Tempat Belanja Online Terbaik


Tempat belanja online terbaik versi aku untuk saat ini adalah Zalora, Shopee dan Althea.

Moshimoshi.. 🧚 Setelah beberapa hari alu tidak menulis karena mood yang tidak menentu dan naik turun karena suatu hal, kali ini aku ingin berbagi hal yang baik kepada kalian.

Disini, bukan cuma aku yang suka belanja online bukan? Aku rasa kalian juga tentu menyukai belanja online seperti aku. Di zaman serba mudah ini dan di zaman internet ini aku rasa, kalian sama seperti aku. Belanja Online.

Belanja online seorang beauty blogger tentu saja tidak hanya melulu mengenai skincare dan kosmetik saja, tentu hal lain juga aku perlukan untuk mendukung kegiatan sehari-hari aku bahkan untuk kepentingan foto.

Aku akhir-akhir ini cukup sering belanja online untuk fashion item seperti baju, sepatu, celana, anting dan hal lainnya karena aku sekarang mulai menyadari betapa pentingnya suatu penampilan dengan dukungan makeup tentunya. Ada yang hampa ketika bemakeup tanpa menggunakan fashion item yang ketjeh. 🀭

Okay, balik lagi kepembahasan awal kita. Kalau disini aku ingin menuliskan tempat belanja online terbaik versi aku entah belanja apapun itu. Pokoknya situs-situs ini atau aplikasi online ini adalah yang terbaik dari segi layanan dan pengirimannya.

Aku akan menjelaskan jika layanannya bagus dan jila pengirimannya bagus atau hanya salah satu layanannya saja yang cukup bagus. Kita akan mengulas semuanya. 😊

So, tempat belanja online terbaik versi aku adalah 3 situs online atau 3 aplikasi online ini, yaitu :

🌺 Zalora
Berada diurutan pertama, bukan karena tidak alasan, pastinya dengan alasan terbaik. Dari awal sampai detik ini, pengalaman belanja disini adalah yang terbaik dari segi pelayanan, pengiriman dan CS. Untuk kualitas barang tentu tergantung brand yang kalian pilih sehingga aku tidak akan membahas hal itu.


Kita akan membahas Zalora dimulai dengan pelayanan CS-nya ya. Untuk zalora aku merasakan sangat mudah banget menghubungi CS-nya melalui live chat ataupun melalui email.

Walaupun tempat belanja online ini menjadi urutan pertama bukan berarti aku tidak pernah bermasalah dengan tempat belanja ini. Pernah terjadi kesalahan sistem dan aku juga pernah sedikit emosi menaggapi live chat yang berulang kali bolak-balik antara live chat dan email yang isinya sama sekali tidak skinkron sama sekali tetapi akhirnya masalah ini terselesaikan dan menjadi jauh lebih mudah karena pihak CS-nya yang sangat mudah dihubungi. Aku menyukai layanan yang cepat tanggap begini.

Beralih ke pengirimannya. Disini gratis ongkir dengan minimal pembelian tertentu, tergantung sellernya dan yang dijual di Zaloranya sendiri juga ada minimal pembelanjaan walau begitu dengan minimal pembelanjaan ini, ongkir akan menjadi benar-benar 0,- ya.

Pihak Zalora mengirimkan pesanan melalui Lion Parcel dan ini membuatnya sangat cepat sampai walau ke kota aku yang cukup jauh ini. Biasanya hanya 3 hari saja sudah sampai, ya paling lama 5 hari sampai 7 hari.

Pernah terjadi keterlambatan? Jelas pernah. Hal ini terjadi bukan karena paketnya yang tidak sampai tetapi kurir-nya yang pemalas mengantarkan barangnya. Ini membuat aku menjadi begitu kesal pada saat itu karena aku disurub mengambil sendiri kesana, serasa kurir parselnya tidak ada gunanya. Semenjak hal itu terjadi, jelas aku langsung protes dan memberitahukan ke pihak Zalora-nya dan juga orang rumah yang mengambilkan paket aku ke lokasi pengambilan barang sedikit agak emosi, *aku tidak akan menangani hal seperti ini melainkan biasanya orang rumah aku yang menangani dan melakukannya. Nah, semenjak hal itu terjadi dan sudah protes bla bla, tidak pernah terjadi lagi hal seperti itu.

Kemudian bagaimana dengan pengembalian barangnya? Sangat mudah banget, aku tinggal plester lagi paket yamg datang lalu tempel pengembalian barang lalu antar ke kantor pos. Lalu aku mengisi form mengembalian barang, mau ganti ukuran atau mau refund saja. Setelah itu, semua sudah selesai. Pengembalian uang refund dikembalikan setelah mereka cek barang sampai kemudian 3 hari uangnya sudah kembali. Begitu cepat. 😍

Dengan masalah yang pernah terjadi dan dengan hal yang aku rasakan tersebut, sampai saat ini aku memilih Zalora tetap yang terbaik dalan melayani semuanya. Aku sampai detik ini masih berbelanja dengan aktif disini.


🌺 Shopee
Sama halnya dengan Zalora, aku tidak akan membahas mengenai kualitas produk karena itu jelas diluar kendali pihak Shopee karena jelas ditentukan brand dan seller yang menjualnya, bukan pihak e-commerce.


Mungkin banyak orang yang mengalami hal tidak.mengenakan ketika belanja disini karena mereka salah memilih seller, jelas kebanyakan karena hal tersebut. Salah piluh seller tentu membuat belanja tidak enak sama sekali. Jujur, aki sangat jarang belanja di seller biasa kecuali seller tersebut sudah rekomendasi dari teman-teman aku yang sering belanja karena aku menghindari hal tersebut.

Aku paling sering belanja hanya di Shopee Mall, dimana seller disink adalah seller-seller official dari setiap brand dan sudah pasti akan sangat terpercaya.


Pengiriman di Shopee ini berbagai macam, tergantung seller-nya menyetujui pengirim apa saja. Disini bisa memilih kantor pos, JNE, J&T dan lainnya. Untuk kelamaan pengirim tergantung lokasi dan juga tergantung si pengiriman.

Pernah mengalami pengiriman yang super lama banget? Pernah dan hal ini sangat membuat kita kesal pastinya. Pengiriman yang lama ini biasanya JNE dan pengalaman terlama ini karena aku membeli micellar water yang notabene memang liquid tidak bisa memalui pengiriman udara, harus melalui laut Hanya saja pihak. mereka tidak ada. konfirmasi sama sekali kenapa terjadi keterlambatan ini, dihubungi melalui CS pengirimannya juga tidak terlalu baik dan yang menjawab seakan-akan robot. Untungnya aku meminta bantuan langsung ke sellernya untuk menghubungi ke pihak JNE-nya mengenai hal ini dan sangat cepat ditanggapi dan sangat cepat diberitahukan alasannya. Nah, hal ini kan membuat kita tidak was-was lagi karena tahu alasannya, asalkan paket kita tidak hilang, iya kan. Terpenting itu konfirmasinya.

Sejauh ink hanya hal keterlambatan begitu yamg yang aku alami dan dari pihak Shopee tidak ada masalah melainkan pengirimannya.

Lalu bagaimana dengan CS Shopee-nya? Sejauh ini mereka sangat cepat tanggap jika aku tanya di inbox. Untuk refund uang biasanya dikembalikan di Shopee Pay tetapi penarikannya cukup mudah dan biasa memakan waktu 3 hari tetapi biasanya 1-2 hari sudah masuk.

Mereka juga sekarang adanya pengembalian barang dan juga gratis layaknya Zalora. Hanya saja pengembalian barang disini agak sedikit lebih ribet karena masuknya ke Shopee dulu baru ke seller official-nya.

Aku pernah sellernya menyetujui pengembalian barang tetapi pihak Shopee-nya malah kirim balik. Fiuh πŸ˜ͺ begitu melelahkan jika mengurus hal seperti ini. Baiknya ya, kalian hubungi sellernya lalu konfirmasi ke Shopee baru balikin barangnya, jika kalian balikin barang kemudian di cek Shopee biasanya pihak Shopee bisa mengembalikan lagi ke kita, entah karena hal apa padahal seller kita sudah menyetujuinya.

Nah, hal ini yang tidak begitu aku sukai sehingga aku tidak menjadikannya nomor satu. Untuk ongkir tadi juga, mereka tidak benar-benar menggratiskan ongkir melainkan hanya menanggung biaya 20k saja untuk kota aku sedangkan untuk kota aku itu biayanya 33k dan kita jadi perlu bayar ongkir 13k lagi.

Untuk hal lainnya, aku merasa baik-baik saja untuk Shopee selama kita memilih seller official dan seller yang trusted, maka tidak akan ada kejadian aneh-aneh. Bahkan aku bisa belanja HP di seller dan baik-baik saja.

Semoga kalian juga bisa belanja dengan memilih yang terbaik ya disini karena banyaknya sellernya yang bisa membuat kita bingung.


🌺 Althea
Berbekal dari pengalaman belanja tahun lalu, si Althea mengalami hal redline dimana paket-paket kita tertahan dan refund yang sangat lama sehingga membuat kostumer sedikit 'geram' akan hal itu, tahun ini Althea kembali.

Kembalinya Althea jujur, membuat aku awalnya masih sedikit trauma dengan kejadian tahun lalu tetapi ternyata Althea kembali dengan persiapan yang penuh. Itu yang aku rasakan saat ini.


Mereka kembali dengan mentaati peraturan masuknya paket luar negeri ke Indonesia dengan benar dan dijelaskan detailnya.

Mereka juga kembali dengan pengiriman yang jauh lebih cepat dari sebelumnya. Jika sebelumnya pengiriman paket dari Korea memakan waktu selama 1 bulan bahkan lebih, kali ini Althea kembali dengan pengiriman paket dari Korea ke Indonesia hanya 1 minggu saja. Jika lebih dari 1 minggu paket kalian tidak sampai, kalian bisa langsung email dan mereka akan menanggapinya dengan cepat.

Yah, aku menemukan paket belanjaan akj 1 minggu tidak ada tanda-tanda pengiriman dan mungkin mereka terlewatkan untuk paket aku atau hal lainnya aku tidak tahu dan aku sengaja mendiamkannya selama 1 minggu itu untuk membuktikan hal yang mereka katakan. Tentu setelah 1 minggu aku langsung email pihal Althea-nya dan langsung mendapat tanggapan dan paket aku langsung dikirimkan saat itu juga, kemudian 1 minggu sudah sampai.

Akhirnya, aku approved Althea saat ini untuk tempat belanja kosmetik Korea sebagai tempat belanja online terbaik versi aku karena layanan yang sudah bagus.

Lalu bagaimana dengan hal lainnya? Untuk pembayaran, untuk aplikasinya, untuk situsnya? Aku akan menjelaskannya juga.

Untjm pembayarannya, Althea juga kembali dengan pembayaran yang jauh lebih mudah, sudah ada pembayaran menggunakan bank. Jika dahulu pilihan terbaiknya hanya pembayaran melalui Alfamart, kali ini pembayaran lewat bank di Indonesia sendiri sudah ada.

Read :
🌹Cara Belanja Mudah dan Murah di Althea

Untuk aplikasi Althea, sayangnya sampai detik ini serasa sangat lambat berjalannya di handphone aku, akan sangat terasa jika jaringan lemah sedikit saja akan terasa lambatnya. Aku berharap untuk aplikasinya kedepan akan jauh lebih baik dan lebih nyaman untuk kostumer.

Jika aplikasinya terasa lelet, berbeda dengan situs online-nya. Iya, kalian bisa akses situs online-nya juga. Untuk situs online-nya aman-aman saja dan bahkan terasa cepat seperti online biasanya di situs-situs lain. Aku lebih menyukai mengakses melalui ini ketimbang aplikasi.


🌸 Tambahan : Lazada
Akhir-akhir ini aku cukup suka belanja online di Lazada ini bahkan mungkin cukup sering aku belanja disini. Tidak hanya belanja beauty, disini juga aku belanja fashion item juga.


Berawal dari keracunan makeup dari beberapa beauty blogger lain di grup, aku memutuskan untuk install aplikasi Lazada untuk melakukan pembelian produk beauty. Berbekal dari pengelaman masa lalu saat aku membeli case kamera dari luar negeri di situs ini, sehingga aku memutuskan deal, untuk mencoba belanja disini.

Awal aku belanja lagi disini adalah tentunya produk beauty yang aku bilang keracunan tadi karena disini jauh lebih murah dari Shopee saat diskon waktu itu dan tentunya karena dia gratis ongkos kirim dengan minimal 90k, 120k dan 150k (tergantung tokonya) dan gratis ongkirnya benar-benar 0,- ya dibandingkan Shopee yang kalau ke kota aku harus membayar 13k lagi karena hanya menanggung 20k saja untuk ongkir.

Untuk diskon dan ongkir, aku jelas sudah vote Lazada. Lalu bagaimana dengan pelayanannya? Aku pernah mengalami kesusahan untuk. menghubungi cs-nya karena chat-nya benar-benar slow dan aku sedikit kebingungan ketika. pesanan aku dibatalkan satu arah saja tanpa. konfirmasi ke aku sampai kemudian aku berpikir untuk. menghubungi di FB dan alhamdulillah disini justru lebih cepat tanggap.

Berhubungan dengan pelayanan, lalu bagaimana dengan refund uang jika dibatalkan tadi. Awal akan terasa cukup sulit jika kita tidak membaca QnA di situsnya mereka. Mereka mengembalikan uang kita dalam bentuk voucher belanja. "Gila" dalam pikir aku, untuk aku voucher belanja, yang benar itu adalah uang dikembalikan dengan uang, right. Jelas pastinya "Ya".

Nah, untuk membuat si uang kita dikembalikan dengan voucher tersebut bahkan sebelum mereka menjadikan atau memasukan uang refund ke dalam bentuk voucher, kalian harus mengisi formulir untuk refund. Ini aku rasa sedikit memperibet urusan refund. Seandainya mereka menyediakan opsi pilihan saja mau refund dalam bentuk voucher untuk dibelanjakan lagi atau mau dalam bentuk uang, jelas ini lebih sesuai maunya pelanggan ketimbang dimasukan dalam bentuk voucher kemudian perlu mengisi formulir. Aku pastikan, jika kalian tidak. mengisi formulir maka uang kalian akan tetap menjadi voucher di e-commerce ini.

Berbicara pelayanan, tentu pengiriman paket juga termasuk layanan bukan. Untuk pengiriman paket, sejauh ini yang aku rasakan jika belanja dibeberapa toko di LazMall ada 2 pengiriman yang berbeda yaitu ada Acommerce sama JNE bahkan ada 1 tambahan lagi yaitu ada Ninja juga. Dimana, sejujurnya aku membenci Ninja ini karena layanan yang cukup lama tetapi ternyata saat belanja di Lazada, di Ninja ini justru pengirimannya yang cukup cepat. Untuk pengiriman Acommerce itu masih sedikit lelet yang aku rasakan. Kalau JNE tentu kalian tahu sendiri, terkadang bagus terkadang tidak, terkadang cepat terkadang bahkan sangat lama.

🌷🌷🌷

Yah, aku hanya memutuskan untuk memasukkan 3 situs ini untuk belanja online saat ini yang terbaik versi aku karena memang aku akhir-akhir ini suka belanja disini.


Note :
🌹 Disemua e-commerce aku hanya belanja dilayanan Mall mereka yang jelas terpercaya bukan di seller biasa. 
🌹 Aku akan menyebutkan jika seandainya aku pernah belanja di seller biasa. 

Sebenarnya dahulu aku pernah belanja dilain juga seperti MatahariMall, BliBli sama Tokopedia juga tetapi sayangnya akhir-akhir ini aku sudah jarang belanja disini. Mungkin dikemudian hari aku akan mencoba belanja kembali dibeberapa situs online tersebut untuk membandingkannya lagi ya.

Kalau beberapa situs itu setelah aku berulang-ulang kembali dan tetap layanannya seperti terakhir aku belanja dahulu dengan pelayanan yang baik, maka kemungkinan aku juga akan menuliskan "tempat belanja online terbaik versi 2", mungkin ya.

So, untuk sekarang ini dahulu situs atau aplikasi online terbaik versi aku yang sudah sering belanja disana.

Apakah kalian tertarik jika aku menuliskan kekecewaan belanja online disalah satu e-commerce? Karena saat ini aku lagi mengalami hal tersebut. Huft πŸ˜ͺ Lagi kena apesnya bebquh. πŸ™ˆ




LOVE,

11 Comments

  1. Zalora doank yang belum pernah dicoba euy. Aku juga pernah kesel belanja online tapi ga berani tjoerhat di blog, krn endingnya sih tetap baik walau prosesnya bikin mutung. Eh tapi tetep penasaran dengan cerita Rima, ada apakah gerangan

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat harbolnas kemarin. Asyik mengintip di olshop. Kada sadar kuota habis wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  3. Kalo aku untuk makeup dan skincare selalu sociolla rim hahahaa klo fashion paling di tokopedia mall heje

    ReplyDelete
  4. Blm pernah belanja di althea nanti mau coba sekali-kali,yes banget Jn* ini sekarang aku udah kurang suka.soalnya berkali-kali dapet pengalaman yg kurang mengenakkan..

    ReplyDelete
  5. Kalo lazada & althea aku belum nyoba. Shopee aja yg pernah dan untungnya pesem di seller bramd langsung bukan seller biasa. Jd puaass!

    ReplyDelete
  6. Aku paling sering belanja di shopee sih tapi terakhir belanja di lazada. Kalau tokopedia buat bayar tagihan. Heu. Soal pengembalian produk aku termasuk yang malas euy. Jadi biasanya kalau produknya nggak sesuai ya terima nasib aja. Hihi

    ReplyDelete
  7. Iyq, shopee emang bukan gratis ongkir tapi subsidi ongkir wkwk
    Belom coba sih beli d Althea, soalnya kemarin temenku sempet ke cancel gitu padah udah berbulan-bulan huhu

    ReplyDelete
  8. Dari sekian yang ka rima sebutkan aku cuma pernah belanja di shopee doang.

    Jadi penasaran nih sama e-commerce yang lainnya. Nanti deh ya aku coba-coba belanja, hihihi

    ReplyDelete
  9. Eny juga suka sama shoppe tapi masalah buat pengujian kembalian emang ribet bgt ☹️

    ReplyDelete
  10. Kalo aku, shopee yg selalu jadi andalan. Secara free ongkir dan aplikasinya user-friendly πŸ˜„

    ReplyDelete
  11. Mau nyoba jajan di Zalora ah. Tergiur dg freeongnya. Biasanya di Shoopee aja yg cuma subsidi beberapa persen. Thanks rekomendasinya Rim. Salut sama Rima yg bahkan pernah belanja HP via online.

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’