Ini 7 cara pemakaian serum yang salah, membuat serum menjadi tidak ada manfaatnya.

Moshimoshi.. 🧚 Aku kembali lagi, masih dengan bahasan skincare dong dan belum ada review tetapi tenang aja dalam waktu dekat ini bakalan ada review kok tentang skincare jerawat dan beberapa skincare juga ada yang aku review hanya di feed dan IGs Instagram @rima_angel saja tanpa di blog ya jadi yang mau tahu silakan follow IG tersebut juga ya. 😉

Jika kemarin bahas kandungan skincare yang bagus untuk kulit seperti hyaluronic acid, kali ini khusus serumnya ya. Jadi, yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai pemakaian serum yang salah.

Sebagai pengguna setia produk kecantikan, kamu tentu tahu benar bahwa pemakaian serum wajah merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang glowing. Sayangnya, banyak yang hanya sekadar tahu manfaatnya, tanpa tahu bagaimana cara mengaplikasikannya dengan tepat. Agar tak salah lagi, yuk hindari 7 cara pemakaian serum wajah yang salah berikut ini.

1. Langsung Menggunakan Serum Tanpa Mencuci Wajah
Serum merupakan salah satu  bagian dari skincare routine yang kamu lakukan setiap harinya. Maknanya, ada aktivitas lain yang harus kamu lakukan, sebelum atau mungkin sesudah mengaplikasikan serum. Tahapan penting dan yang paling pertama sekali dilakukan adalah membersihkan wajah.


Kulit wajah yang telah bersih dari minyak berlebih serta noda, akan membuat serum yang kamu aplikasikan mudah untuk diserap oleh kulit wajah. Sebaliknya, mengaplikasikan serum serta produk kecantikan lainnya di permukaan kulit wajah yang masih dipenuhi noda, akan memicu  munculnya masalah kulit seperti jerawat.

2. Mengaplikasikan Pelembap Sebelum Serum
Bagaimana biasanya urutan kamu dalam mengaplikasi pelembap atau moisturizer dan serum? Apakah serum terlebih dahulu atau malah pelembap terlebih dahulu? Jika selama ini kamu mengaplikasikan pelembap terlebih dahulu, lalu baru memakai serum, maka pantas saja serum yang digunakan tak memberikan hasil yang diharapkan.

Pengaplikasian pelembap sebelum menggunakan serum, akan membuat serum sulit untuk diserap atau masuk ke dalam lapisan kulit. Alhasil, serum tak akan bekerja dengan sebagaimana mestinya. Pakailah serum terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan pelembap, sehingga kandungan penting yang terdapat di dalam serum bisa meresap ke dalam kulit wajah.

3. Asal dalam Menentukan Dosis Serum yang Dipakai
Tahukah kamu bahwa dalam memakai serum, ada dosis yang harus kamu ikuti? Cara pemakaian serum dengan satu hingga 2 tetes saja sudah cukup untuk sekali penggunaan. Jangan kira semakin banyak kamu menggunakan serum, maka akan semakin cepat efeknya dirasakan. Kebiasaan seperti ini, hanya akan merugikanmu karena membuat serum kamu jadi lebih cepat habis.


4. Tak Rutin dalam Memakai Serum
Seberapa sering kamu mengaplikasikan serum ke kulit wajah? Apakah sekali sehari atau mungkin malah hanya sekali dalam seminggu? Perlu kamu ketahui bahwa pemakaian serum wajib hukumnya dalam skincare routine-mu setiap harinya. Kamu bisa gunakan serum 2 kali, yakni 1 kali di pagi hari dan 1 kali lagi di malam hari.

Penggunaan serum yang tak rutin, semaunya saja atau bahkan seminggu sekali, tak akan bisa mendatangkan efek seperti kulit wajah yang sehat dan glowing. Perlu kamu ingat bahwa serum sifatnya bukan untuk treatment atau obat, layaknya krim jerawat, namun untuk perawatan kulit wajah.

5. Menggunakan Serum yang Tak Sesuai dengan Kondisi Kulit
Sebelum menggunakan serum, kamu perlu mengetahui dulu kondisi dan kebutuhan kulit wajahmu. Dengan begini, kamu bisa memilah dan memilih, serum mana yang kandungan cocok untuk diaplikasikan ke kulit wajahmu. Serum dengan kandungan yang tepat, tentunya akan mendatangkan efek yang sesuai dengan keinginanmu.

Sayangnya, saat ini banyak orang yang latah alias sekadar ikut-ikutan membeli serum tertentu, hanya karena serum tersebut sedang viral. Serum yang cocok di kulit wajah orang lain, bukan berarti juga pasti akan cocok di kulit wajahmu. Untung jika masih tak berefek, kalau misalnya malah menimbulkan breakout atau minyak berlebih, tentu akan merugikanmu.


6. Menjadikan Serum Sebagai Pengganti Pelembap
Tak sedikit orang yang memilih untuk tak menggunakan pelembap, dengan alasan serum yang digunakannya sudah melembapkan kulitnya. Anggapan ini tentu saja salah. Dari kandungan yang dimilikinya, serum dan pelembap memiliki keunikan tersendiri, sehingga tak bisa jadi pengganti satu sama lain. Jadi, jangan heran jika serum tak memberikan efek, jika tak pakai pelembap setelahnya.

7. Memijat Kulit Wajah Setelah Mengaplikasikan Serum
Tahukah kamu bahwa cara paling tepat untuk mengaplikasikan serum adalah dengan menggunakan ujung-ujung jari? Walau memang kelihatan estetis, namun meneteskan serum langsung ke kulit wajah melalui pipetnya sama sekali tak disarankan. Apalagi jika kamu memilih untuk memijat permukaan kulit wajah saat mengaplikasikannya.

Serum kaya akan bahan aktif yang akan bisa meresap ke kulit dengan mudah. Oleh sebab itu, tak perlu kamu pijat wajah untuk memastikan serum tersebut cepat diserap oleh kulit wajah. Cukup tepuk-tepuk lembut permukaan kulit wajah, setelah kamu mengaplikasikannya. Dengan begini, bahan aktif dalam serum akan bisa lebih efektif bekerja.  

Percuma saja bukan jika kamu sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli serum, namun tak memberikan efek yang diinginkan? Oleh sebab itu, pastikan dengan benar bahwa kamu sudah menghindari cara pemakaian serum yang salah, seperti yang disebutkan di atas. Jadikan serum yang kamu beli bermanfaat, dengan menggunakannya secara tepat.





LOVE,