Cara Planning Liburan Murah


Liburan murah akan kalian daaptkan jika kalian melakukan rencana sebelum berlibur.

Moshimoshi.. ๐Ÿงš Sebagai seorang full time blogger yang sehari-hari mengerjakan segala sesuatunya dari dalam rumah, tentu butuh me-time dan liburan, bukan. Liburan itu sangat penting untuk refresh isi kepala dan membuat ide kemudian menjadi lebih baik.

Apalagi bagi aku seorang beauty blogger yang selalu di rumah dan bahkan melalukan foto saja aku lakukan di rumah, tidak di cafe atau di tempat lainnya karena aku lebih suka bekerja sendiri ketimbang di tempat ramai. Liburan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi aku.

Liburan bukan hanya sekedar liburan saja. kita butuh menyiapkan semuanya secara terperinci, ini bagi aku ya karena aku sangat tidak suka liburan dadakan. Itu adalah hal yang sangat aku hindari. Ya, memang aku juga tergolong orang ribet dan pemilih untuk sebuah liburan.

Liburan, liburan, liburan. Liburan tidak melulu hanya sekedar liburan, kita perlu budget juga dan disinilah biasanya terjadi kendala kita untuk berlibur. Nah, dengan itu makanya aku sangat-sangat merencakan liburan aku.

Ya, terlahir bukan dikeluarga kaya raya yang bisa seenak jidat untuk melakukan liburan, sehingga aku perlu merencakan semuanya jauh lebih terperinci untuk segala hal begitu pula dengan liburan.

Cara aku merencakan liburan murah yaitu dengan cara-cara seperti ini :
๐ŸŒบ Siapkan Budget
Ini adalah hal yang paling mendasar yang perlu kita lakukan untuk berlibur, tanpa ini kita tidak akan pernah bisa berlibur. Ya, kalau mau liburan dekat rumah doang sih bisa tapi itu kan juga memerlukan bensin, dimana hal itu juga memerlukan uang juga. ๐Ÿ˜‚


Budget ini erat kaitannya dengan semua planning di bawah ini nantinya jadi harus disiapkan lah terlebih dahulu tetapi bisa saja sambil jalan sambil menyiapkan budgetnya karena kita kan planningnya jauh-jauh hari jadi bisa sambil mengumpulkan duitnya.

List yang aku siapkan ini juga bukan yang langsung sekaligus kalian beli tetapi kalian bisa membelinya satu-satunya agar tidak terasa mengeluarkan duit yang langsung banyak, kalau kata orang-orang ini namanya 'dicicil-cicil' satu persatu-satu.

Hal seperti ini jauh akan lebih mempermudahkan kita untuk mendapatkan liburan yang kita inginkan dan tentu akan mendapatkan liburan murah.

๐ŸŒบ Cek Harga Penginapan dan Bandingkan
Untuk menyatukan list liburan dan biaya pengeluaran biaya, kalian harus mencek harga penginapan yang sesuai budget dan sesuai dengan lokasi yang dekat-dekat tempat wisata untuk menekan budget liburan juga tentunya.

Kalian harus melakukan cek biaya ini di aplikasi maupun di situs online penginapan, kalian tinggal pilih. Disini kalian juga harus teliti dan gunakanlah kode voucher untuk mendapatkan potongan harga. Penting untuk menekan budget ๐Ÿ˜ namanya juga mau liburan murah. Ya, harus sedikit meluangkan waktu untuk melakukan cek-cek harga begini.

๐ŸŒบ Buat List Tempat Wisata
Sebelum berlibur ke kota orang lain, tentu hal in juga sangat diperlukan. Ya, ga mungkin kan kalian berlibur ke kota orang lain tanpa tahu mau berkunjung kemana.

Aku membuat list tempat yang akan akan kunjungi dengan mencarinya di google dan membuat list-nya satu-satu. Tentu, tempat wisatanya aku pilih-pilih, yang mana kiranya yang bisa aku kunjunginya dan mana kiranya yang bakalan dilewatkan saja karena jauh dan aksesnya susah.


Setelah kalian sudah mendapatkan tempat wisata yang ingin kalian kunjungi dengan melihat segala biaya masuk dan berbagai hal lainnya. kita akan beralih ke susunan rencana liburan untuk memastikan semuanya.

๐ŸŒบ Susun Rencana Liburan (lokasi yang ingin dikunjungi)
Kenapa setelah di list tempat wisata kita perlu susun kembali rencana liburannya? Jelas, karena kita akan menentukan berapa hari kita libur dengan lokasi yang akan kita kunjungi, semuanya ini harus sesuai tentunya. Tidak bisa asal-asalan juga.

Membuat list tadi tidak hanya dengan melakukan list saja tetapi sekalian melakukan list dengan berapa lama kita disana, contoh hari 1 ke taman A. ke taman B, hari ke 2 ke wisata alam A dan wisata B, dengan begitu tentu jadwal liburan kita jelas tersusun dengan rapi dan tanpa ada yang terlewatkan.

Aku dengan planning seperti ini, hampir semuanya sempat aku kunjungi dan juga bahkan ada tempat wisata yang awalnya tidak ada dilist bahkan bisa aku kunjungi karena ada waktu yang berlebih. Makanya wajib banget membuat list seperti ini.

๐ŸŒบ Isi Uang Transportasi
Setelah aku membahas budget tadi, disini aku kembali menyuruh kalian untuk mengisi uang trnasportasi, kenapa? karena jika kalian berlibur menggunakan aplikasi ojek online kalian perlu mengisi saldonya sebanyak yang kalian bisa karena ini sangat penting untuk bepergian disana. Ya, kecuali kalian menggunakan travel, kalian tidak perlu khawatir dengan hal seperti ini, kalau aku senangnya berlibur secara pribadi.

Jadi, setelah kalian melakukan list tempat wisata yang ingin dikunjungi kemudian kalian mencocokan dengan hari kalian disana dengan tempat-tempat wisata lagi, disini kalian harus mengetahui jarak tempuh kalian ke tempat wisata dan berapa lama karena ini sangat penting. Memang terlihat sedikit ribet tetapi disini benar-benar dapat mengurangi biaya pengeluaran liburan kalian.

Contoh :
Kalian menginap di hotel A, kalian ke tempat wisata B sejauh 10 km dengan jarak tempuh seperti itu berarti kalian akan menghabiskan waktu 10-15 menit di jalan. Nah, di aplikasi ojek online berarti kalian mengeluarkan uang sebanyak 20k.

Hal-hal seperti itu aku hitung sampai hari terakhir berada di kota orang terseut dan saldo yang aku masukan dilebihkan sedikit agar kita tidak kekurangan sewaktu disana. Ini benar-benar menekan budget aku dan tidak perlu memegang uang disana untuk biaya transportasi.

๐ŸŒบ Membeli Tiket Masuk Wahana Secara Online
Beralih dari mengisi uang transportasi di aplikasi online, sekarang kalian harus membeli tiket masuk wahana secara online. Iya, ini juh harus dipersiapkan karena membeli tiket masuk wahana secara online ini jauh lebih murah dan bisa menggunakan kode voucher untuk diskon.


Hal ini sedikit berisiko jika kalian salah planning karena nantinya malah tidak terpakai jika salah hari, makanya palnning kalian di atas tadi harus sudah benar-benar fix dan sudah terpikirkan benar-benar, Jangan ada salah 1 pun dan jangan ada perjalanan yang kalian rubah. Harus benar-benar matang.

Ribet? Sungguh tidak ribet jika kalian jalankan kok, aku anak muda saja sempat seperti ini masa para ibu-ibu yang bisa mengontrol pengeluaran rumah tidak bisa, aku yakin jauh lebih bisa.

๐ŸŒบ Cek Harga Penerbangan dan Bandingkan
Sudah selesai semua rencana dan sudah selesai semua pembelian lainnya. Kita tinggal mencek harga tiket pesawat. Di awal sebenarnya kita sudah bisa cek harga tiket pesawat ditanggal yang kita inginkan hanya saja kita biasanya belum membandingkan harga tiket pesawat diberbagai situs online ini karena rencana liburan saja belum terencana bagaimana mau membeli tiket pesawat karena liburannya masih belum fix mau dijalankan.


Nah, ketika semua sudah fix, barulah kita membandingkan harga tiket pesawat diberbagai situs online yang menjual tiket pesawat dan jangan lupakan cek halaman depan mereka karena disanalah biasanya terdapat kode-kode voucher untuk mendapatkan potongan dengan berbagai syaratnya.

Disini kalian diharapkan teliti karena biasanya perbandingannya tidak terlalu banyak tetapi dengan potongan-potongan tentu akan jauh lebih berbeda harganya.

๐ŸŒบ Membeli Tiket Pesawat & Pesan Penginapan Jauh-jauh Hari
Harus banget kalau aku membeli tiket pesawat dan penginapan ini jauh-jauh hari karena ini sesuai dengan budget kita juga, jadi lebih nyaman mengaturnya.

Membeli tiket pesawat jauh hariini juga biasanya harganya jauh lebih murah dan memesan penginapan jauh hari ini untuk menghindari kehabisan tempat penginapan apalagi kalau kalian liburan ditanggal merah dan ditanggal-tanggal orang berlibur.

Nah, untuk membeli tiket pesawat murah kalian bisa membelinya di aplikasi Pegipegi dan dibagian depannya kalian bisa melihat promo yang lagi berlangsung.

Di bawah ini akan aku contohkan menggunakan promo yang sedang berlaku di aplikasi Pegipegi agar kalian bisa menggunakannya dengan baik dan juga mendapatkan potongan untuk mengurangi biaya liburan kalian agar makin hemat.



Jadi, Pegipegi itu sekarang ada aplikasi terbarunya dan disana kalian bisa memesan tiket pesawat, memesan kamar hotel dan juga tiket kereta api. Aku jelaskan di atas adalah cara penggunaan voucher untuk pembelian tiket pesawat ya.

๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน

Poin-poin dari rencana liburan murah aku ini bisa saja kalian rubah-rubah sesuai dengan mau kalian mana yang kiranya harus didahulukan beli dan mana yang bisa nanti kalian beli tapi untuk tiket pesawat, biaya transportasi dan masuk wahana, kalian beli secara online saja untuk mempermudah dan menekan budget tadi.

Itu lah cara aku untuk mendapatkan liburan murah dan itu sudah aku lakukan di tahun lalu dan benar-benar mengurangi budget aku liburan ketimbang di tahun lalunya. Sangat sedikit banget uang yang aku keluarkan dengan merencanakan liburan seperti ini.

Semoga dengan cara-cara aku ini kalian juga bisa liburan secara murah dan tentunya harus terencana semuanya ya. ๐Ÿ˜ƒ





LOVE,

9 Comments

  1. Nyusun segala printilan buat traveling itu penting banget, jangan sampai jebol, ya. Semisal post transport. receh keliatannya. Padahal bisa nyedot banyak pengeluaran. Buat transport sehari-hari dalam kota aja aku masih sering jebol hahaha

    ReplyDelete
  2. Waah pegi-pegi lagi banyak promo yaa

    ReplyDelete
  3. Mau dong liburan bareng rima. Hehe. Kapan lagi mau berlibur Rim? Kontek2 lho yaa.

    ReplyDelete
  4. intinya kudu siap jauh2 hari ya kalo mau traveling sendiri. Kecuali pake jasa tour travel mungkin bisa bebas ya gak mikirin begituan. Tp biasanya lebih mahal

    ReplyDelete
  5. Buat traveller sejati memang wajib deh kudu coba pegi pegi ini. Banyak promo ya rim disitu. Liburan jadi murah jg. Aku termasuk tipe yang kikuk merencanakan liburan karena saking jarangnya. Haha

    ReplyDelete
  6. Liburan murah, siapa yang nggak kepingin. Oh ya alternatif lain menekan biaya bisa dengan menginap di rumah keluarga. Kalau yang ini sula saya lakukan. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Nah lengkap banget nih...aku juga biasanya memerlukan rencana banget buat liburan apalgi bawa pasukan, tapi biasanya gara2 kebanyakan mikir malah gak jadi-jadi nih liburan nya. Hik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama din.... Aku juga gitu, banyak mikir banyak pertimbangan malah ga jadi.... Hehehe..... Tapi emang benar kata rima, tiket pesawat harus jauh-jauh di beli supaya dapat murah, kalau hotel juga pesan duluan supaya kebagian, krn kadang saat peak season bisa penuh.

      Delete
  8. wah harus pesen tiket dr jauh2 hari ya.

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra ๐Ÿ’