Healing OYMPK & Penyandang Disabilitas

Oympk

OYMPK dan penyandang disabilitas perlu healing adalah dengan meditasi, journaling dan mengembalikan rasa percaya diri.


Moshimoshi.. 🧚 Setelah lama banget rasanya tidak mengikuti hal yang berbau seminar atau zoom meeting yang menambah ilmu, akhirnya kali ini menonton siaran live YouTube dari KBR yang bertemakan "Pengaruh Chilling dan Healing untuk OYPMK dan Penyandang Disabilitas" yang menambah ilmu pengetahuan baru buat aku.

Aku menonton live YouTube KBR ini pada hari Kamis, Tanggal 15 Desember 2022. Materi diisi oleh Dona Swita - Executive Director Institute of Women Empowerment (IWE) dan Ardiansyah - OYPMK & Wakil Ketua Konsorsium Pelita Indonesia. Adanya Ardiansyah sebagai OYPMK, bisa memberikan banyak ilmu mengenai OYPMK dan beliau sangat menginspirasi. 

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai pembahasan yang dibahas saat aku menonton live YouTube dari KBR, disini aku ingin menjelaskan terlebih dahulu, poin-poin dari judul tersebut agar kalian pahami seperti chilling, healing, OYPMK dan penyandang disabilitas itu sendiri agar saat kita masuk dalam pembahasan, kalian yang membaca sudah lebih mengetahui pengertian dari mereka. 

Pengertian Chilling, Healing, OYPMK & Disabilitas

Sekarang aku akan bahas Chilling. Chilling sendiri kalau dalam Bahasa Inggris artinya adalah santai atau dingin, tetapi yang dipembahasan kali ini yang dimaksud dari chilling-nya adalah santai tadi. Ada chilling time berarti waktunya bersantai dan ada juga chill out yang artinya rileks.

Oypmk

Healing ini sudah sangat terkenal sekali sekarang di masyarakat kita ya. Dimana mereka artikan healing itu adalah berlibur/liburan. Arti healing sebenarnya dalam bahasa Inggris adalah penyembuhan/pengobatan dan ini lebih kearah orang yang mempunyai penyakit mental atau kejiwaan. Tetapi dipembahasan kali ini pun, healing yang dimaksud ada untuk kedua hal tersebut, untuk penyembuhan dan seperti yang digunakan kekinian yang lebih untuk berlibur juga. 

Disini ada yang sudah tahu kepanjangan OYPMK? Aku rasa tidak semua orang mengetahui kepanjangan OYPMK ya karena saat sebelum mengikuti live dari KBR, beberapa hari sebelumnya pun aku tidak mengetahui dan mencari tahu terlebih dahulu baru mengikuti live dari KBR. So, OYPMK adalah Orang Yang Pernah Mengalami Kusta. 

Penyandang disabilitas sendiri adalah orang yang mengalami keterbatasan fisik,  intelektual, mental dan sensorik. Karena disini yang dibahas adalah mengenai OYPMK, berarti disabilitas yang disebabkan oleh penyakit kusta tadi ya dan lebih ke arah fisik. 

Penyakit kusta bisa menyebabkan disabilitas dalam bentuk fisik seperti jari menekuk, kaku, dan tidak bisa diluruskan serta kelopak mata yang tak bisa berkedip. Hal ini membuat orangnya tidak percaya dan terkena mental sehingga perlunya healing dan juga chilling tadi. 

Penyakit Kusta

Kusta sendiri adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri yang bernama bakteri Mycobacterium leprae, dimana bisa menyebabkan lesi kulit, hidung, mata dan kerusakan saraf perifer. 

Kusta

Oh ya, penyakit kusta memang menular tetapi jika penderita kusta sudah meminum obat rifampicin dosis tunggal, mereka sudah tidak menularkan lagi ya. Jadi, kita tidak perlu khawatir tentang hal tersebut. 
 

Melawan Kusta

Orang kusta yang dikira masyarakat menular walau sudah pengobatan, membuat orang yang terkena kusta sering dikucilkan di masyarakat sehingga terkadang membuat orang yang terkena kusta menjadi tidak percaya diri dan malahan setress.

Disini Ardiansyah menjelaskan cara dia melawan hal tersebut saat terkena kusta adalah dengan cara : 
  • Percaya Tuhan
Ini adalah hal yang wajib ya, karena pentingnya percaya kepada Tuhan kita dan percaya akan rencana yang Tuhan kita buat, untuk kita. 
  • Menerima diri
Dengan kena penyakit kusta dan bisa menyebabkan disabilitas, siapa lagi yang bisa menerima kita paling pertama selain penerimaan dari diri kita sendiri terlebih dahulu. 
  • Berpikir positif
Walaupun dikucilkan dan bahkan Ardiansyah sendiri dikucilkan ibunya, tetapi tetap berpikir positif mengenai yang terjadi pada kita adalah hal yang bisa membuat kita percaya diri. 
  • Tetap melanjutkan diri
Bagaimanapun kondisi kita, tetap melanjutkan hidup adalah cara terbaik dalam menangani masalah seperti ini. 

Bangkit dari Kusta

Orang kusta dan OYMPK seringnya self stigma karena banyaknya tekanan yang terjadi. Cara bangkit OYMPK dari Ardiansyah adalah :

Oymk
  • Keluar dari lingkaran yang menekan
Disini Ardiansyah merasa tertekan dengan keluarganya terutama ibunya sehingga yang dia lakukan adalah keluar dari lingkungan keluarganya tersebut dan memilih untuk 
  • Mencari Komunitas
Mencari komunitas yang bisa menerima diri kita dan komunitas yang juga masih dalam hal mengenai OYPMK, membuat kita merasa ada teman yang sama dan dapat mengurangi sedikitnya beban yang kita rasakan. 
  • Bersosialisasi dengan orang yang baru
Dengan bersosialisasi dengan orang baru, membuat kita juga mendapatkan pengalaman hidup baru dan berbagai hal baru yang kita temukan yang bisa membuat kita lebih percaya diri.

Pemulihan OYPMK

Pemulihan untuk OYMPK ini tergantung dari hal individunya masing-masing. Menurut Dona Swita, pemulihan OYMPK ada dari berbagai dimensi dan ini tergantung orang tersebut, dimensi mananya yang terkena.

Disabilitas

Dimensi pemulihan OYPMK ada 5, yaitu : 
  • Dimensi Fisik
Biasanya karena terjadi disabilitas sehingga perlunya pemulihan dibagian fisik orang tersebut. 
  • Dimensi Psikis
Dibenahi psikisnya karena terjadinya banyak tekanan selama dia mengalami kusta. 
  • Dimensi Mental
Tidak jauh berbeda dengan psikis, hal ini juga perlu dibenahi jika mental orang tersebut yang terkena. 
  • Dimensi Relasi
Relasi ini, lebih kehubungan orang tersebut dengan keluarga dan dia dengan orang sekitar yang terjadi saat dia mengalami kusta. 
  • Dimensi Spritual
Dimensi spritual memang berkaitan dengan agamanya tetapi tidak selalu melulu dengan agama ya. 

Metode Healing 

OYMPK, tentu saja perlu healing dengan banyaknya terjadi tekanan tetapi bukan hanya OYPMK saja yang healing ya tetapi bisa buat orang-orang lain juga. 

Pemulihan oypmk

Menurut Ardiansyah healing jelas perlu dilakukan orang yang terkena kusta dengan perlunya dilakukan pengobatan dan perlunya mempunyai teman untuk berbagi cerita yang dia alami. 

Metode healing yang paling nyaman untuk OYMPK adalah : 
  • Meditasi
  • Journaling
  • Mengembalikan kepercayaan diri

Nah, inilah pembahasan yang aku Terima dengan menonton live YouTube dari KBR tersebut dan ilmunya sangat bermanfaat sehingga aku juga share, semoga bermanfaat juga buat kalian. 




LOVE,
Rima Angel

Post a Comment

0 Comments