Fbb

FBB 4th Year Anniversary - Unstoppable Creation, ulang tahun komunitas blogger perempuan di Banjarmasin itu seru, berlimpah hadiah dan juga mendapatkan ilmu baru mengenai blog dan Instagram.

Moshimoshi.. 🧚 Beberapa hari yang lalu komunitas tercinta aku dan blogger yang berada di Banjarmasin baru saja mengadakan ulang tahun pada hari Minggu, tanggal 11 Oktober 2020 yang berlokasi di Fave Hotel Banjarmasin, lebih tepatnya di ruang meeting room hotelnya dan diadakan secara live juga di zoom, dimana acaranya dimulai pada jam 10.00 WITA ya. Ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin yang ke 4 kali ini bertemakan Unstoppable Creation yang dimana artinya kita tidak berhenti berkreasi sekali pun lagi dalam masa pandemi seperti sekarang ini ya. 

Read
🌹 Event Report FBB 3rd Year Anniversary

Event Report kali ini agak berbeda dari sudut pandang teman-teman yang lainnya yang mengkuti ultah Female Blogger of Banjarmasin secara virtual melalui zoom karena aku sendiri berhadir di lokasinya langsung tetapi juga tentu tetap mengikuti zoom untuk terhubung dengan teman-teman blogger lainnya beserta dengan nara sumbernya juga yang tentu saja bukan orang Banjarmasin ya, melainkan dari pulau lainnya.

Aku sendiri sudah berada di lokasi yaitu Fave Hotel Banjarmasin pada jam 09.00 WITA ya dan melihat teman-teman mempersiapkan diri untuk event online ini. Tidak hanya aku saja tentunya yang berada di lokasi ini ya tetapi beberapa teman blogger lainnya yang juga berkesempatan hadir di lokasi yang tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan dan juga menggunakan masker.

Hadir 1 jam sebelum event di mulai tentu membuat aku mempunyai waktu lebih bersama teman-teman yang hadir di lokasi. Kami memutuskan untuk wefie bersama karena jelas di pagi hari makeup masih bagus dan rapi ketimbang ketika event selesai pasti sudah rusuh. 😅 Oh ya, kami melepaskan masker hanya untuk berfoto saja ya, selebihnya aku menggunakan masker kembali.

ultah fbb

ultah fbb

Oh ya, ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin kali ini, didukung oleh 9 sponsor dan 1 media partner ya, mereka adalah :
  1. Mirabella Cosmetics
  2. Gloskin Banjarmasin
  3. Fave Hotel Banjarmasin 
  4. Clean Well Banjarmasin
  5. Tupperware Palma Tika Raya
  6. Kebabblasan Banjarmasin
  7. Summer Bed and Breakfast
  8. Ambeer.Le Hijab
  9. 57 Kitchen
*Media partner yaitu My Radio Banjarbaru.

Event dimulai sekitar jam 10.00 WITA dimana para pengurus Female Blogger of Banjarmasin sudah berada di meeting room zoom dan semua beserta sudah mulai masuk di meeting room ya. Setelah semua peserta masuk meeting room, event ini dimulai dengan pembawa acara pada hari itu adalah pengurus FBB yaitu mbak Tri.

Sebelum semua peserta masuk, yang berhaadir di lokasi awalnya berada di ruangan meeting room Fave Hotel memutuskan untuk keluar ke cafe mereka yaitu di Intro Bistro dan aku sendiri memutuskan untuk duduk di pojokan dan sendirian agar bisa lebih fokus mendengarkan narasumber nantinya, selain itu juga tentunya untuk mengikuti protokol kesehatan untuk jaga jarak.

female blogger of banjarmasin

Event dimulai dengan menampilkan video dari beberapa sponsor untuk ulang tahun FBB kemudian dilanjutkan ucapan pembuka dari Ketua FBB pada tahun ini yaitu ka Putri dan dilanjutkan dengan ucapan kesan pesan dari salah satu Founder FBB yaitu mbak Ruli Retno. Kemudian aku, ya hanya mendengarkan mereka 😂 soalnya headset aku terlepas jadi tidak kesan mengucapkan apapun 😜*alasan emang aku tuh soalnya anak balik layar, tidak cocok untuk tampil di depan banyak orang. Haha

Lanjut ke event FBB 4th Year Anniversary - Unstoppable Creation yang kemudian diisi oleh narasumber mas Irwin dengan tema Fundamental SEO On-Page. Hal ini agar kita seagai komunitas blogger perempuan atau blogger perempuan itu sendiri tetap melek dengan SEO, setidaknya kita mengenal dasar-dasar dari SEO itu sendiri terlebih dahulu ya.

Sekarang kita kenalan terlebih dahulu dengan pemberi materi kali ini, kata orang kalau tak kenal maka tak sayang bukan, makanya kita kenalan terlebih dahulu. Mas Irwin atau nama lengkapnya Irwin Adriyanto, beliau adalah Founder & Owner dari Tangerang Digital. Blog beliau sendiri bisa kalian lihat di masirwn.com ya. 

female blogger of banjarmasin
Mas Irwin ketika memberikan materi

Materi yang dibahas sesuai dengan judul yang diberikan, maka yang dibahas kali ini adalah SEO mulai dari pengertian SEO sampai hal mendasar lainnya mengenai SEO ya. 

SEO sendiri artinya adalah tindakan atau praktik untuk kita mengoptimalkan blog atau website yang kita punya. 

Parameter SEO itu ada 5 menurut mas Irwin, yaitu :
  • URL
Ternyata pada URL itu maksimalnya hanya 75 karakter dan itu termasuk http atau https sama nama blog kita. Ini sungguh hal baru yang aku krtahui, selama ini kita bikin url asal-asalan aja ya, maksudnya tidak ada masalah sepanjang apapun url-nya ternyata ada maksimalnya juga. 

  • Tittle
Sama halnya dengan url ternyata judul juga ada maksimalnya lho dan maksimal dari judul itu hanya 51 karakter saja yang mana didalamnya tentu saja sudah ada keyword yang kita mau. 

  • Description
Pada deksripsi ternyata keyword itu harus diulang 2x, aku selama ini cuma 1x saja. 🙈 Si deksripsi juga punya maksimla panjangnya yaitu cuma 155 karakter saja ya tetapi setahu aku, di blogspot ini, meta deksripsi dibatasi sendiri oleh mereka jadi memang tidak bisa panjang ya. 

  • Heading
Nah, ini aku yang benar-benar mis karena memang tidak pernah mencek h1 atau heading awal dan heading itu harus berurutan. Pastikan h1 itu hanya ada 1 saja di dalan blog kita dan ada keyword dalam h1 ini ya. 

  • Image
Sudah pasti image aku yang sering aku upload tidak lolos untk SEO karena selalu awur-awuran. 🙈 Image itu harus diberi judul juga yang sesuai lho dan tentu saja resolusinya jangan kebesaran agar tidak membuat blog kita loading terlalu lama ya. 🙏🏻

Dari ke 5 parameter SEO tersebut yang paling jarang aku cek atau ubah namanya itu adalah Heading, jadi aku tidak tahu apakah blog aku ini benar H1-nya atau tidak. Kemudian pada Image, aku sama sekali jarang sekali membenarkan image yang aku upload mulai dari resolusinya yang besar sampai penamapaan gambar sendiri, sering aku abaikan 😔 padahal sebenarnya dari dulu aku sudah cukup tahu mengenai hal ini. Jadi, mari kita kedepannya membenarkan apa yang kurang menjadi lebih baik ya karena sudah belajar dari dasar-dasarnya SEO dari mas Irwin. 

Selesai dari pembahasan SEO bersama dengan mas Irwin dan sebelum dilanjutkan dengan narasumber selanjutnya, FBB banyak bagi-bagi doorprize dong kepada para membernya. Ulang tahun FBB yang benar-benar penuh dengan kemeriahan hadiah, berkat dari sponsor. 😘

Di tengah isitirahat dan FBB membagikan berbagai hadiah, aku sendiri sekalian makan dan minum di Instro Bistro Cafe. Aku memesan Nasi Goreng Instro Bistro dan Chocolate Milshake, sungguh lah nasi goreng mereka inni porsinya jumbo seperti untuk 2 orang dengan harga yang cukup affordable bagi aku dan semua minuman mereka dengan harga 20k saja. 😍

fave hotel

Narasumber selanjutnya adalah mas Niko Julius, disini kita membahas mengenai Instagram yang tentunya tak kalah penting juga dengan blog ya. Tema dari pembahasan Instagram dari mas Niko adalah Optimalisasi Instagram untuk Blogger. Nah, pembahasan yang ditunggu-tunggu karena memang akhir-akhir ini Instagram selalu kita gunakan untuk media promosi jika ada tulisan terbaru kita di blog.

Sekarang kita kenalan dahulu dengan pemberi materi kedua kita ya, nama lengkap dari mas Niko adalah Niko Julius. Beliau adalah seorang pengusaha muda dan juga entrepreneur serta founder dari nikojulius.com. Beliau ini ternyata orang Banjarmasin juga lho dan baru pindah ke Surabaya setelah lulus SMA. SMA beliau di Banjarmasin itu di Smaven, hayoo yang lulusannya sama merapat ke beliau biar dapat ilmu hehe *eh yang bukan sama lulusannya juga boleh ah dapat ilmu dari beliau ya kayak kita hari ini. 

female blogger of banjarmasin
Mas Niko ketika memberikan materi

Sebagai blogger instagram itu berfungsi untuk kita mempromosikan postingan blog kita, begitu kan fungsi instagram kita sekarang. Nah, mas Niko memberitahukan kita untuk materi blog yang kita punya itu dicacah atau dibagi-bagi beberapa bagian untuk kita posting ke Instagram dalam bentuk image atau video.

Untuk upload konten sendiri ke instagram itu ada beberapa, mulai dari single image, carousel, video, igtv dan nanti ada fitur baru lagi 1 ya kalau tidak salah. Nah, hal ini sebelum kita upload misal dengan hestek #beautybloggerindonesia itu banyak orang upload konten dengan single image maka kita juga harus mengikuti seperti itu, harus menyesuaikan dengan yang ada. 

Ngomongin hestek, ternyata hestek yang efektif di IG itu hanya ada 15 hestek dan kita sendiri tidak bisa bergantung hanya dengan hestek saja tetapi harus dengan tampilan konten kita yaitu visual yang kita tampilkan entah itu image atau video agar orang tidak cepat berpindah atau scroll ke konten yang lain jadi harus menarik dari segi visual ya kontennya, untuk caption sendiri hanya sepersekian persen pentingnya di dalan instagram berbeda dari di blog jadi buat konten visualnya harus semenarik mungkin. 

Mas Niko juga mengatakan feed rapi sebenarnya tidak terlalu penting untuk instagram karena konten yang ditampilkan instagram itu adalah foto satu-satu gitu yang kita upload, bukan menampilkan keseluruhan foto kita tetapi bagi yang mau merapikan feed instagramnya, hal tersebut sah-sah saja tetapi yang paling penting tetap pada isi konten yang menarik untuk dilirik orang lain. 

Kemudian pada bertanya mengenai algoritma instagram, mas Niko hanya bilang bahwa sesungguhnya algoritma instagram hanya 2x berganti sepanjang mereka meluncurkan instagram. Hayoo lho, siapa yang sering bertanya-tanya kenapa konten sepi bla bla apakah algoritma instagram berubah lagi atau bagaimana, ternyata tidak berubah. Ternyata algoritma instagram yang sekarang itu membuat foto yang ditampilkan di timeline kita itu adalah foto-foto dengan konten teratas yang disukai sehingga mereka lah yang akan sering muncul dan konten kita tenggelam, memang seperti itu algoritma instagramnya dan tidak berubah semenjak mereka merubahnya seperti itu, kalau dahulu kan yang paling atas adalah konten yang paling baru di upload kemudian berubah menjadi seperti yang aku bilang tadi dan setelahnya tidak ada perubahan lagi dari algoritma instagram ya. Sejauh ini, paham kan ya. 

Ini benar-benar pembahasan yang sungguh menarik dari kedua narasumber pada saat ulang tahun komunitas blogger perempuan, FBB kali ini ya. Aku sendiri jadi banyak belajar hal baru dengan ilmu baru yang mereka berikan ini. So happy tentunya. 😍 Rugi banget rasanya bagi yang tidak mengikuti ulang tahun FBB kali ini. 😝

Selesai pembahasan dari kedua narasumber ini, FBB bagi-bagi hadiah lagi dong. Sungguh hadiah yang berlimpah di tahun ini untuk para member FBB ya karena ada berbagai kategori pemenang untuk doorprize di mulai dari member yang aktif bertanya, member yang dapat menjawa tebak-tebakan santai sampai member yang dapat menjawab pertanyaan dari narasumber sebagai pengingat bahwa mereka menyimak materi dengan benar-benar.

Sebelum ditutupnya acara ada informasi dari Fave Hotel mengenai ruangan mereka yang bisa digunakan oleh kalian untuk pernikahan dengan berbagai harga dan diskon lalu Intro Bistro Cafe yang bisa kalian gunakan untuk catering makan siang kalian dan berbagai promo lainnya dari Fave Hotel Banjarmasin.

Acara benar-benar di tutup dengan semua pengurus dan member yang hadir di meeting room zoo untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan kita bersama yang mengikuti FBB 4th Year Anniversary - Unstoppable Creation.

female blogger of banjarmasin
female blogger of banjarmasin

Untuk para member yang berhadir di lokasi langsung tentunya membawa pulang goodie bag dari Mirabella yang berisikan two way cake, liquid lipstick matte dan colorfix lipstick selain makeup tentu saja juga ada tumbler dari Fave Hotel Banjarmasin. Untuk goodie bag dari Mirabella ini nanti akan aku review secara sendiri ya. Untuk member yang tidak hadir di lokasi, tetapi hadir di meeting room zoom tentu saja juga akan mendapatkan goodie bag tersebut yang nantinya akan dikirimkan pengurus ke rumah masing-masing member. Yeah. 💖


ultah fbb

Aku mau memberitahu kalian juga, selama berdiri FBB selama 4 tahun, ada beberapa event yang sudah aku hadiri berkat Female Blogger of Banjarmasin. Event-event tersebut adalah :

FBB 4th Year Anniversary - Unstoppable Creation selain seru, berlimpah hadiah, tentunya juga mendapatkan ilmu baru mengenai blog dan Instagram. Terima kasih untuk semua pengurus, member, sponsor dan narasumber yang sudah bersedia mengisi acara untuk ulang tahun FBB ya. Semoga komunitas blogger perempuan tercinta kita ini, FBB akan terus menjadi lebih baik, lebih bagus, lebih besar dan lebih segalanya ya buat kedepannya. 😍 Aamiin. 🤲🏻




LOVE,
Rima Angel