Mengenal Skincare Lebih Jelas Beserta Fungsinya


Penjelasan mengenai skincare lebih detail dan lebih jelas untuk mudah dipahami.

Moshimoshi.. 🧚 Tulisan ini sebenarnya sudah sangat lama aku tulis dan hanya tersimpan didraft saja karena beberapa hal mengenai skincare yang ingin aku jelaskan ke kalian ada yang tidak aku mengerti juga πŸ˜… dan perlu aku cari tahu lebih lanjut.

Yeah, finally akhirnya aku selesaikan dalam bulan ini dan ini adalah tulisan kedua aku pada bulan September ini setelah pembahasan celansing balm sebelumnya ya. Kali ini aku mau membahas mengenai skincare, iya semua tentang skincare.

Read :
🌹 Review Heimish All Cleansing Balm

Kenapa aku perlu membahas ini? Karena banyak banget teman-teman aku yang masih bingung membedakan mengenai jenis-jenis skincare dan apa sebenarnya kegunaan mereka. Aku pun sudah lelah menjawab pertanyaan satu-satu dari beberapa orang, akhirnya biar mereka dan aku tidak ribet, terbuatlah postingan kali ini.

So, aku bakalan menjelaskan dari pembersih wajah sampai akhir skincare yaitu sunblock dan dari awal bangun tidur sampai tidur lagi. 🀣

Cleanser
Sekarang, aku memulainya dari pembersih wajah dan apa saja jenisnya dan kegunaannya ya.

Sebelum cuci muka menggunakan facial wash, ada beberapa step yang harus kita lalui terlebih dahulu, hal ini sangat bermanfaat untuk kulit acne prone seperti aku, dimana kulit tidak biaa kotor sedikit saja atau bekas makeup tidak boleh tertinggal sedikitpun karena hal tersebut bakal menjadi jerawat.

Nah, jadi pembersih makeup lah yang terlebih dahulu akan aku tulis disini. Pembersih makeup ini ada 4 jenis yang aku ketahui, yaitu :
  • Cleansing Oil
  • Micellar Water
  • Cleansing Balm
  • Cleansing Gel
4 hal yang aku sebutkan itu diluar dari eye & lip makeup remover ya. πŸ˜‰ Kalau eye & lip makeup remover itu, sesuai dengan namanya, mereka hanya akan membersihkan makeup di area mata dan bibir saja, kemampuan membersihkannya berbeda-beda, mulai dari yang biasa saja sampai yang paling okay. 

Sekarang, kita akan membahas pembersih muka setelah kita sudah melakukan rangkaian pembersih makeup, kali ini membahas pencuci wajahnya. Pencuci wajah ini banyak dan berbagai macam bentuknya (jika dalam penyebutan ini masih ada yang kurang, kasih tahu aku ya). 

Kita akan mulai pencuci wajah berdasarkan bentuknya, yaitu :
  • Pencuci wajah dalam bentuk sabun
  • Pencuci wajah dalam bentuk foam/busa
  • Pencuci wajah yang berbentuk gel
  • Pencuci wajah yang dalam bentuk cairan


Toner
Untuk toner ini, berbagai macam kegunaan dan tekturnya pun akan berbeda. Toner ini banyak sekali perbedaan yang satu toner dengan toner lainnya walaupun sama ya namanya yaitu toner.


Toner sesuai kegunaannya, yaitu :
  • Toner hanya sebagai penyegar
  • Toner berfungsi sebagai hydrating
  • Toner yang berfungsi sebagai penghapus sisa makeup
  • Toner yang all in one


Essence
Essence ini meresap ke dalam kulit lebih dalam sehingga kalian kalau memilih essence jangan sampai salah ya karena dia sangat mempengaruhi sekali ke kulit kita dalam artian reaksinya cepat terlihat karena essence mengandung bahan aktif yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan serum.

Untuk essence sejauh ini kalau tekstur yang aku temuin juga berbagai macam mulai dari cair banget seperti air, ada yang gel dan ada juga oil.



Serum
Serum ini, sekarang cukup banyak jenisnya juga. Dulu, waktu aku awal mengetahui serum yang aku ketahui hanya satu jenis saja yang bentuknya cair dan sedikit lengket. Sekarang, ada beberapa jenis serum, kalau tidak salah ada 4 jenis serum yang aku ketahui, yaitu :
  • Teksturnya cair
  • Teksturnya gel
  • Teksturnya oil
  • Teksturnya cair dan oil.

Serum ini fungsinya pun berbagai macam sesuai jenis kulit. Ada untuk menghidrasi kulit, memperbaiki tekstur kulit, mengeringkan jerawat sampai untuk mengontrol minyak di wajah.

Serum ini meresapnya dilapisan kulit lebih dalam dibandingkan dengan pelembab yang hanya di bagian permukaan kulit. Serum biasanya juga mengandung bahan aktif.


Ampoule
Ampoule ini katanya biasa digunakan dalam kondisi kulit yang cukup bermasalah atau dalam kondisi kulit yang bisa dianggap 'kritis' hal itu dikarenakan ampoule ini mengandung bahan aktif dengan konsentrasi yang tinggi.

Beberapa sumber mengatakan ampoule ini digunakan sebelum serum dan essence tetapi sebenarnya kembali lagi ke tekstur si ampoulenya ya.


Ampoule sendiri teksturnya pun berbagai macam. Untuk ampoulenyang pernah aku gunakan ada yang bertekstur gel tetapi saat diratakan seperti air, ada juga ampoule yang teksturnya gel tetapi lengket dan hal itu menurut aku tergantung kondisi kulit lagi ya teksturnya dibuat. So, bijaklah dalam memilih skincare.


Emulsion
Aku pribadi tidak menggunakan emulsion sama sekali bahkan aku tidak pernah sekalipun tergerak hati untuk mencoba emulsion ya karena aku merasa tidak perlu.

Emulsion ini adalah skincare yang biasa digunakan sebelum penggunaan pelembab. Emulsion sering kita lihat pada rangkaian skincare korea dan memang pada brand skincare korea lah lebih banyak ditemui si emulsion ini.

Untuk kegunaannya sendiri si emulsion ini berbagai macam sesuai dengan kondisi kulit kita masing-masing juga ya. Dan untuk teksturnya pun berbagai macam juga ya.


Moistuzer
Sesuai dengan namanya, ya dia berfungsi untuk melembabkan wajah kita. Dalam penggunaan pelembab baiknya sesuai dengan kondisi kulit ya. Jika kalian berkulit berminyak carilah pelembab dengan oil kontrol yang bagus dan juga sebaliknya.


Untuk pelembab pun teksturnya berbagai macam. Biasanya untuk kulit berminyak teksturnya gel dan untuk kulit kering teksturnya creamy. Teksturnya disesuaikan dengan kondisi kulit wajah.


Sunblock/Sunscreen
Jelas banget ya fungsi dari sunblock ini yaitu untuk menangkal atau melindungi kulit dari cahaya matahari.

Sunblock ini SPFnya berbagai macam, ada SPF 15, SPF 30, SPF 50 sampai dengan SPF 100. Untuk memilih ukuran SPF kalian bisa sesuaikan dengan kegiatan yang kalian lakukan. Jika kalian kebanyakan outdoor sebaiknya dimulai dari SPF 50.


Untuk sunblock reapply setiap 3 jam sekali ya untuk melindungi kulit kita. Cahaya matahari itu jahat dan bisa menyebabkan kanker kulit.

Untuk tekstur sendiri, sunscreen ini sekarang mempunyai teksur yang sudah beragam mulai dari gel, cream dan lainnya.


Yang aku tulis di atas, sudah sesuai dengan urutan pemakaian skincare yang biasa digunakan orang pada umumnya ya.

Aku tidak menyuruh kalian untuk menggunakan semua skincare tersebut, aku hanya ingin menjabarkan semua skincare yang aku ketahui. Kalian, silahkan menggunakan skincare yang menurut kalian cocok dan silahkan diskip untuk skincare yang tidak penting menurut kalian tetapi jangan pernah skip 3 rangkaian skincare ini, yaitu :
  • Double cleansing (membersihkan wajah dan cuci muka) 
  • Pelembab
  • Sunblock/Sunscreen
3 rangkaian skincare itu, wajib. Super duper wajib kenapa? Karena jangan pernah lupa membersihkan wajah, hal ini berakibat fatal apalagi untuk kulit acne prone, sekali saja kalian tidak membersihkan makeup dan kotoran di wajah, bakalan menimbulkan jerawat di wajah. 


Kulit harus selalu lembab baik untuk kulit super kering, kering, berminyak sampai kulit acne prone, wajib banget menggunakan pelembab. Jangan dikira kulit berminyak tidak perlu menggunakan pelembab, justru kulit ini perlu banget pelembab karena kulit berminyak kalian itu terjadi karena kulit kalian kurang kelembabannya sehingga menyebabkan produksi minyak diwajah meningkat, seandainya kulit kalian terhidrasi dengan baik maka produksi minyak kalian tidak akan 'tumpeh-tumpeh'. 🀣

Sunblock/suncreen super wajib banget karena kulit harus banget dilindungi dengan sunblock atau suncreen ini karena jika kulit terpapar sinar matahari langsung tanpa ada perlindungan maka dapat menimbulkan flek hitam, merah-merah, kerutan sampai bisa menyebabkan kanker kulit. Siapa coba yang mau kena kanker kulit, makanya mulai sekarang wajib banget menggunakan sunblock/sunscreen. 

Note :
Aku tidak membahas mengenai skincare mingguan pada postingan kali ini tetapi untuk skincare daily ya. πŸ˜‰ 

Panjang ya πŸ˜… semoga kalian tidak bosan membaca dan akan mengulangi membacanya jika ada hal yang terlupa mengenai skincare dan terakhir, semoga ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya. 😍 



LOVE,

2 Comments

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’