Perilaku Yang Harus Dijaga Ketika Berkunjung Ke Candi Prambanan


Perilaku yang harus kalian jaga ketika berkunjung ke candi termasuk Candi Prambanan.

Moshimoshi.. ๐Ÿงš๐Ÿป‍♀️ Aku sebentar lagi akan berkunjung ke Yogyakarta, tepatnya pada bulan Oktober ini dan makanya aku jadi banyak mencari informasi-informasi mengenai Yogyakarta akhir-akhir ini. Salah satu yang aku cari jelas wisata-wisata alamnya termasuk candi-candi disana juga.

Candi yang akan pertama kali aku datangi nanti di pagi hari saat aku mendarat di Yogyakarta adalah Candi Prambanan karena penginapan yang aku pilih tidak jauh dari candi ini sehingga aku akan menyempatkan diri kesini pada pagi hari pertama aku ada disana.

Wisata ke Candi Prambanan jelas bisa kita lakukan apabila berkunjung ke Jogja tentunya ya, dimana candi ini tidak kalah indah dari candi lainnya. Selain itu candi ini juga memiliki cerita rakyat yang berasal dari sejarah candi ini, namun ketika kita berkunjung ke candi maka terdapat beberapa hal yang harus kita jaga terutama perilaku.

Read :
Fakta Mengenai Candi Prambanan yang Belum Banyak Diketahui

Nah, karena pada saat berkunjung ke tempat orang lain atau ke daerah orang lain aku tidak mau terjadi hal yang tidak aku inginkan ataupun hal yang tidak mengenakan, aku mencoba mencari beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di tempat orang lain termasuk di candi.


Menjaga perilaku merupakan bentuk dari memberikan penghargaan kepada candi tersebut. Apalagi candi merupakan salah satu bangunan yang bersejarah sehingga kita harus menjaga diri agar tidak akan melanggar norma yang ada. Candi Prambanan ini sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan, dimana candi ini terus dipadati oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional. Jadi sudah pasti candi ini harus dipelihara dan dijaga bersama.

Hal-hal yang harus dijaga saat berkunjung ke Candi Prambanan, yaitu :
1. Tidak melakukan vandalisme
Vandalisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah "perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya)" atau "perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas". Wikipedia.

Tentunya saat ini banyak wisatawan yang melakukan vandalisme pada tempat wisata, terkadang orang melakukan hal ini bertujuan untuk memberi tanda bahwa mereka pernah datang ke tempat tersebut. Namun tentunya hal ini sangat dilarang, sebab dapat merusak candi karena coretan tersebut akan mengurangi keindahan bangunan candi sehingga tidak bagus dipandang. Jika keindahan candi dirusak maka sudah pasti tidak akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menghindari melakukan vandalisme. Sebagai wisatawan yang berkunjung maka Anda wajib turut menjaga kelestarian dari candi tersebut. Apalagi batu candi yang berusia ratusan tahun maka akan mudah rusak jika terkena bahan kimia, baik dari bahan pembersih maupun bahan kimia yang terkandung pada pilox.

2. Tidak berpose berlebihan untuk foto
Pada zaman sekarang yang serba posting di media sosial ini, tujuan berkunjung ke Candi Prambanan selain melihat keindahan candi adalah semua orang akan berpose dan mengambil foto di sekitar candi. Hal ini tentunya bisa menjadi kenangan maupun untuk diupload ke media sosial.

Ketika kita berpose untuk berfoto maka ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal, seperti hindarilah berfoto dengan pose berlebihan seperti memanjat candi. Hal ini tentunya akan merusak candi dikarenakan batu yang digunakan pada candi sudah berusia ratusan tahun, sehingga sudah pasti kekuatan dari batu tersebut akan berkurang. Jadi apabila Anda loncat maupun memanjatnya, candi ini berpotensi rusak. Pastinya jika candi ini rusak, maka diperlukan perbaikan yang memakan waktu yang lama.


Tentunya kita tidak mau dong hal seperti ini terjadi dan membuat pengunjung lain yang kita melihat candi ini terhalang karena lagi ada perbaikan yang diakibatkan oleh kita, padahal mereka sudah dari kota-kota jauu atau bahkan dari negera lain yang menyempatkan diri untuk kesana.

3. Mematuhi peraturan yang berlaku
Setiap tempat wisata termasuk candi memiliki peraturan, hal ini wajib kita patuhi sebab peraturan ini dibuat untuk membuat kondisi nyaman bagi wisatawan candi ketika berkunjung. Karena itu sebagai wisatawan yang baik, wajib untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat.

Peraturan tersebut dibuat berdasarkan kondisi yang ada, seperti berhubungan dengan daya tahan candi tersebut. Contohnya dalam sebuah candi A diizinkan untuk masuk ke bagian dalam, namun untuk candi B tidak diizinkan. Peraturan ini dibuat karena melihat candi A memiliki ketahanan yang bagus sehingga aman untuk dimasuki, namun bisa jadi ketahanan candi B rendah sehingga akan berbahaya jika dimasuki. Namun peraturan tersebut juga dibuat untuk candi yang digunakan sebagai tempat ibadah.

4. Menjaga perkataan dan sikap
Sejak zaman dulu hingga sekarang, candi masih dianggap merupakan tempat yang suci. Sebab candi masih digunakan untuk tempat beribadah, walaupun tidak semua candi. Namun, masih banyak candi yang digunakan sebagai tempat beribadah seperti Candi Borobudur, jadi ada baiknya jika kita menjaga perkataan agar tidak berbicara kotor atau kasar ketika berkunjung ke candi manapun. Begitu juga dengan sikap yang harus selalu terjaga saat mengunjungi candi. Walaupun saat ini terdapat candi yang digunakan untuk tempat wisata, namun kita wajib untuk tetap menjaga perkataan dan sikap.

Menjaga perkataan dan sikap bukan hanya untuk orang lain dan sekitarnya tetapi untuk kebaikan diri kita sendiri agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.


Note :
*Semua foto diambil dari Traveloka.com

Beberapa hal itulah yang harus kita lakukan ketika ingin berkunjung ke Candi Prambanan ya. Ingat ya, jangan melanggar apapun karena semua demi kebaikan tempat wisata dan juga demi kebaikan kita bersama juga, tentunya.

Oh ya, nantikan foto-foto saat aku saat berkunjung ke Jogja nanti di Instagram aku ya, @Rima_Angel. Ya, siapa tahu kalian ingin melihat keindahan Jogja dari jepretan tangan aku dan sekalian melihat OOTD saat berlibur kesana. Hehe ๐Ÿ˜… See ya.





LOVE,

9 Comments

  1. bagian yang aku suka dari Jogja dan Jawa Tengah itu peninggalan Hindu-Budhanya. Candi-candi cantik banyak dan culture 'Jawa' masih kental disana. Oh iya, makanannya juga murah. Hahaha. Kangen Jawa jadinya #samakamujugasih

    ReplyDelete
  2. Ah satu lagi. Jangan pernah buang air kecil sembarangan. Sangat menganggu pengunjung karena saya pernah mengalaminya. Aduhai...jagalah kebersihan dan kelestarian candi supaya tidak rusak.

    ReplyDelete
  3. Wah, selamat jalan-jalan ke Candi Prambanan ya ^^

    Btw, saya sedih banget kalau ada yang melakukan vandalisme di tempat-tempat wisata atau tempat-tempat bersejarah seperti ini ;( Semoga banyak yang sadar yak untuk bisa menahan diri agar tidak melakukan vandalisme.

    ReplyDelete
  4. Waaa ka Rima mau ke jogja? Ikut dong kak di koper wuahahhaa. Aku juga penge banget ih ke Candi ini, karena liat ootd orang disana tuh ya kece-kece banget.

    Gak sabar nih nungguin ootd kece ka rima di jogja, hihihi

    ReplyDelete
  5. Ditunggu foto-foto liburannya kak! hehe terakhir kali ke tempat bersejarah di jawa ini sekitar 3 tahun yang lalu

    ReplyDelete
  6. Suasananya romantis waktu pas aku ke Prambanan, sore-sore dan hujan baru aja teduh. Masih ada gerimis sedikit gitu. Bareng ama anak-anak SMA yang sedang tur. Bbrp pelajar cowo request berfoto dengan turis cewek yang sepertinya dari Korea dan aku cuma memperhatikan aja. Malu pen request berfoto hehe

    ReplyDelete
  7. Aku pernah kesini sewaktu ke jogja, dsn candi ini benar2 indah, bagus untuk berfoto karena tidak terlalu ramai waktu itu hehe

    ReplyDelete
  8. aku pernah ke candi prambanan ini waktu SMP kalau nggak salah. waktu itu ke candinya naik delman trus disambung ke borobudur kalau nggak salah

    ReplyDelete
  9. Info kayak gini bermanfaat banget. Semoga anak2 milenial mau membaca info seperti ini. Soalnya kalau berkunjung kemanapun harus banget ada tata kramanya yakan. Nice info!

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra ๐Ÿ’