Rahasia dan Manfaat Temulawak untuk Kesehatan


Apa saja sih rahasia dan manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh kita? Yuks sini aku kasih tahu. 😚

Moshimoshi.. 🧚 Pagi, kali ini aku ingin menulis mengenai kesehatan. Iya, sesekali share mengenai kesehatan, juga penting kan ya hal ini untuk kita semua. Tidak hanya mempercantik diri, tetapi terjaganya kesehatan jauh lebih penting. Yang akan kita bahas kali ini adalah rahasiabdan manfaat mengenai temulawak. 

Hidup sebagai orang Indonesia, negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya pasti membuat kita tidak asing dengan salah satu tanaman tradisional yang sudah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan obat-obatan yakni temulawak. Atau mungkin kalian adalah salah satu dari sekian banyak orang-orang yang masih mengkonsumsi obat ramuan herbal atau yang lebih dikenal dengan nama jamu.

Temulawak adalah salah satu jenis tanaman jamu yang biasanya diolah oleh mereka yang telah memiliki pengalaman sebelumnya untuk dijadikan sebagai obat-obatan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan manfaat temulawak pastinya tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan satu penyakit saja, namun juga ada banyak penyakit yang kabarnya bisa disembuhkan dengan menggunakan temulawak.


Temulawak adalah salah satu jenis tanaman yang masuk dalam kategori temu-temuan yang sudah banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk obat tradisional. Dan tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman yang banyak sekali ditemukan di beberapa wilayah tropis misalnya seperti di Indonesia dan juga biasanya akan tumbuh subur di tanah yang gembur. Dan apabila kalian tertarik untuk membuat obat tradisional dengan menggunakan temulawak jelas mudah sekali dan tidak perlu beberapa langkah yang cukup rumit untuk mengolah temulawak menjadi obat tradisional.
 
Temulawak adalah salah satu jenis tanaman yang sangat terkenal dan memiliki kandungan kurkumin yang membawa banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Tetapi selain memiliki kandungan kurkumin, ternyata temulawak juga memiliki kandungan lainnya yang juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia, yakni seperti minyak atsiri dan juga zat tepung.

Penasaran dengan apa saja manfaat temulawak yang sangat bagus untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa penjelasannya, yaitu :
Mengatasi masalah saluran pencernaan
Sudah menjadi rahasia umum jika temulawak memiliki khasiat yang sangat bagus untuk mengatasi masalah pencernaan. Jadi memang temulawak bisa digunakan untuk perut yang kembung karena adanya banyak gas yang disebabkan oleh berbagai macam zat yang membuat perut menjadi begah dan tidak nyaman. Temulawak memiliki kandungan sifat antioksidan yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas yang bisa berdampak pada mukosa lambung.


Mencegah diabetes
Temulawak memiliki kandungan kurkuma yang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi masalah anti peradangan dan bisa mencegah seseorang untuk terkena penyakit diabetes. Selain itu, ternyata temulawak juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah obesitas dan bisa digunakan untuk menstabilkan gula dalam darah. Dengan begitu maka tubuh bisa menjadi lebih sehat. Karena jika gula dalam darah tinggi maka bisa memicu munculnya penyakit diabetes yang sangat berbahaya bagi tubuh.
 
Menyehatkan hati
Temulawak selain bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tersebut yang sudah disebutkan di atas, temulawak juga bisa digunakan untuk salah satu obat membuat hati semakin sehat. Temulawak memiliki kandungan zat yang aktif untuk mencegah radikal bebas yang bisa menyerang hati dan membuat hati menjadi luka dan muncul beberapa penyakit seperti stress oksidasif.


Di atas adalah beberapa penjelasan tentang manfaat temulawak yang bisa kita jadikan sebagai obat-obatan tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sejauh ini memang meski obat tersebut tergolong sebagai obat tradisional dan herbal, namun jika sebelumnya kalian memiliki riwayat penyakit kronis alangkah lebih baik konsultasikan dengan dokter ya.

Jika dokter mengizinkan maka pilihan yang terbaik adalah Herbana yang merupakan produsen jamu herbal yang bisa kalian jadikan pilihan karena juga menyediakan ramuan dan obat dari temulawak. Sangat mempermudah kita mengkonsumsi temulawak tanpa membuatnya terlebih dahulh atau tanpa meraciknya terlebih dahulu karena sudah ada dalam bentukan kemasan pada Herbana.

source : website herbana

Semoga tulisan mengenai rahasia dan manfaat temulawak untuk kesehatan ini bisa membantu kalian ya. 😉 Sampai ketemu ditulisan aku lainnya mengenai kesehatan. 




LOVE, 

Post a Comment

0 Comments