Tips Membeli Kamera ala Rima Angel

Moshimoshi.. (*≧∇≦*)

Kali ini lagi nggak share tentang review,  nanti lagi review-nya yes. πŸ˜‚ Kali ini lagi mau bahas lanjutan yang tentang aku beli kamera waktu itu yang hampir tertipu dan ini sih hanya sekedar memberi beberapa tips biar nggak ketipu.

Read: Cerita Aku Saat Membeli Kamera - Hampir Tertipu

Ah, bukan berarti aku mau merubah blog ini menjadi review-review tentang elektronik kok 😜 hanya saja hal seperti ini lebih baik dibagi daripada dikeep sendiri dong ya.

Yang aku dapatkan dari pengalaman aku kemarin saat membeli kamera dan hampir tertipu itu adalah beberapa tips di bawah ini:
  • Survei Harga
Hal ini sangat teramat penting lah. Kita sebelum membeli kamera, harus mengetahui harga resmi dari kamera yang ingin kita beli. Contoh saja ingin membeli kamera Sony Alpha 5000 saat itu, harga yang ditawarkan oleh Sony Indonesia-nya memang 5juta lah jadi berpatokanlah dengan harga itu.

source: studentpreneur.co

Ya, waktu awal ingin beli. Aku memang survei harga di toko-toko kamera hampir semua mall dan harganya pada murah. Sempat mikir kenapa berbeda-beda. Ah, mungkin mereka membeli saat diskon atau mereka memang lagi ada diskon. Begitulah yang benak aku bilang. 

Tetapi, kalian jangan berpacu pada benak kalian tentang harga ini tetapi berpaculah pada harga konter resmi. Hal itu yang sudah paling benar adanya. πŸ˜‚

  • Sudah mengetahui Produk Original
Untuk hal ini, kalian wajib mencari tahu. Entah itu Google-ing atau pun bertanya ke teman langsung sama yang mempunyai kamera yang ingin kalian beli.

Aku sempat google-ing mengenai hal ini tetapi sangat sulit sekali dan bahkan aku tidak menemukan ada artikel yang menulis "perbedaan kamera Sony Alpha 5000 yang original dan palsu", sangat teramat sulit. Pilihan satu-satunya aku bertanya ke grup beauty blogger yang mereka memang banyak menggunakan kamera Sony Alpha. 

Di grup tersebut mereka menjelaskan detail mengenai kamera Sony Alpha yang mereka beli dari packagingnya yang seperti ini dan itu, mengenai garansi resmi dan bla bla sampai lensa yang memang bawaan dari Sony-nya. Begitulah aku mengetahui detail tentang kamera Sony.
source: 123rf.com

Jika, diluar pada penjelasan teman-teman itu, aku tak jadi membelinya. Terbukti dengan kecurigaan aku di toko terakhir yang kotaknya 'agak aneh', garansi yang agak berbeda sampai lensa yang bukan dari lensa Sony.  So, aku memutuskan tak jadi membeli.

Bagi kalian yang ingin membeli perlu banget mengetahui detail keaslian kamera yang ingin kalian beli. 

  • Jangan mau Tergoda Diskon Gila
Setelah kalian melakukan survei harga, tentu kalian mengetahui dimana harga yang menjual murah dan dimana harga yang terlampau mahal bukan tetapi bukan berarti kalian harus tergiur mengenai diskon gila ini. Kalian harus tetap berpatokan pada harga resmi yang dikeluarkan oleh pihak brand-nya.

source: wolipop.detik.com

Ya, boleh lah kalian terkena diskon gila tetapi hal tersebut harus berpacu pada kalender, kenapa? Karena jika kalender menunjukkan seperti awal tahun, akhir tahun, hari raya idul fitri, hari natal, hari pelanggan nasional dan hari besar lainnya maka hal tersebut mungkin terjadi dan tidak mungkin terjadi di hari-hari biasa. Cuci gudang pada awal dan akhir tahun, mungkin akan terjadi diskon gila. Catat itu. 

Selebihnya, jangan mau tergoda diskon gila jika kalian menginginkan barang yang asli karena kemungkinan kalian akan tertipu jauh lebih besar.

  • Jangan mau Kena Rayuan Penjual
Hal ini sepertinya sudah kewajiban bagi si penjual untuk merayu pelanggannya, hal itu pasti. Bahkan bagi beberapa orang yang sering belanja barang-barang seperti ini sudah hafal dengan rayuan si penjual dan bagi aku yang pertama kali tidak memahaminya sama sekali. 

Seperti apa rayuan yang biasa si penjual lakukan? Rayuan yang sangat menempel jelas di otak aku saat ingin membeli itu sampai sekarang adalah:
Penjual: "Ah, masa toko sebelah itu lebih mahal".
Pembeli: (Lalu kamera mulai percaya)
Penjual: "Kamera yang kamu beli ini biasa saja, lebih bagus kamera ini".
Pembeli: (Membuat kamu menjadi bingung).
Penjual: "Disini jauh lebih murah dan lebih lengkap dan juga banyak diskonnya".
Pembeli: (Ah ye, bener juga neh kata si penjualnya).
Saat kamu mulai tak ingin membeli dan diketahui si penjual gerak gerik itu. Mereka mulai mengatakan "diskonnya cuma hari ini aja lho, besok sudah berbeda lagi diskonnya". Jika hal itu terjadi, lupakan membeli kamera ditempat seperti itu.

source: rede-rnc.com.br

Berpatok pada pengalaman aku saat itu, bagiku orang yang menjual barang resmi tidak perlu melakukan rayuan bla bla dan sebagainya. Contoh saja saat aku membeli di toko resmi, saat aku menanyakan ingin membeli kamera Sony Alpha 5000, mereka langsung menyodorkan contohnya tanpa membandingkan merk satu dan merk satu lainnya. Cukup memperlihatkan saja yang kita mau dan cus bungkus.

  • Harus Membeli di Toko Kamera yang Resmi
Ini jelas banget neh jika tidak mengerti dan tidak mau tertipu, mending langsung aja datang ke konter resminya atau toko yang bekerjasama dengan pihak brand-nya.

Saat aku mulai jenuh dan tidak menemukan titik temu untuk mendapatkan kamera murah di toko kamera biasa dan tidak mengikuti memahami hal beginian juga. Aku memutuskan membeli di toko resmi yang bekerjasama dengan pihak brand ini.

source: archinect.com

Di toko yang bekerjasama sama begini, sudah dijamin keasliannya, tidak neko-neko, tidak akan membandingkan dengan brand lainnya dan paling penting diskonnya tidak yang aneh-aneh tetapi memang diskon yang sama dengan ditawarkan pihak brand pada saat itu.


Hal seperti inilah yang dapat aku bagi ke kalian. Semoga terbantu dari orang awam yang tak terlalu mengetahui hal ini juga. πŸ˜‰



LOVE,

2 komentar

  1. Makasih tipsnya kak! Berguna banget. Aku kepengen beli kamera tapi masih ngumpulin budget hihi biar bisa kebeli yang bagus sekalian

    aidacht.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. ^^
      Semoga budgetnya cepat terkumpul ya. πŸ˜‰

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’