet Mask
Masker dengan bentuk lembaran yang dinamakan sheet mask ini adalah masker yang paling banyak disukai orang karena penggunaannya yang begitu simple dan cepat, tinggal ditempalkan ke wajah, kita sudah bisa santai sambil berbaring, nonton tv, dengerin musik dan mengerjakan aktifitas lainnya.

Sheet mask ini banyak banget variannya dan dari berbagai brand juga pasti ada mengeluarkan masker satu ini. Ada dijual dimana-dimana juga jadi tidak perlu khawatir kehabisan.

Dengan varian yang sangat banyak tentunya fungsinya juga berbagai macam dari buat kulit kering sampai kulit sensitif ada.


Paling disukai orang dari sheet mask ini adalah karena essencenya yang sangat banyak sehingga membuat kulit terasa nyaman, dengan essence yang begitu banyak biasanya ada orang-orang yang suka menyimpan essencenya untuk digunakan ke wajah lagi, asal dengan penyimpanan yang benar ya. 😊


Masker Tablet
Beberapa orang masih tidak mengetahui mengenai masker tablet ini karena di negara kita tercinta ini memang masih belum terlalu booming dan masker tablet ini lebih sering ditemukan di negera lain dan banyak dijual juga secara online. Dengan masuknya sebuah toko dari Cina yang desainnya ke-Jepang-jepang-an yang bernama Miniso ke Indonesia, membuatnya mudah ditemukan.

Masker tablet ini biasa disebut juga dengan compressed paper mask karena dia memang meresap cairan toner atau essence untuk menjadi seperti sheet mask.

source : bukalapak. com

Seperti yang aku bilang tadi masker tablet ini sebenarnya bisa juga sheet mask karena bentuknya memang seperti sheet mask tetapi bentuk awalnya berbeda yang layaknya bulat seperti tablet.

Jadi, masker ini awalnya memang berbentuk tablet tetapi ketika kita beri toner atau essence maka dia akan mengembang dan menjadi seperti sheet mask.

Masker satu ini juga tidak cocok untuk kalian yang ingin menggunakan masker dengan cepat karena masker ini perlu ditambahkan/menuangkan toner dan essence jadi sedikit mirip dengan masker bubuk hanya saja ini versi lebih simplenya. Masker satu ini super murah banget.


Peel Off Mask
Masker yang dalam bentuk peel off mask ini biasanya tekstur sebelum kering di wajah dalam bentuk kayak gel dan mengering, baru bisa di peel off gitu.

Kegunaan masker peel off paling banyak aku temui adalah untuk mengangkat komedo di wajah dan khusus untuk hidung.


Aku pribadi tidak menyukai masker peel off digunakan keseluruh wajah karena biasanya terasa sakit tetapi ada juga kok masker peel off yang tidak sakit seperti kepunyaannya Mustika Ratu.

Biasanya yang sakit itu masker peel off yang digunakan untuk mengangkat komedo dibagian hidung karena dia sangat merekat untuk mengangkat komedonya keluar.

Banyak orang tertarik dengan masker ini karena instan dalam mengeluarkan komedo di wajah dan akupun cukup menyukai masker peel off yang biasa digunakan di hidung untuk mengangkat komedo.


Gel Mask
Masker dalam bentuk gel ini tidak terlalu banyak dipasaran dan produk lokal juga aku tidak tahu apakah ada mengeluarkan gel mask atau tidak, yang aku ketahui hanya brand luar seperti kepunyaan Innisfree, Etude House dan Freeman.

Gel mask ini paling banyak yang aku temui, fungsinya adalah untuk menghidrasi dan melembabkan kulit jadi paling cocok digunakan untuk si pemilik kulit kering.


Aku pribadi tidak terlalu suka masker dalam bentuk gel karena seperti tidak terlihat di wajah saja 😅*alasan yang terlalu simple. Walaupun aku tidak menyukainya, aku cukup sering menggunakan masker dalam bentuk gel ini saat wajah aku dehidrasi/mengering akibat perawatan wajah atau akibat bagian wajah mengering karena obat jerawat.


Sleeping Mask
Di negera Korea masker ini paling nyaman ditemukan dan sepertinya juga paling banyak digunakan karena masker satu ini penggunaannya begitu simple dan tidak perlu dicuci. Masker ini digunakan layaknya seperti krim malam saja. Begitu simple bukan.


Sleeping mask ini kebanyakan teksturnya seperti gel dan sangat cepat meresap. Sleeping mask paling terkenal adalah sleeping mask kepunyaan Laneige dan yang baru-baru ini ada di Indonesia adalah sleeping mask kepunyaan Garnier.

Sleeping mask yang paling sering aku temukan fungsi utamanya adalah untuk menghidrasi dan melembabkan kulit.


Masker Eksfoliasi / Scrub Mask
Masker yang dapat mengeksfoliasi atau bisa juga disebut scrub mask ini dia teksturnya kasar dari masker lainnya, seperti ada butiran dimaskernya tersebut.

Sesuai dengan namanya, masker satu ini jelas untuk mengeksfoliasi wajah yang berarti untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah.


Aku dengan kondisi wajah acne prone ini, sangat jarang menggunakan masker ini karena untuk kulit berjerawat tidak terlalu dianjurkan kecuali scrubnya halus.

Scrub mask yang aku ketahui banyak ditemukan dari brand Korea yang bernama Skinfood dengan berbagai varian dan fungsi yang berbeda.


Masker Termal
Masker termal adalah masker yang ketika digunakan itu terasa hangat dikulit dan biasanya bentuknya itu kayak krim dan penggunaannya juga biasanya cuma sebentar saja, jadi masker ini cocok untuk orang-orang yang tidak memiliki waktu yang banyak.


Masker termal ini fungsi utama yang aku ketahui adalah untuk pori-pori wajah dan juga komedo.

Aku pribadi hanya pernah menggunakan masker termal dari brand Garnier saja dan hanya brand itu saja juga yang aku ketahui, mungkin diluar sana banyak brand lainnya yang aku tidak ketahui.


Masker Alami
Bagi aku, ini adalah masker termager dan teribet 😅 karena masker ini perlu waktu luang yang banyak dan aku orangnya ingin sesuatu yang simple dan cepat tetapi beberapa orang menyukai masker ini karena dari bahan alami dan mereka bisa menyesuaikan dengan keinginan mereka.


Masker alami ini sudah pasti dan sudah jelas dari bahan alami, masker ini bisa dari buah-buahan, sayuran, madu sampai bahan dapur pun bisa digunakan, tentunya masker ini dibuat sesuai dengan kebutuhan si pemiliknya.

Pada zaman sekarang, masker alami sudah banyak yang menjualnya secara online dalam bentuk kemasan, ada yang bisa langsung digunakan dan ada juga yang perlu dicampurkan dengan air atau cairan tertentu.


***


Itulah 11 jenis masker untuk wajah yang aku ketahui dan yang ingin aku share dengan kalian. Dari sekian banyak jenis masker ini, mana masker wajah yang bagus? bagi aku semua masker itu bagus jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian dan yang paling sukai.

Untuk aku pribadi masker wajah yang bagus itu adalah masker wajah yang bisa menyembuhkan, mengeringkan, menghidrasi kulit dan tidak menyebabkan breakout di kulit aku. Dengan kondisi kulit acne prone tentu hal itu sangat aku perlukan.

Kalau kalian masker wajah yang bagus itu seperti apa? Dari 11 masker wajah ini, yang mana yang kalian sukai? Jika kalian mengetahui jenis masker wajah yang lainnya, kasih tahu aku ya. 😉



LOVE,