Fakta Mengenai Candi Prambanan yang Belum Banyak Diketahui


Fakta keren dari Candi Prambanan yang belum banyak diketahui dan wajib kalian ketahui ada 6 fakta.

Moshimoshi.. 🧚 Aku yakin neh yang anak semester akhir pasti pada sudah sidang ya kan? Pasti iya lah ya soalnya teman-teman aku pada sudah selesai sidang. Nah, sembari menunggu wisuda, mari kita planningkan liburan.

Aku itu paling suka dan paling heboh kalau mau liburan dan target liburan aku selanjutnya itu kalau tidak Malang ya Yogyakarta. Malang karena kotanya dingin dan ingin ke Yogyakarta karena ingin melihat berbagai tempat wisatanya terutama Candi.

Ya, aku itu ke Yogyakarta ingin banget untuk melihat Candi yaitu Candi Borobudur sebagai keajaiban dunia dan juga Candi Prambanan yang tentunya tak kalah dari Candi lainnya.


Candi Prambanan merupakan sebuah komplek candi Hindu yang sudah ada sejak dari abad ke-9 dan berlokasi di Jalan Raya Solo - Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi ini sekaligus menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia serta salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Prambanan dibangun sebagai sebuah persembahan untuk Trimurti dalam kepercayaan Hindu, yakni Brahma, Wisnu, dan Siwa. Dibangun dengan arsitektur yang sesuai dengan tradisi Hindu berdasarkan pada Vastu Shastra. Selain itu masih ada beberapa fakta lain dari Candi Prambanan yang mungkin belum kamu ketahui. Ayo simak langsung fakta lainnya dari Candi Prambanan seperti di bawah ini ya.

1. Nama Asli Candi Prambanan
Meskipun sangat terkenal dengan sebutan Candi Prambanan, namun nyatanya candi ini punya nama asli Siwagrha. Berasal dari bahasa sansekerta, nama tersebut memiliki arti yakni Rumah Siwa. Pemberian nama tersebut dikarenakan Dewa Siwa yang pada masa pemerintahan Rakai Pikatan begitu istimewa. Untuk memberikan penghormatan, Rakai Pikatan mendirikan arca Siwa Mahadewa dengan tinggi tiga meter dan letaknya berada di ruang utama Candi Prambanan.

2. Cerita di Balik Relief Candi Prambanan
Relief pada Candi Prambanan menceritakan epos Hindu Ramayana dan Krishnayana. Kisahnya ini diukirkan pada dinding yang sangat menarik untuk disimak. Alur ceritanya dimulai dari sisi bagian timur dari kompleks Candi Siwa. Supaya kamu bisa mencerna kisahnya dengan runut, kamu perlu memutarinya searah dengan jarum jam. Kemudian cerita tersebut berlanjut ke bagian sisi barat Candi Brahma.


Fix deh, kalau aku jadi ke Yogyakarta aku bakalan mengikuti kisah ini agar tahu mengenai cerita mereka dan yang pastinya bakalan seru.

3. Kisah di Balik Pembangunannya
Pembangunan Candi Prambanan ini dimulai oleh Rakai Pikatan sebagai tandingan candi Borobudur dan juga Candi Sewu yang letaknya tidak jauh dari Prambanan. Pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi dan secara terus menerus disempurnakan dan juga diperluas oleh bantuan dari Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu. Bangunan ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.



4. Pernah Ditelantarkan
Pada sekitar tahun 930 terjadi pemindahan ibukota ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok. Pemindahan tersebut disebabkan oleh alasan yang tidak diketahui secara pasti. Namun kemungkinan terbesarnya adalah dikarenakan oleh letusan hebat yang disebabkan dari Gunung Merapi. Ada pula kemungkinan penyebab lain yakni peperangan dan perebutan kekuasaan. Setelah pemindahan ibu kota tersebut, Candi Prambanan mulai terlantar dan tidak ada yang merawatnya.

5. Ditemukan Kembali
Warga yang tinggal di Pulau Jawa, tepatnya di sekitar candi ini sebenarnya sudah mengetahui keberadaan candi tersebut. Namun pada saat itu mereka belum mengetahui latar belakang cerita sejarah di baliknya. Bahkan muncul pula sebuah cerita dongeng yang menjelaskan bahwa Candi Prambanan ini dibangun oleh seseorang hanya dalam kurun waktu semalam saja dan dibantu oleh makhluk halus seperti jin dan dedemit. Candi ini pada akhirnya ditemukan kembali oleh CA. Lons seorang asal Belanda pada tahun 1733 dan melakukan penyelidikan lebih jauh.



6. Terdapat Total 240 Candi
Kompleks candi Prambanan ini terbagi menjadi beberapa bagian yang antara lain adalah 3 Candi Trimurti, 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok, dan 224 Candi Perwara. Namun kini, candi yang tersisa hanyalah sebanyak 18 candi yang terdiri dari 8 candi utama dan 8 candi kecil di zona utama dan ditambah lagi 2 buah candi perwara.


Nah, itulah fakta-fakat mengenai Candi Prambanan yang belum banyak orang lain ketahui selain keindahannya dan mengenai cerita rakyat seperti Roro Jongkrang ya.

Oh ya, kalau kalian tertarik untuk datang dan melihat lebih dekat serta mempelajari mengenai Candi Prambanan, kalian bisa langsung datang ke tempat ini. Kawasan candi dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata. Untuk masuk, kalian perlu membeli tiket Candi Prambanan yang bisa dengan mudah kalian dapatkan baik secara offline maupun secara online sekalipun.

Note :
*Semua gambar aku ambil dari Wikipedia ya. 



LOVE,

10 Comments

  1. konfrimasi dibangun cuma semalam ini ada gak sih kak rima? apa cuma mitos yaa? aku terakhir ke prambanan pas SD, selebihnya belum pernah lagi karena tiket masuknya termasuk mahal hihi

    ReplyDelete
  2. Belum pernah kesini, candi Prambanan juga bagus Menurut Aku. Lebih suka spot fotonya drpd Borobudur

    ReplyDelete
  3. Wah aku bru tau loh trnyata nama candi prambanan itu ada nama lain nya hahaha. Aku kira prambanan ya prambanan nama nya. Makasih info info nya yaaa..

    ReplyDelete
  4. Semoga saja terus terjaga, sayang sekali sudah banyak yang hancur dan rusak. pasti dulunya kompleks ini sangat megah dan indah. Kita suka terperangah, bagaimana arsiteknya bisa membangun itu semua

    ReplyDelete
  5. Aku belum sempat datang kesini, walau pun pernah ke Jogja. Ternyata sejarahnya prambanan ini sangat menarik sekali dan fakta baru yang belum pernah aku ketahui

    ReplyDelete
  6. Aku selalu suka dengan hiayat2 seperti Ramayana, Mahabarata dll.
    Baca ini aku juga sua banget

    ReplyDelete
  7. yang paling aku inget dari prambanan ini cerita yang dibangun dalam semalam itu sih. Semoga kelestariannya tetap terjaga ya

    ReplyDelete
  8. Aku juga someday mau kunjungin candi prambanan ah

    ReplyDelete
  9. Aku baru pertama kali ke Candi Prambanan sama sobatku jaman kuliah dulu pengen Belajar Histori sambil wisata. Sangat berkesan sama relief2 dan cerita dibalik itu semua. Parah. Wonderful bingiiittt

    ReplyDelete
  10. Aku Sudah pernah ke candi prambanan nih

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏