Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP

Perpanjang STNK

Cara perpanjang STNK dengan mudah tanpa KTP selain mengunjungi Kantor Samsat yaitu melalui SIGNAL, SMS dan Minimarket.

Moshimoshi.. 🧚 Kali ini aku ingin memberitahukan kalian caranya memperpanjang STNK dengan mudah walaupun tanpa KTP ya dan cara ini juga membuat kita tanpa perlu antri di Kantor Samsat buat membayarnya lho! 

Setiap pemilik kendaraan wajib memperpanjang STNK dan membayar pajak. Tetapi saat membeli kendaraan bekas, banyak orang yang merasa kesulitan karena tidak memiliki KTP pemilik lama. Padahal terdapat cara yang mudah untuk perpanjang STNK tanpa KTP.

Proses perpanjang KTP ini dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor samsat. Namun jika tidak memiliki banyak waktu, pemilik baru boleh memperpanjang KTP dengan cara online. Selain itu masih ada berbagai cara lain untuk mengurus STNK.

Cara Perpanjang STNK tanpa Harus Datang ke Samsat

Kebanyakan orang hanya tahu proses perpanjangan STNK dilakukan di kantor samsat. Padahal sebenarnya memperpanjang STNK juga bisa dilakukan secara online, melalui sms, atau dengan mendatangi Indomaret dan Alfamart.

1. Cara Memperpanjang STNK Online Tanpa KTP

Aplikasi SIGNAL
Source : Website Samsat

Cara pertama untuk memperpanjang STNK tanpa KTP adalah secara online. Proses ini dilakukan melalui aplikasi SIGNAL atau Samsat Digital Nasional. Unduh aplikasi dan lakukan registrasi terlebih dahulu, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Cari pilihan menu “Tambah Kendaraan Bermotor” yang ada di halaman utama aplikasi SIGNAL.
  • Input lima angka terakhir dari nomor rangka kendaraan bermotor.
  • Jika kendaraan telah terdaftar, pembayaran pajak bisa langsung dilakukan dan STNK otomatis sudah diperpanjang.

2. Cara Memperpanjang STNK Tanpa KTP melalui SMS
Selain bisa dilakukan secara online lewat aplikasi, memperpanjang STNK juga dapat diproses melalui SMS. Cara ini lebih mudah karena pemilik kendaraan hanya perlu mengirimkan sms dengan langkah-langkah di bawah ini:
  • Masukkan format: esamsat (berisi nomor sasis kendaraan bermotor) spasi (nomor KTP pemilik kendaraan sebelumnya) spasi (alamat email).
  • Periksa data NIK atau Nomor Induk Kependudukan dan nomor KTP.
  • Kirimkan format ke nomor 08112119211.
  • Server akan secara otomatis membalas pesan dengan kode pembayaran, identitas kendaraan, dan biaya yang harus dibayar.
  • Lakukan pembayaran melalui ATM atau e-Banking yang punya hubungan kerjasama dengan pihak samsat.
  • Tukarkan struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah atau SKPD.
Prosedur perpanjangan STNK lewat sms tidak mewajibkan pemilik kendaraan menunjukan KTP asli dari pemilik lama. Hanya dibutuhkan nomornya saja untuk mengisi data. Cara ini dianggap cukup membantu orang-orang yang membeli kendaraan bekas.

3. Cara Memperpanjang STNK Tanpa KTP di Indomaret atau Alfamart

Pembayaran samsat
Source : Website Alfamart - Indomaret

Tak hanya bisa memperpanjang secara online dan lewat sms, proses perpanjang STNK juga bisa dilakukan di Indomaret dan Alfamart. Proses ini hanya membutuhkan data NIK dan alamat yang sesuai dengan KTP.

Setelah selesai membayar sejumlah biaya di Indomaret atau Alfamart, pemilik kendaraan bisa langsung menukarkan bukti ke UPT atau gerai yang sudah disediakan. Sehingga STNK baru bisa cepat diambil.

Perpanjang STNK tanpa KTP tak harus selalu dilakukan di kantor samsat. Ada banyak cara lain, seperti melalui aplikasi, sms atau mengunjungi mini market. Sehingga proses perpanjangan jadi lebih mudah dan cepat.

Semoga dengan informasi yang aku beritahukan ini bisa bermanfaat buat kalian yang ingin memperpanjang STNK dengan mudah, ringkes dan cepat ya. 😘




LOVE,
Rima Angel

Post a Comment

0 Comments