Skincare Routine - Acne Prone Skin (Update)


Step skincare aku untuk pagi hari aku itu dimulai dengan facial wash, toner, essence atau serum, kemudian pelembab, obat total jerawat baru sunblock. Jangan lupakan eye cream dan lip balm juga ya.

Moshimoshi.. πŸ§š‍♂️ Kali ini aku mau update tentang skincare routine aku. Terakhir aku menulis tentang skincare routine aku adalah tahun lalu dan banyak banget yang tanya via DM Instagram aku tentang update-an skincare aku yang sekarang.

Untuk memenuhi permintaan pembaca untuk melakukan update pada  skincare routine aku, sehingga disini aku menuliskannya.

Skincare routine  aku ini baik siang hingga malam hari tidak ada yang terlalu berbeda, disini aku hanya ada mengurangi dan menambahkan saja. Bukan. Bukan sama dengan skincare routine sebelumnya, tetapi maksudnya skincare pagi dan malam, hampir tidak ada bedanya, kecuali malam hari yang tidak menggunakan sunblock.

Step skincare aku untuk pagi hari aku itu dimulai dengan membersihkan wajah dengan micellar water kemudian cuci muka dengan air biasa atau aku tetap menggunakan facial wash, tergantung dengan kondisi kulit aku. Kemudian toner, essence atau serum, kemudian pelembab, obat total jerawat baru sunblock. Jangan lupakan eye cream dan lip balm juga ya, aku biasa menggunakan eye cream setelah toner atau setelah menggunakan essence atau serum dan menggunakan lip balm setelah selesai semua skincare wajah.

Skincare Pagi

Micellar Water/Cleansing Gel/Cleansing Milk
Kalau kulit aku lagi normal dan jerawat sudah jarang tumbuh, aku dipagi tidak menggunakan facial wash untuk membuat kulit aku kelembabannya tidak hilang. Aku biasanya hanya menggunakan micellar water saja atau menggunakan cleansing milk.

Aku hanya cocok menggunakan cleansing milk dari Skin Dewi saja dan hampir tidak pernah cocok dengan cleansing milk diluaran.


Micellar water yang aku gunakan dipagi hari ini biasanya micellar water yang memang dalam mengangkat makeup-nya biasa saja atau yang tidak dapat mengangkat full makeup sehingga aku menggunakan khusus untuk pagi hari saja untuk manghapus skincare malam aku.

Micellar water yang biasa aku gunakan adalah Ovale Micellar Water Brightening for Acne Skin, Garnier Micellar Water Pink dan Garnier Micellar Water Blue.




Untuk cleansing gel sendiri, aku menggunakan Silkygirl Pure Fresh All-in-One Gel dan Ovale Aloe Vera Cleansing Milk.



Facial Wash
Ketika kulit aku sedang sangat bermasalah atau memang lagi bermasalah dengan jerawat maka aku dipagi tetap menggunakan facial wash. Iya, aku menggunakan facial wash yang memang khusus untuk kulit berjerawat.

Facial wash yang biasa aku gunakan untuk mengatasi jerawat aku adalah Herborist  Tea Tree Anti Acne dan Biore Facial Foam Acne Care dan ketika aku merasa kulit aku terasa kering aku biasa menggunakan Senka Perfect White Clay atau Senka Perfect Whip.




Toner
Untuk toner sendiri, aku sudah lama tidak mengganti toner aku karena aku merasa toner yang aku gunakan ini sudah cukup bekerja dengan baik untuk kulit acne prone aku.

Toner yang aku gunakan adalah toner untuk mengatasi kulit berjerawat yaitu The Body Shop Tea Tree Toner dan juga toner untuk membuat kulit aku tetap lembab yaitu dari Hatomugi Skin Conditioner, sesekali aku masih menggunakan toner dari brand lokal Viva Face Tonic yang Green Tea.





Essence/Serum
Untuk saat ini serum yang aku gunakan adalah Cosrx Propolis Light Ampule dan Nacific Green Tea. Aku tidak menggunakan mereka secara bersamaan tetapi aku menggunakan mereka secara terpisah.

Kalau ditanya "Ke depannya mau ganti serum lagi?", dengan lugas aku akan menjawab "iya, aku akan menggantikannya lagi", bukan berarti serum yang aku gunakan saat ini tidak bagus, hanya saja aku adalah tipe orang yang cukup penasaran.

source : website sociolla


Pelembab
Wajib hukumnya menggunakan pelembab wajah bagi aku karena dengan perawatan kulit berjerawat, biasanya membuat kulit wajah menjadi kering sehingga sangat diperlukan banget pelembab wajah.

Aku menggunakan pelembab yang dapat merawat kulit berjerawat dan kulit bermasalah tetapi masih dapat melembabkan wajah dengan baik. Pelembab yang aku gunakan adalah Benton Aloe Propolis Gel dan Smooto Tomato Bulgarian Yogurt Whitening Soothing Gel.




Obat totol jerawat
Aku sudah cukup lama tidak menggunakan obat totol jerawat dan bahkan memang aku pribadi yang tidak ingin menggunakannya karena biasa obat totol jerawat membuat daerah berjerawat aku mengelupas dan masalah lainnya ketika ber-makeup.

Saat ini obat totol jerawat yang aku gunakan adalah dari brand Taiwan yaitu Naruko Tea Tree Purifying Essential Oil. Aku tidak mengatakan ini bagus atau hal lainnya untuk jerawat karena aku sendiri belum melakukan review dan aku baru menggunakannya 2 minggu, jadi aku tidak mau mengambil kesimpulan terlalu cepat. Tapi, jika kalian ingin melihat first impression-nya, kalian bisa melihatnya di instagram aku @Rima_Angel.



Sunblock
Ini adalah skincare yang jangan ditinggalkan sekali pun, walaupun kalian berada dirumah dan sekalipun cuaca diluar rumah lagi mendung ataupun hujan.

Saat ini sunblock yang aku cocok untuk kulit berjerawat seperti aku adalah Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA+++ for Oily Skin, Biore UV Aqua Rich SPF 50+ PA+++ dan Emina Sun Protection SPF 30 PA+++.



Untuk skincare malam hari, aku tidak terlalu menggunakan banyak skincare dan skincare-nya hampir sama dengan skincare pagi hari aku. Alasan aku skincare malamnya tidak terlalu banyak karena malam hari itu aku biasanya super mager dan sudah lelah dengan aktifitas harian, sehingga aku memang mengurangi penggunaan skincare malam daripada tidak menggunakan skincare sama sekali.

Skincare malam aku itu biasanya, ketika aku menggunakan makeup, jelas lah menggunakan micellar water terdahulu dan micellar water yang aku gunakan untuk malam hari memang sedikit berbeda daripada pagi hari karena aku butuh yang lebih mengangkat makeup dengan lebih baik. Setelahnya aku baru menggunakan cleansing oil dan facial wash. Setelahnya toner, essence/serum. Terkadang berhenti disini, terkadang aku tambahkan pelembab lagi.

Skincare Malam

Micellar Water
Ketika aku seharian menggunakan skincare yang pastinya skincare pagi ada sunblock-nya, aku perlu banget membersihkan skincare ini dengan sangat baik.

Ketika aku juga seharian menggunakan makeup, aku memerlukan micellar water yang bagus dalam hal membersihkan makeup aku. Untuk hal ini aku menggunakan micellar water dari L'Oreal Paris Micellar Water Refreshing, Biore Perfect Cleansing Water Clear Up dan Biore Perfect Cleansing Water Oil Clear.




Cleansing Oil
Tidak cukup hanya dengan menggunakan micellar water saja, ketika aku menggunakan makeup, hal yang paling menakutkan adalah tersisanya residu makeup di kulit sehingga aku perlu banget menambahkan step pembersih wajah aku yaitu cleansing oil.

Cleansing oil yang aku gunakan adalah Hadalabo Gokujyun Cleansing Oil dan Biore Cleansing Oil.




Toner
Aku tidak pernah meninggalkan toner sekalipun dalam rangkaian skincare aku, entah itu pagi atapun malam hari dan untuk toner, tidak ada yang ganti sama sekali. Untuk pagi dan malam hari, toner-nya sama saja.


Essence/Serum
Untuk essence sendiri, aku tidak ada membedakan sama sekali dengan siang hari, hanya saja terkadang aku menambahkan serum dari natural pacific yang fresh herb sehingga aku tidak menggunakan pelembab lagi di malam hari karena serum ini sudah cukup untuk melembabkan kulit aku.



Obat totol jerawat
Untuk malam hari, biasanya obat totol jerawatnya, bisa sama dengan siang hari dan bisa juga aku menggantikannya ke retinoid acid. Iya, yang biasa aku beli di apotik Vitacid.

Ketika aku menggunakan totol jerawat dari retinoid acid, aku tidak menggunakan skincare biasa, tetapi biasanya aku hanya menggunakan anti iritasi dan retinoid acid ini. Untuk hal ini, aku terlalu takut, menggabungkan beberapa skincare dengan bahan aktif, takut kulit iritasi.

source : balibeautycare.com


Anti iritasi

Ketika aku menggunakan anti iritasi, aku tidak akan menggunakan skincare lain apapun, aku hanya menggunakan anti iritasi saja.

Aku menggunakan anti iritasi ketika kulit aku pasca treatment atau ketika kulit aku kemerahan dan bruntusan. Ini adalah pilihan terakhir ketika semua skincare aku sudah tidak ada yang bisa mengatasi kulit aku. Anti iritasi ini adalah pilihan terakhir banget.


***


Setelah aku update mengenai  skincare routine ini, biasanya banyak yang menanyakan "Kak, biasa beli skincare-nya dimana?", "Kak, skincare-nya beli dimana sih?". Nah, sebelum kalian menanyakan hal tersebut, kali ini aku ingin menjawabnya terlebih dahulu. Jadi, aku paling sering jajan skincare itu di Shopee dan yang pastinya aku jajan di online shop yang terpercaya dan di Shopee Mall karena disana adalah yang official-nya.

Kenapa aku suka belanja di Shopee, sangat banyak alasannya. Banyak banget tapi yang pasti aku suka belanja di Shopee karena :
  1. Adanya gratis ongkir, ini karena ongkir ke Kalimantan mahal, sehingga aku perlu banget hal seperti ini
  2. Adanya Official Shop dari berbagai brand
  3. Adanya Mall, memudahkan mencari seller yang terpercaya
  4. Belanjanya mudah
  5. Pihak Shopee cepat tanggap, aku orang yang cukup sering komplain soalnya kalau ada masalah sedikit
  6. Pengembalian dana diproses dengan cepat
  7. Sangat sering diskon dan adanya voucher
  8. Adanya fitur chat.
Ini hanyalah sebagian dari alasan aku belanja di Shopee dan masih banyak lagi yang tidak tertulis disini rasanya. *emot malu

Nah, inilah update skincare aku dan tempat belanja skincare aku. Disini aku mengingatkan ke kalian, skincare aku pakai atau aku gunakan yang cocok di kulit aku, belum tentu cocok di kalian ya. 😊

NOTE : Semua gambar yang tidak ada source-nya diambil dari e-commerce Shopee.




LOVE,
facebook  |  twitter  |  instagram  |  youtube
Facebook Rima Angel (Blog Pribadi)

11 comments:

  1. Aku jadi penasaran sama hatomugi nih. Harganya nggak terlalu mahal kayaknya. Kira-kira buat kulit kering cocok nggak ya

    ReplyDelete
  2. Wah samaan kita, aku juga ada rencana bikin tulisan daily routine skincare versi aku, tapi versi kantong mamak2, hihihihi.. .. Dan sekarang lagi bingung mendefinisikan ulang jenis kulit aku krn kayanya udah mulai ada perubahan *mulai tua maksudnya T.T

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka bgt belanja di Shopee, ya gara2 ada subsidi ongkirnya itu. Hahaha...

    Beberapa skin care kita sama, terutama Hatomugi sama Biore UV. 2 barang ini bagus banget juga di kulit kering ❤

    ReplyDelete
  4. Aku malah baru beli Naruko itu hehehe penasaran pengen coba ��

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau kalo Perawatan acne skin itu ribet banget kalo Pengen tetep gak jerawatan. Kudu rajin yak

    ReplyDelete
  6. Pake tonernya tbs enak g sih rim?? Aku suka sma obat tea tree nya soalnya wkwkwk eh yg naruko ituu bagusss ga?? Mirip kya tbs tea tree oil yaa wkwk

    ReplyDelete
  7. Wah bisa jadi rekomendasi buat Eny nih hhe...

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru tau loh, kalau pagi bisa aja kita pakai micelar water tanpa harus pakai facial wash. Maksudnya itu kalau kulitnya biasa aja gak kenapa-kenapa sah sah aja gitu gak pakai facial wash kak? Mohon penjelasannya hihi

    ReplyDelete
  9. Market place shopee lengkap juga lah. Sampai jual jg kosmetik perawatan wajah. Belum pernah nyoba soalnya belanja di situ.

    ReplyDelete
  10. Woww hatomugi yang reviewnya bagus-bagus dan 500 ml ternyata harganya cuma segitu, fix deh besok mau nyoba

    ReplyDelete
  11. kayaknya klo buat acne prone emg bgusnya cari skincare yg ada kndungan tea tree nya yah

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’

My Instagram