Jerawat Terparah Setelah 3 Tahun Berlalu


Cara penanganan jerawat terbaik adalah bahagia dan jangan stress.

Moshimoshi.. 🧚 Aku kembali ingin bercerita tentang jerawat setelah sekian lama aku tidak ada cerita mengenai hal ini.

Jelas aku tidak banyak bercerita mengenai jerawat sebelumnya karena jerawat aku sudah mulai menghilang dan kembali ketika waktu tertentu saja dan itu adalah jerawat hormonal.

Sekarang aku ingin kembali bercerita masalah tersebut karena memang sekarang aku lagi mengalaminya lagi dan ((lagi)). πŸ™ˆ

Jika kalian mengikuti aku dari awal aku membuat blog ini tentu kalian mengetahui kondisi kulit aku seperti apa pada saat itu sampai akhirnya kulit aku terus mengalami peningkatan menjadi jerawat lebih berkurang, bekas jerawat mulai memudar dan hal lainnya yang membuat kulit wajah aku jauh lebih baik.

Read :
🌷 Parahnya jerawat aku

Kali ini, setelah hal tersebut berlalu setelah 3 tahun lamanya. Kulit aku sekarang mulai berontak lagi.

Okay, hal ini bukan tanpa sebab tetapi malah ada sebabnya dan aku tidak sebelum tidak mengetahui kalau kulit aju ternyata tidak cocok dengan hal tersebut.

Yeah,  aku mulai meminum yogurt untuk mengurangi asupan nasi/karbohidrat di dalam tubuh aku karena aku merasa badan aku mulai 'melebar' sehingga aku harus menurunkannya dan aku memilih untuk mengkonsumsi yogurt.

Baru berjalan selama seminggu aku mengkonsumsi yogurt ternyata kulit aku mulai bermasalah. πŸ™ˆ Jerawat mulai bermunculan dan jelas faktornya karena yogurt ini setelah aku mulai membaca dan menonton youtube bahwa yogurt dapat menyebabkan kulit berjerawat.

Bukan hanya yogurt tetapi aku dalam seminggu itu, di siang hari suka memakan gorengan. Fix, salah pada makanan yang aku konsumsi.

Berikut ini adalah kondisi wajah aku yang aku ceritakan ke kalian itu :
🌺 Setelah 1 minggu full minum yogurt. Sebenarnya ini masih okay lah ya dan dikemudian hari lah yang akan jauh lebih membuat setress karena makin parah.

Dengan tahunya trigger-nya tersebut, tentu aku langsung menghentikan untuk mengkonsumsi yogurt. Tidak mau berlama-lama dalam kondisi tersebut jelasnya.

Kalian kalau tiba-tiba begini, harus banget mengetahui penyebabnya dan harus makan kalian ingat-ingat apa yang kalian lakukan dalam beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya untuk mengetahui penyebabnya ini.

🌺 3 hari setelah breakout minggu yogurt. Ini benar-benar makin hari makin parah dan aku mulai kesusahan untuk menanganinya πŸ™ˆ tetapi dibeberapa bagian juga kondisi kulit aku ada yang perlahan mulai sedikit membaik dari sebelumnya.

Walau kondisi kulit aku disini mulai membaik, aku tetap tidak puas sampai disini saja dan aku berencana untuk melakukan treatment yang biasa aku sering lakukan yaitu acne peel agar lebih mempercepat penyembuhannya.

🌺 6 hari setelah minum yogurt yang membuat wajah aku breakout parah dan saat itu aku baru menyadari ada krim wajah yang mengandung kortikosteroid juga. Disini aku sebelum melakukan tindakan chemical peeling.

Iya, aku baru menyadari bahwa krim wajah aku mengandung kortikosteroid, dimana si kortikosteroid ini adalah turunan dari Steroid. Krim wajah ini aku dapatkan dari dokter.

Setelah tahu krim wajah aku ada mengandung hal tersebut, aku memberhentikannya secara mendadak karena tidak mau menggunakannya lagi sehingga memperparah kondisi kulit aku.

Disini aku tidak terlalu dalam membahas mengenai steroid, mungkin akan aku buatkan postingannya secara sendiri ya. 😊

🌺 11 hari setelahnya, mulai membaik dan pasca treatment chemical peeling. Iyes, aku sudah mulai kesusahan menanganinya dan aku mulai melakukan treatment agar kulit aku jauh lebih baik karena aku rasa jika hanya menggunakan skincare daily yang sering aku gunakan, hal itu tidak akan terlalu terlihat efek perubahannya, makanya aku memilih untuk treatment.

Read :
🌷 Review Chemical Peeling/Acne Peel

Kalian bisa bandingkan sendiri perbedaan dari sebelum dan sesudah treatment, jelas kulit aju mulai membaik dan aku merencakan untuk melakukan treatment lagi untuk memperbaiki kondisi kulit aku. Tentu disini aku masih menggunakan skincare harian aku pada umumnya.

Read :
🌷 Skincare Routine - Acne Prone Skin (Update)

Aku mulai mencatat makanan diet untuk kulit berjerawat agar jerawat semakin hari semakin berkurang tetapi sampai aku melakukan treatment selanjutnya, aku belum melakukan diet tersebut karena beberapa hal lainnya.

Tetapi disini aku akan share ke kalian makanan diet untuk mengurangi kulit berjerawat dari youtuber Puspita Mayangsari yang dia rangkum dari 2 buku yaitu buku dari seorang dokter dan buku dari 2 saudara kembar yang mengalami jerawat parah dan mulai diet kemudian berhasil. Dia merangkumnya dengan baik. Oh ya, tetapi ini list makanannya untuk diet ketat dan ini adalah diet lanjutan dan siet step akhir.

Semangat untuk yang mau menjalankan dietnya ya.

Setelah treatment tadi terakhir tadi, aku mulai melakukan treatment lagi dengan jarak 2 minggu dari treatment sebelumnya. Jika kalian melihat Insta Story aku maka kalian akan tahu permasalah yang terjadi saat aku treatment yang kedua ini yaitu beauty therapist yang baru dan tidak profesional menurut aku dan itu membuat aku menderita sehingga malah menyebabkan bekas jerawat yang makin memerah. πŸ™ˆ

Berhubung tulisan ini sudah cukup panjang nanti selanjutnya akan aku update lagi jika jerawat aku tak kunjung sembuh atau ada hal lainnya. Aku juga berencana untuk melakukan diet jerawat jika semua ini jika tidak sembuh-sembuh.

Jika kulit wajah aku mulai membaik dan yang tertinggal hanya bekas jerawat maka aku akan menggunakan skincare pencerah untuk memudarkannya. Aku sudah membeli produk kecintaan aku yang dapat memudarkan bekas jerawat yaitu produk essence dari Laneige yang WPR.

Read :
🌷 Review Laneige Original Essence White Plus Renew

Berbeda dari sebelumnya, si Laneige WPR ini keluar dengan keluaran terbarunya yang dimana aku tidak tahu ini akan cocok atau tidaknya karena essence keluaran baru berarti didalamnya juga pasti adalah formula terbaru. Aku berharapnya ini jauh lebih bagus dan jauh lebih cocok di aku.

Oh ya, dalam keadaan kulit aku berjerawat parah ini, aku mengalami setress hanya di awal-awal saja ketika kulit aku tiba-tiba berjerawat akibat yogurt tadi, di hari setelahnya ketika aku mengetahui trigger-nya aku sudah mulai santai dan sudah terbiasa. Apalagi dahulu aju juga mengalami hal ini dan itu membuat aku bisa menangani setress aku.

Kalian harus ingat, kondisi psikologis kita bisa memperparah kondisi kulit wajah kita makanya seminimal mungkin kalian harus menekan itu dan kalian harus benar-benar happy menjalaninya. Pikirkan lah hal-hal yang menyenangkan yang membuat kalian happy, jangan terlalu sering melihat kaca. Okay.

Disini aku lebih memilih untuk mempersibuk aktifitas aku seperti menulis blog, melakukan berbagai kerjasama, melakukan foto produk dan mulai menonton drama korea yang bisa membuat aku happy. Don't stress.

Bagi kalian yang kepo wajah aku sebelum berjerawat parah tersebut, ini adalah wajah aku sebelumnya dengan bekas jerawat dibagian terluar pipi jerawat PMS. Kulit wajah aku bukan yang perfect tetapi ini jauh-jauh lebih baik dari cerita masa lalu itu.
Foto satu ini sisi kanan kirinya berbeda dari foto di atas jadi jika kaluan membandingkan tinggal dirubah, yang kanan adalah kiri dan yang kiri adalah kanan.

Okay, ceritanya aku sudahi sampai disini dulu dan untuk lanjutan dari cerita ini, nantinya akan ada postingan lagi dan jika kulit aku membaik maka postingan selanjutnya adalah disaat aku melakukan review mengenai si essence Laneige ya. 😊

So, ditunggu cerita aku selanjutnya dan semoga kalian yang mengalami jerawat tidak merasa sendiri, juga tidak merasakan stress.

Be happy and don't stress. Itu adalah kunci penanganan jerawat paling mendasar. 

Thank you and see you on next post. πŸ˜˜πŸ’•



LOVE,
facebook  |  twitter  |  instagram  |  youtube
Facebook Rima Angel (Blog Pribadi)

18 Comments

  1. aku ikut lega deh rima, ngeliat jerawatmu semakin membaik, itu kan ada bekas bopeng yang ga terlalu dalem bs di dermapen, biar permukaanya jad halus lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum bisa di dermapen soalnya belum benar-benar membaik sih πŸ™ˆ kalo mau dermapen harus benar-benar sembuh jerawatnya dulu.

      Delete
  2. Serius yogurt bisa bikin jerawat? Aku tiap hari minum itu, pantes aja sering ada jerawat yg muncul.okeh, bakal stop minum yogurt deh mulai skrg. Thanks infonya beb

    ReplyDelete
  3. Menu diit kamu beb, bener-bener teratur selama 1 bulan ya beb. Alhamdulillah itu muka sebelum ama sesudah udah mulai keliatan hasilnya ya. Semoga kulitnya semakin membaik beb.

    ReplyDelete
  4. Semangat beb semoga kulitmu semakin membaik dan diet mu berjalan lancar, padahal kalo liat di IG badan kamu udah bagus beb, lebih melar aku πŸ˜‚

    ReplyDelete
  5. Waah aku baru tau Yogurt bisa berpengaruh juga
    Btw, Be happy and don't stress itu poin utamanya yaa

    ReplyDelete
  6. Duuh beb serius deh kebayang gimana kamu stres nya begitu jerawar menyerang di hampir seluruh wajah kaya gitu.. aku merinding jd nya serius.. tp untung udh better yaaa skrg..

    ReplyDelete
  7. Kondisi kulit kita hampir mirip sih rima. Tapi kulot aku dulu ga sensitif kyk gini, baru 2 tahun terakhi ini kayaknya. Dan kalau stress malah bikin parah sih huhu

    ReplyDelete
  8. Better yah kak setelah pemakaian produknya dan pola makan, memang deh masalah jeraawat yang paling utama adalah makanan... hihi tapi itu kak bakal jadi bopeng ga kak? makasih sebelumnya infonyaa

    ReplyDelete
  9. Setau aku yoghurt emang gak bagus buat yang kulit nya berjerawat soal nya dokter kulit aku juga gak nyaranin aku minum yoghurt yang berlebih wkkwkw . Kunci nya jangan stress ketika jerawat muncul wkwkwkw

    ReplyDelete
  10. break outnya karena yogurt ya? mungkin karena dairy products ya Rim. Good thing you know that and stop it. Sekarang kulitnya udah jauuuh lebih baik ya

    ReplyDelete
  11. Bahagia dan jangan stres. Itu pola pikir yg hrs ditanamkan banget ya beb biar mencegah jerawat bermunculan. Dan ternyata faktor makanan juga ikut andil. Untuk mendapatkan kondisi kulit yg cantik dan sehat memang harus berawal dari kondisi mental dan gaya hidup yg sehat

    ReplyDelete
  12. Perjuangan melawan jerawat yang luar biasa ya, memang ya faktor jerawat bisa berasal dari makanan dan stress juga ya, jadi sekarang sudah terbebas ya

    ReplyDelete
  13. Aku nggak tahu bakalan gimana kalau punya jerawat kayak kamu beb, kamu strong sekali. Semangat beb! Banyakin minum air putih, dan jangan dibawa pikiran.. fighting!

    ReplyDelete
  14. semangat kaa, aku juga lagi berjuang buat ngilangin jerawat nih

    ReplyDelete
  15. semangat kaa, aku juga lagi berjuang sama jerawat

    ReplyDelete
  16. semangat kaa, aku juga lagi berjuang sama jerawat

    ReplyDelete
  17. Aku tahun lalu pun jerawatan yang terbilang parah, Rim.
    Tapi awal tahun ini aku ngerasa banget udah memdingan, aku gak ubah makanan atau pola tidur.
    Jadiin ternyata selama ini aku jerawatan karena stress sama kerjaan, setelah aku mulai sedikit 'bodo amat' jadi balik lagi nih jerawatan hanya saat datang bulan aja.
    Tapi sekarang tetap ada PR buat ngurangin bekasnya yang kehitaman :D

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’