Akhiri Obsesi Putih

Stop Kosmetik Bermerkuri - Akhiri Obsesi Putih dalam Sekejap, Bangga dengan Warna Kulitmu! Karena cantik tak hanya untuk pemilik kulit putih. 

Moshimoshi.. 🧚 Aku hari ini mau event report lagi dong buat kalian. Di masa sekarang semua event kebanyakan online jadi memudahkan kita yang jauh ini juga untuk ikutan event. Jika biasanya event daerah ya hanya untuk daerah tersebut tetapi sekarang eventnya di Jakarta, kitanya di Banjarmasin juga tetap bisa. Ini yang menyenangkannya di masa sekarang ini. Jadi, ada plus minus nya ya keadaan sekarang ini. Menuntut serba online tetapi tetap disyukuri bagaimana pun keadaan sekarang ini.

Event report yang mau aku beritahukan ini adalah event report dari CosmeTalk yang kedua bersama dengan BPOM RI yang aku ikuti beberapa hari lalu. Event ini berlangsung via zoom meeting pada hari Jumat, 23 Oktober 2020 jam 09.30 WIB ya. Tema yang diusung kali ini sangat menarik yaitu "Stop Kosmetik Bermerkuri - Akhiri Obsesi Putih dalam Sekejap, Bangga dengan Warna Kulitmu!"

Akhiri Obsesi Putih

Pada event kali ini, cukup banyak pengisi acaranya dengan berbagai bahasan yang sangat menarik tentunya. Event kali ini dipandu oleh host bernama Shafira Umm yang berwarna kulit coklatnya sungguh eksotik. 😍 Lalu kemudian ada pengisi acara Asmara Abigail yang kulitnya juga tak kalah cantiknya. Perwakilan dari cowok ada Rayi Ran, hal inj biar kita tahu mengenai pandangan kulit cantik di mata cowok.

Pengisi acara lainnya yang tentu saja tak kalah penting adalah Dr. Penny K. Lukito, MCP dari Kepala Badan BPOM RI, dr. Listya Paramita, sp.KK yaitu Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dra. Reri Indirani, Apt., M.Si dari Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik dan Analisa Widyaningrum sebagai Psikolog. Pengisi acara yang benar-benar mumpuni dibidangnya ya ini. 

Kita mulai ke bagian acaranya, pada saat acara dimulai host menanyakan mengenai warna kulit kepada Asmara dan juga Rayi. Menurut Rayi mempercantik diri itu boleh saja dan sah-sah saja karena memang kita perlu merawat diri kita dan hal tersebut memang dilakukan tetapi bukan untuk membuat kulit kita Putih. Perempuan itu bisa cantik dengan tindakan yang dia lakukan seperti menjaga kesehatan badannya, fokus pada talent yang dia miliki, merasa nyaman denhan diri sendiri dan berfokus pada hal-hal positif seperti itu. Perempuan cantik itu juga perempuan yang punya intelegent dan nyambung diajak berbicara karena kecantikan itu luar - dalam. Kecantikan dan kegantengan akan hilang suatu saat nanti, yang dicari dipasangan itu cantik dari dalam, nyaman saat menghabiskan waktu bersama berdua dan kecantikan tersebut jelas tidak akan pudar. Untuk warna kulit, di Indonesia jelas beragam adanya dengan kecantikannya masing-masing. 

Akhiri Obsesi Putih

Asmara sendiri bilang untuk pembullyan warna kukit tidak ada dia rasakan dari lingkungan keluarganya tetapi lebih pada saat dia mulai memasuki masa sekolah dengan stigma kulit putih itu cantik tetapi karena benteng diri kuat dengan keluarga yang bilang kulit dia cantik, jadi hal tersebut tidak begitu masalah bagi dia. Asmara bahkan bilang di Itali, kulit tanning pada saat di luar musim summer dianggap orang yang ekonomi mampu karena orang tersebut dianggap bisa liburan keluar negeri. Nah, begitu diapresiasi ya diluar sana warna kulit gelap. Kita juga dong harusnya mencintai berbagai warna kulit yang ada di Indonesia. 

Pembahasan selanjutnya adalah pembahasan mengenai pendapat dari MUA, beauty vlogger dan influencer mengenai tips kecantikan. Mereka bilang untuk terlihat cantik di kulit sawo matang adalah dengan menggunakan makeup sesuai dengan warna kulit seperti memilih warna blush on denhan warna coral, warna coklat, warna natural dan earty tone. Kemudian gunakan skincare yang tepat untuk kulit kita, pastinya gunakan produk yang aman. Ada banyak cara menjadi cantik, selain warna kulit putih. Mari cintai warna kulitmu. 

Akhiri Obsesi Putih

Selanjutnya ada informasi dari Kepala Badan BPOM RI yaitu Dr. Penny K. Lukito, MCP yang menyatakan masih banyaknya ditemukan kosmetik bermerkuri pada saat ini karena ada suplei pasti karena ada demand juga, hal ini karena stigma warna kulit putih tadi. Sekarang sudah ada peraturan untuk pengurangan dan penghapus merkuri karena merkuri sangat berbahaya bagi tubuh kita. Hal ini sudah ada programnya dan tentu saja perlu bantuan dari berbagai lembaga. 

Akhiri Obsesi Putih

Informasi sangat penting juga diberikan oleh Dra. Reri Indirani, Apt., M.Si sebagai Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik. Beliau mengatakan warna kulit gelap itu bagus terhadap perlindungan dari sinar UV karena tingginya pigmen melanin. Di luar negeri untuk orang berkulit putih tinggi persentase terjadinya kanker kulit karena pigmen melanin kulitnya kurang banyak dibandingkan kulit sawo matang. sehingga banyak dari mereka yang suka tanning kulit. Ingat ya, beliau juga mengatakan Inner beauty itu paling utama, bukan obsesi untuk menjadi kulit putih. 

Akhiri Obsesi Putih

Sesi dari dr. Listya Paramita, sp.KK yaitu Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin membahas mengenai bahaya merkuri. Merkuri mempunyai efek jangka panjang dan efek jangka pendek. Efek merkuri yang terjadi terhadap ibu hamil adalah janinnya yang bisa mengalami kecacatan. 

Kemudian dibahas juga bahwa kulit itu mempunyai 6 warna kulit berdasarkan pigmen melanin, yaitu :
  1. Caucasian
  2. Caucasian Mediteranian
  3. Caucasian & Chinese
  4. Malay
  5. Indian
  6. Negroid

Warna kulit itu datangnya dari faktor genetik dan hal tersebut tentu tidak bisa dirubah. Warna kulit itu terbentuk dari sel penghasil warna kulit yaitu pigmen melanin. Pigmen melanin terbagi menjadi 3, yaitu eumelanin, pheomelanin, dan neuromelanin. Untuk pemilik kulit sawo matang, warna pigmen melaninnya memang cenderung berwarna coklat dan gelap sehingga menghasilkan warna kulit sawo matang karena tingginya pigmen Eumelanin.

Kulit sawo matang atau yang memiliki kulit gelap, mereka memiliki SPF alami atau proteksi alami dari dalam tubuhnya karena tingginya melanin yang mereka miliki. 

Tips terakhir yang ingin mencerahkan warna kulit, bukan memutihkan warna kulit adalah dengan menggunakan produk pencerah DAN gunakan skincare yang aman (sudah BPOM). Untuk menjaga kecantikan kulit adalah dengan jam tidur yang cukup, olahraga, konsumsi air putih. Jadi, melakukan perawatan itu harus dari dalam dan luar tubuh ya karena bentuk rasa syukur kita terhadap diri kita adalah dengan merawatnya. 

Akhiri Obsesi Putih

Menurut Analisa Widyaningrum sebagai Psikolog Media juga berperan menyebarkan stigma cantik itu harus putih sehingga masyarakat termakan oleh hal tersebut. Mengenai hal seperti ini, dukungan dari keluarga itu paling penting. Stigma itu terbagi menjadi 2 yairu stigma yang datangnya dari luar seperti dari media tadi, ejekan dari teman atau dari keluarga dan stigma yang datang dari internal yang datangnya dari dalam diri sendiri seperti merasa insecure dan dia merasa direndahkan karena berbeda dari orang di lingkungan sekitarnya. 

Stigma itu bisa dibentengi dengan 3 hal, yaitu :
  1. Belive System seperti pernyataan keluarga bahwa apapun warna kulit itu cantik dan jangan bandingkan anakmu dengan orang lain.
  2. Experiece atau pengalaman yang terjadi di dalam hidupnya. 
  3. Knowledge, mengenai pengetahuan dia bahwa cantik itu tidak harus memiliki kulit putih. 

 Jadi, mari bersyukur dengan apa yang sudah diberikan Tuhan terhadap kita dan berbagialah serta mulai produktif. 

Akhiri Obsesi Putih
Display Kosmetik Aman dari BPOM RI

Kemudian ada sesi kita diperlihatkan produk-produk lokal yang sudah ada BPOM dan dari bahan-bahan alami yang ada di Indonesia. Aku sendiri mengenali beberapa produk tersebut dan produk lokal tersebur bahkan terjangkau untuk kantong kita lho. Ingat ya gunakan produk yang sudah lulus BPOM biar terjamin keamanannya. 

Sesi terakhir kembali ke Asmara dan Rayi lagi untuk pentingnya menjaga kecantikan versi mereka. Menurut Asmara kecantikannya dijaga dengan menggunakan produk yang organik, bisarecycle, sunscreen dan menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan oil. Rayi sendiri lebih suka menjaga hal tersebut dari dalam seperti banyak minum air putih. 

Jangan lupa diingat untuk cintai diri sendiri dan lingkungan serta menjadi konsumen cerdas dengan cek ingredients sebelum membeli produk dan cek KLIK. Cek KLIK yaitu cek Kemasan, Label, Ijin Edar dan Kasaluarsa suatu produk. 

Akhiri Obsesi Putih
Foto bersama secara virtual

Sesi terakhir adalah foto bersama secara virtual. Sampai ketemu di event selanjutnya dengan para teman-teman blogger yang seru dan sampai ketemu di event report selanjutnya ya buat kita. 😘




LOVE,
Rima Angel