Mau Liburan ke Jeddah, Enaknya Kapan ya?

source : @ArabianVeritas
Waktu yang tepat untuk berlibur dan beribadah ke Jeddah adalah saat bulan Juni sampai Agustus.

Moshimoshi.. 🧚 Ada yang berniat liburan ke Jeddah? Bukan cuma kalian, aku juga ingin liburan ke Jeddah juga dong kalau uangnya sudah mencukupi. 😄 Siapa coba yang tidak ingin liburan, iya kan!

Nah, sebelum berlibur tentu ada beberapa hal yang perlu kita siapkan atau kita planning terlebih dahulu selain budget keuangan pastinya yang menjadi nomor satu ya tetapi tanggal berangkat juga sangat penting kita planning sebelum berlibur.

Kalian tentunya kalau ingin berlibur ke suatu tempat pasti sudah tahu lokasi tersebut seperti apa, layaknya Jeddah ini, pasti kalian sebelumnya sudah searching mengenai tempat-tempatnya. Jadi, disini tugas aku adalah memberitahu kalian waktu yang tepat untuk berkunjung ke Jeddah.

Sekarang kita mulai dengan membahas lokasi dari Jeddah sendiri ya. Jeddah merupakan kota pelabuhan utama untuk jalur laut maupun udara di Arab Saudi, maka tak heran bila Jeddah menjadi kota yang cukup sibuk dan ramai. Kota ini terletak di tepi Laut Merah. Sama seperti kota lainnya di Arab, Jeddah memiliki iklim yang cukup panas atau biasa disebut sebagai iklim gurun. Iklim gurun yang berbeda dengan iklim tropis kita menjadi permasalahan bagi tubuh kita untuk menyesuaikannya, maka dari itu kalian perlu tahu waktu yang tepat untuk ke Jeddah.

Namun, selain kamu harus tahu dulu waktu yang tepat untuk pergi ke Jeddah, pastikan juga kalau kamu sudah memesan tiket pesawat Etihad, ya! Maskapai Etihad ini sangat direkomendasikan untuk digunakan saat berkunjung ke Negara-negara timur tengah lho. 😍

Sebelum pergi ke Jeddah, kamu juga harus tahu beberapa karakteristik kota ini, serta waktu-waktu terbaik saat kamu hendak pergi ke kota ini. Selain sebagai kota pelabuhan utama, Jeddah juga dikenal sebagai kota dagang, maka dipastikan Jeddah memiliki fasilitas kota yang cukup memadai. Pelabuhan laut Jeddah merupakan pelabuhan sentral perdagangan menuju Negara lainnya, khususnya Negara yang berada di pesisir timur Afrika dan Yaman. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan bebas yang bisa digunakan, termasuk untuk penumpang.

source : loveinsaudi.com

Nah, inilah yang kalian tunggu-tunggu dari pembahasan Jeddah ini, yaitu sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk berlibur ke Negara tersebut?

Jadi, sebelum kamu pergi ke Jeddah, kamu harus mengenal musim di Jeddah terlebih dahulu. Seperti kita ketahui bersama, Jeddah yang notabene sebagai kawasan Arab Saudi memiliki iklim gurun panas. Seluruh wilayah Arab Saudi diselimuti nuansa gersang khas gurun pasir, disini nyaris tidak ada tumbuhan hidup subur. Beberapa tumbuhan yang kuat dalam cuaca panas, yaitu akasia, kelapa, dan kurma. Kamu juga harus tahu, Jeddah juga memiliki perubahan suhu yang sangat ekstrem, bahkan mencapai suhu 40-50°C . Namun musim ini justru merupakan waktu terbaik bila kamu ingin datang ke Jeddah, yakni sekitar bulan Juni hingga Agustus, sebab para petani kurma tengah memanen buahnya. Sehingga kamu bisa menikmati pemandangan yang lebih indah dengan pohon-pohon kurma dengan buahnya yang matang. Bakalan menyenangkan. 💕

Kalau aku pribadi, tentu akan berkunjung ke Jeddah nantinya di bulan Agustus sembari merayakan ulang tahun aku bersama dengan keluarga. Bermimpi aja dulu kita biar beneran tercapai bisa liburan ke Jeddah, ye kan. 😁

source : orangesmiles.com

Selain memiliki suhu panas yang sangat luar biasa, saat musim dingin Jeddah juga memiliki suhu yang ekstrim juga, yakni mencapai 8°C. Maka jika kamu tidak ingin mati kedinginan dan tidak nyaman saat berjalan-jalan ke Jeddah di musim ini, sebaiknya tidak berkunjung ke Jeddah saat musim dingin. Aku memilih untuk tidak akan melakukan perjalanan di musim dingin ini karena jujurnya, aku tidak kuat dingin dan tidak mau mati kedinginan juga tentunya. 😅

Selain waktu-waktu di atas, berkunjung ke Jeddah juga dianjurkan dilakukan pada Bulan Desember. Terlebih bagi kamu yang tidak hanya berniat untuk berlibur tetapi juga yang berniat untuk beribadah ke Tanah Suci. Pada bulan Desember ini, udara Arab Saudi termasuk Jeddah sangat bersahabat. Suhu udara pada bulan Desember berkisar 18-32 °C. Musim dingin di Jeddah akan berlangsung hingga bulan Februari, jadi bagi kamu yang ingin berlibur dan melaksanakan umroh, jangan memilih pada bulan Februari,ya!

Nah, kalau mau sekalian beribadah, catat ya bulan Februari ini dan suhunya yang 18-32°C menyerupai suhu di iklim tropis. Jangan lupa ini diingat biar ibadahnya lancar pas disana. 😊

source : thenational.ae

Bagi yang mau membawa oleh-oleh liburan buat keluarga saat kamu berkunjung ke Jeddah, kamu juga harus menyambangi Pasar Bala. Kawasan ini menyediakan aneka barang kerajinan handmade, cinderamata, kerudung, jubah, permadani, hingga pakaian abaya. Jadi, jika kamu pergi ke Jeddah kamu bisa berbelanja oleh-oleh di pasar ini.

Ayo rencanakan liburan ke Jeddah, catat bulannya dan jangan lupa menggunakan pesawat yang sudah aku rekomendasikan tadi ya.

Selamat libur panjang dan berlibur bersama keluarga ya. Semoga liburannya menyenangkan. 😍




LOVE,

Post a Comment

2 Comments

  1. Jeddah cantik ya. Lampionnya membuat malam jadi lebih indah, maaf kalau galfok sama lampu lampionnya. Berharap suatu saat bisa singgah di sana. Amin

    ReplyDelete
  2. Soon ya rima, semoga, Aamiin :* :*
    Share, perhitungan budget nya juga dong rima >_< Aku pingin juga umroh, ah nabung dulu dahhhh

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar dan dimohon untuk tidak menggunakan 'unknown' karena komentar tidak akan disetujui.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏