Bahaya Rokok Untuk Kecantikan

Moshimoshi.. ( ´Π”`)y━・~~

Hari ini aku tidak akan membahas mengenai review produk atau pun skincare tetapi disini aku ingin membahas mengenai #RokokHarusMahal menurut aku sebagai seorang perempuan, sebagai seorang beauty blogger dan sebagai seorang perawat tetapi aku akan lebih membahas mengenai kearah seorang beauty blogger karena blog aku memang untuk membahas beauty tentunya.

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih mengarah ke-beauty, disini aku ingin memperitahukan dampak jeleknya rokok untuk seorang perempuan dan apa saja yang terjadi jika seorang perempuan merokok dan menjadi perokok pasif.

Oh ya, jika kalian melihat postingan aku di instagram mengenai siaran radio di 100 jaringan radio KBR seluruh Indonesia di acara program radio Ruang Publik KBR pada hari Rabu lalu jam 9 - 10 WIB, maka kalian juga mengetahui mengenai pembahasan mengenai rokok dengan perempuan, anak dan masalah rumah tangga.
Jadi, pada saat siaran radio tersebut ada 2 narasumber yaitu ibu Magdalena Sitorus dan Ligwina Hananto yang membahas mengenai rokok terhadap perempuan dengan 2 sisi yang berbeda.

Jika ibu Magdalena lebih kearah mengenai perempuan dan rumah tangga mengenai bagaimana perempuan  me-manage rumah tangga dan berbicara dengan pasangan mengenai rokok, lain halnya dengan ibu Ligwina yang membahas perempuan dari segi finansial dan bagaimana menjelaskan pemasukan dan pengeluaran atau pengelolaan keuangan terhadap rokok kepada suaminya.

Pembahasan di ruang publik KBR saat sangat seru dan cukup banyak pertanyaan dari penelepon.

Untuk kalian yang ketinggalan, nantinya masih akan ada sesi berikutnya mengenai Rokok Harus Mahal ini di ruang publik KBR setiap hari Rabu. Saat ini baru 3x disiarkan, yang sebenarnya ada 8 kali siaran yang berarti masih ada 5x lagi yang belum disiarkan.

Tetapi kali ini aku hanya akan berfokus kepada masalah perempuan saja terutama dalam kecantikan ya. 😊

Dampak jelek yang ditimbulkan rokok untuk perempuan adalah :
  • Gangguan Menstruasi
  • Gangguan Kesuburan
  • Gangguan Kehamilan
  • Risiko Keguguran
  • Merusak Imunitas
  • Bisul dalam Perut
  • Meningkatkan Risiko Katarak
  • Depresi
  • Kepadatan Tulang Berkurang
  • Penyakit Jantung
  • Kanker Payudara 
  • Kanker Serviks
  • Kanker Paru-paru
  • Kanker Usus Besar
  • Kerusakan DNA
Sangat banyak bukan dampaknya rokok terhadap wanita, makanya disini kita harus banget menghindari rokok jika tidak menginginkan hal tersebut apalagi bagi wanita hamil yang berisko keguguran, belum lagi bisa sampai menjadi penyakit yang mematikan seperti kanker.


Lalu, dampak jeleknya rokok terhadap kecantikan seorang perempuan apa saja sih, sekarang akan kita bahas satu per satu dampak jeleknya, yaitu :
  • Jari dan Kuku Kuning
Kita akan mulai dari hal yang paling simple yaitu jari tangan mulai menguning. Nikotin didalam rokok itu tidak hanya membuat dinding rumah kalian menjadi coklat tetapi juga jari tangan dan kuku kalian akan menguning dan hal ini tentunya sangat jelek dipandang apalagi bagi seorang perempuan.


Saat kenalan dengan seorang laki-laki hal ini jelas akan membuat kita tidak PeDe. Belum lagi seorang beauty blogger yang harus tampil atau banci kamera yang biasanya apa-apa dilakukan dengan memperlihatkan jari dan kuku seperti saat memulas eyeshadow ke mata, saat unboxing produk dan hampir semuanya jelas memperlihatkan jari dan tangan.

Okay, kuku bisa saja kita kutek tetapi bagaimana dengan jari tangan yang mulai menguning, tak mungkin kan menggunakan sarung tangan tiap hari.πŸ˜‚

  • Gigi Menguning
Sekarang gigi, ya menjadi seorang beauty blogger tentu harus rajin senyum saat berfoto dengan produk (kecuali aku yang mukanya tipe jutek jadi terlihat tidak senyum :D), jika saat senyum gigi kuning, rasanya membuat tampilan foto berkurang. Seperti "ada sesuatu yang kurang".


Ya, sama halnya dengan yang aku bilang di atas bahwa Nikotin lah yang menodai semuanya itu.

Mending berhenti merokok daripada membayar biaya pemutih gigi yang biasanya sangat mahal dan bisa mencapai jutaan rupiah.

  • Kantong Bawah Mata
Dalam rokok yang sangat mempengaruhi itu adalah nikotinnya. Ya, sesuai dengan penelitian Johns Hopkins, orang yang merokok itu tidur malamnya tidak tenang sehingga pada saat bangun tidur mata dalam keadaan tidak sehat dan menimbulkan kantong mata.


Memang kantong mata bisa ditutupi dengan concealer - makeup tetapi jika kita tidak memiliki kantong mata yang tidak besar, itu jauh lebih baik dan mata terlihat lebih segar.
 
  • Rambut Menipis
Seorang perokok juga biasanya rambutnya lebih tipis dibandingkan dengan orang yang bukan perokok dan rambut perokok juga biasanya lebih cepat berubah.


Menurut studi di Taiwan tahun 2007, seorang perokok itu rambutnya 2x lebih cepat kehilangan rambut dan para ahli juga berpikir bahan kimia yang beracun dalam asap rokok dapat merusak DNA di folikel rambut.

Hal ini penting banget dijaga, apalagi para beauty blogger yang tidak berhijab/berjilbab karena rambut adalah mahkota.

  • Jaringan Parut
Jaringan parut muncul akibat luka yang terjadi, contoh saja luka bekas jerawat dan dengan merokok daapat memperlambat penyembuhan luka dan menimbulkan jaringan parut dan bekas luka yang memerah menjadi jaringan parut.


Hal seperti ini terjadi karena nikotin didalam rokok menyembabkan penyempitan pembuluh darah sehingga membatasi aliran darah yang membawa oksigen ke pembuluh darah kecil yang ada di wajah jadi terhambat.

Apalagi bagi aku yang memiliki jenis kulit acne prone yang rentan banget atau bahkan cukup sering ada jerawat dan meninggalkan bekas, jika aku merokok mungkin bekas jerawat akan memakan waktu sangat lama untuk sembuh dan hal ini tidak aku inginkan sama sekali makanya aku sangat menghindari rokok dan menghindari menjadi perokok pasif.

  • Penuaan Dini dan Keriput
Tidak hanya matahari yang dapat membuat wajah cepat menua tetapi juga rokok membuat hal tersebut.

Keriput memang hal yang wajar terjadi tetapi tidak terjadi pada orang muda. Rokok dapat menyebabkan penuaan dini. Rokok dapat menghambat pasokan darah ke jaringan kulit yang biasa membuat kulit terlihat kenyal dan sehat, dengan rokok hal tersebut dihambatnya sehingga kulit terlihat tidak sehat.

Orang yang merokok juga terlihat lebih tua 1,4 tahun dari orang yang tidak merokok, hal ini sudah diungkapkan oleh para ahli.



Dengan mengetahui berbagai dampak jelek rokok terhadap perempuan tentunya kita yang tidak merokok tidak ingin mendekati orang yang merokok karena akan membuat kita menjadi perokok pasif, perempuan yang sedang merokok atau perokok aktif haruslah mengurangi rokok secara perlahan sampai berhenti merokok daripada mendapatkan hal-hal jelek seperti yang kita ketahui ini.

Aku sebagai perempuan, sangat mendukung gerakan Rokok Harus Mahal dan #Rokok50Ribu karena dengan begini, seorang perempuan yang me-manage keuangan rumah tangga akan berpikir keras untuk membelanjakan duitnya untuk membeli rokok.

Aku pribadi lebih baik duit 50 ribu itu atau jika dikalikan dalam 1 bulan maka duitnya 1,5 juta, lebih baik duitnya dipergunakan untuk mempercantik diri dengan membeli skincare untuk kulit. Dengan duit 1,5 juta, tentunya bisa buat satu rangkaian skincare bahkan uangnya bisa lebih jika kalian membeli skincare yang low-end dan sisanya bisa untuk ditabung atau dipergunakan untuk hal lainnya yang lebih penting.

Rasanya sudah terlalu panjang kali lebar aku membicarakan hal ini, diakhir tulisan ini aku ingin mengajak kalian untuk mengisi petisi untuk mendukung mengenai #RokokHarusMahal ini, di link di bawah ini :
  • Petisi Naikan Harga Rokok (https://chn.ge/2LEFke1) 

Semoga tulisan ini bisa membantu kalian dan semoga tulisan ini menjadi bacaan ringan kalian dikala ingin mengetahui dampak rokok dimata seorang beauty blogger ya. πŸ˜ŠπŸ˜‰

So, hindari rokok, pergunakan uangnya dengan bijak dan salam kulit cantik. 😘



LOVE,

2 Comments

  1. Dulu aku perokok berat. Awal mula pas kuliah. Jauh dari ortu, stress ama tugas kuliah, mulai deh ngerokok. Itu ngurangin stress dan nenangin kepala banget soalnya :) .

    Pas mulai kerja, kenal ama pak suami yg skr, dan dia ga ngerokok. Awalnya sih dia blm mau ngelarang aku. Paling cuma nyentil2 doang. Lama2, apalagi udh ada niat mau nikah, dia mulai ngelarang2.aku nurut, tp hanya di depan dia :p. Di belakang ttp diam2 ngerokok.

    Ngeliat efek samping rokok kyk kanker, jantung, tenggorokan yg bolong, janin ga normal, itu semua ga bikin aku takut sih. Tapiiiiii pas aku melihat foto cewe yg seumur aku, tp terlihat 20 thn lbh tua, aku shocked. Gilaaak, aku ga pengen kyk gitu .. Langsung fi saat itu, aku ga mau nyentuh rokok lagi. Stiap kali rasa pgn ngerokok dtg, aku pandangin lagi foto cewe 'bermuka tua'akibat rokok td. Dan alhamdulillah, keinginan rokok ilang.

    Jd saran dr ku mantan perokok, pandangin aja sesuatu yg kamu takutin berkaitan rokok, supaya mau berhenti. :) . Buatku sih, kesehatan kulit penting. Skincare aja aku perhatian banget, minum vitamin wajah, bersihin wajah pake double cleansing, ga rela aja semua itu ga berfungsi krn rokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh makasih banget Fanny udah berbagi pengalaman ceritanya, semoga mereka termotivasi juga untuk berhenti merokok ya.

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’