Tips Perawatan Mobil Hybrid

Mobil hybrid

Ternyata perawatan mobil hybrid sangat mudah dengan melakukan beberapa tips ini.
 
Moshimoshi.. 🧚 Kali ini aku akan membahas mengenai perawatan mobil hybrid, sesuai dengan judul yang aku tulis ya. Beberapa orang beranggapan perawatan mobil hybrid itu mahal, emang iya? Mari kita cari tahu bareng-bareng yuks. 

Bagi sebagian orang yang belum tahu maka akan menganggap bahwa mobil hybrid dengan harga lebih mahal akan sulit dilakukan perawatan. Padahal justru kenyataannya adalah perawatan yang mesti dilakukan untuk hybrid ternyata lebih mudah dari mobil biasa. Walaupun secara keseluruhan, proses perawatan memang hampir sama antara hybrid dan juga konvensional. Dan memang ada beberapa perbedaan yang harus kita diketahui juga sebelum melakukan perawatan.

Bagi kalianyang baru mau beli mobil jenis hybrid maka bisa mencari tahu dulu tentang cara merawatnya dengan mengikut beberapa tips dibawah ini, yaitu : 
  • Cek filter kipas pada baterai
Salah satu komponen yang paling penting di mobil hybrid adalah filter kipas yang terletak pada komponen baterai. Makanya juga harus sering dicek dan dirawat komponen yang satu ini. Untuk merawatnya maka bisa mengeluarkan kipas yang letaknya di bawah jok kemudian bersihkan menggunakan kuas dan cek secara keseluruhan. Waktu pengecekan ideal untuk filter kipas ini adalah setiap setengah tahun atau ketika sudah melampaui jarak 10 ribu kilometer. Sedangkan untuk penggantian komponen ini setelah jarak tempuh 80 ribu kilometer apalagi harganya juga relatif terjangkau.
 
  • Periksa kapasitas baterai
Sebagai sumber energi listrik, tentunya komponen baterai juga menjadi salah satu yang sangat penting. Idealnya cek baterai setiap satu bulan sekali kemudian bersihkan beberapa bagian terminal agar tidak terjadi korosi atau karat. Jika baterai atau komponen pendukungnya sudah menurun fungsinya atau bahkan sudah rusak maka bisa langsung diganti ke yang baru agar mobil lebih optimal.
 
  • Hindari cuci mesin secara sembarangan
Jika pada mobil biasa bagian mesin bisa dicuci maka cara ini tidak bisa dilakukan pada mobil hybrid dan sebaiknya hindari mencuci mesin dengan sembarangan. Saat mesin hybrid terkena air maka bisa jadi komponennya akan menjadi rusak. Maka itu tips terbaik membersihkan bagian mesin adalah dengan mengelap menggunakan kain yang halus sampai semuanya bersih. Hindari juga mencuci bagian kolong kendaraan karena memang bisa terkena bagian baterai juga.
 
  • Cek semua komponen
Tips selanjutnya adalah mengecek semua komponen yang terpasang di mobil hybrid. Pengecekannya dimulai dengan engine, sasis, dan juga sistem elektrikal. Setelah menempuh jarak 40 ribu kilometer, maka harus ada penggantian komponen seperti saringan dan juga cairan pendingin. Ditambah juga harus mengecek inverter yang fungsinya adalah mengubah listrik menjadi gerak sehingga mobil dapat melaju.
 
Beberapa tips diatas tentu mudah dilakukan oleh pemilik kendaraan hybrid. Jadi tidak perlu berpikir berulang kali untuk beli mobil hybrid lewat aplikasi SEVA. Sekarang juga banyak tersedia model-model yang baru dan keren, salah satunya SUV yaitu Toyota Corolla Cross yang membuat pengemudi jauh lebih nyaman dan mendapatkan banyak manfaat. Jika masih ingin menghitung perkiraan cicilan maka bisa memanfaatkan fitur bernama simulasi kredit yang ada pada aplikasi SEVA ya. 




LOVE,
Rima Angel

Post a Comment

0 Comments