Ketika Kulit Berminyak dan Acne Prone Mengalami Dehidrasi

Moshimoshi.. p(^-^q)

Postingan lipstick yang aku janjikan tidak kunjung aku posting, maafkeun. Hal ini karena aku salah jadwal. Aku pun menjanjikan untuk posting lipstick Korea 1 box tetapi badan ini terlalu lelah untuk melakukan editing karena padatnya jadwal.

Jadi, kali ini aku membuat postingan yang menurut aku sih sangat bermanfaat buat kalian kok dibandingkan lipstick. Hehe ini mah namanya ngeles 😜 Tetapi nanti akan aku posting kok produk-produk tersebut. Wait ya. ^^

Lalu, ada yang merasa agak membingungkan tidak sih dengan judul yang aku buat? memang bisa kulit berminyak dehidrasi? Memang bisa kulit berjerawat yang bisa super berminyak itu dehidrasi?  Jawabannya, bisa banget dan aku bahkan terlampau sering mengalami dehidrasi.

Faktor penyebab dehidrasi bagi si kulit berminyak dan berjerawat adalah:

  • Pengobatan jerawat 
Yups, mengobati jerawat atau penggunaan obat jerawat terkadang membuat kulit berjerawat mengalami kering bahkan sampai mengelupas. Hal ini sering banget aku alami.
  • Cuaca
Perubahan cuaca dari yang awalnya musim dingin/cuaca yang biasa lembab, sering hujan tiba-tiba berubah menjadi panas bahkan terkadang sangat panas, ini bisa merubah kondisi kulit. Dan aku, orang yang kulitnya mengikuti cuaca seperti itu. Huft. 😫


Memiliki kulit berminyak dan acne prone memang agak sulit merawatnya, salah sedikit bisa mengalami breakout. Jadi, harus selalu berhati-hati dan harus memahami Ingredients mana yang cocok dengan kulit kita sendiri. Setiap orang berbeda-beda. 

So, apa yang aku lakukan ketika kulit aku mengalami dehidrasi? Maka aku harus mengganti serangkaian produk yang biasa aku gunakan. Iya, sangat sulit bukan untuk menemukan produk yang melembabkan dan hydrating yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Biasanya yang kita gunakan adalah produk yang mempunyai oil control bagus, lalu berubah menjadi yang harus super melembabkan. 😡 Agak membuat puyeng dan bingung.

Itu sih dulu ya aku bingung seperti itu, sekarang mah sudah tidak. Paling menambahkan beberapa produk lagi karena aku sudah mempunyai stock skincare untuk itu. Kalau kehabisan stock skincare itu saat dehidrasi baru deh aku bingung, biasanya. πŸ˜‚

Jadi, skincare yang digunakan untuk kulit dehidrasi bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat seperti aku adalah yang sudah jelas cocok di kulit aku dan Ingredients yang sudah jelas pas di kulit aku, yaitu:

Produk pencuci wajah satu ini bukanlah produk pencuci wajah untuk melembabkan tetapi justru untuk mencerahkan wajah dan aku sudah cukup lama menggunakan produk ini dan sangat cocok untuk wajah aku. Satu-satunya produk yang tidak aku gantikan ketika dehidrasi, breakout maupun saat kulit berminyak adalah produk ini karena pencuci wajah ini walau untuk mencerahkan kulit tetapi sangat nyaman digunakan sekalipun untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Pencuci wajah ini membuat kulit berminyak dan terasa lembab. Membuat kulit lembab-nya terasa pas sekalian mendapatkan kulit cerah. Love it. 😚

Super duper favorit aku. Akhir-akhir ini aku selalu menggunakan produk ini dan sering menyemprotkan ke wajah saat siang hari dan terasa begitu menyengarkan.

Hadir dengan produk yang super besar dan isi yang sangat banyak dengan harga murah pula, membuat produk ini banyak disukai orang-orang. Aku saja sudah menghabiskan 1 botol besar dan sudah membelinya kembali 1 botol. πŸ˜—

Hatomugi ini membuat kulit terasa lembab dan bisa juga mencerahkan. Produk ini juga bisa dijadikan masker dan membuat kulit terasa dingin dan lembab saat menjadikannya masker.

Poduk satu ini termasuk produk yang sangat jarang aku gunakan dan akan aku gunakan ketika kulit aku merasakan 'kekeringan' atau dehidrasi karena produk ini membuat kulit aku berminyak disaat kulit aku yang memang seperti awalnya yang berminyak.

Produk ini juga hanya akan aku gunakan untuk mengkompress jerawat saat kulit aku breakout, dimana kulit aku masih dalam kondisi berminyak ya. Untuk mengkompree jerawat, cukup nyaman dan lumayan ok juga.
 
  • Hadalabo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Milk
 Aku memilih pelembab atu ini karena saat mencoba testernya si pelembab satu ini sangat cepat meresap dan melembabkan dengan baik. Selain itu juga karena kandungan retinol yang cocok di wajah aku dan aku memang mencari pelembab wajah untuk siang hari dengan kandungan retinol. Produk ini sangat baik karena selain kandungan retinol didalamnya juga ada kandungan HA yang memang akan bekerja dengan baik jika dikombinasikan.

Saat kulit dehidrasi, produk ini sangat membantu banget melembabkan kulit dengan baik. Kandungan retinol yang selain anti aging juga bagus untuk kulit berjerawat, dapat menyembuhkan jerawat juga.

Walau dalam keadaan kulit dehidrasi, aku masih saja menggunakan acne gel, hal itu karena memang kulit aku masih ada jerawatnya jadi aku diharuskan tetap menggunakan acne gel untuk mengempreskan jerawat.

Aku menggunakan acne gel dari Mustika Puteri ini karena gel satu ini tidak membuat kulit yang berjerawat atau kulit disekitar area jerawat malahan kering dengan produk ini, tidak sama sekali. Acne gel ini malah membuat kulit disekitar jerawat menjadi lembab. Untuk jerawat sendiri, produk ini cukup ampuh.

  • Sunblock dengan tekstur gel 

 Hal satu ini tidak lah boleh tertinggal, apalagi aku menggunakan pelembab wajah dengan kandungan retinol. Harus selalu mengingat hal ini. Pada saat dehidrasi maupun tidak dehidrasi, aku tetap menggunakan sunblock dengan tekstur gel karena hal ini cepat meresap dan nyaman untuk kulit berjerawat.

Ada 3 produk yang aku rekomendasikan untuk sunblock dengan tekstur gel ini yaitu dimulai dari harga murah. Pertama adalah Emina Sun Protection SPF 30 PA+++. Kedua adalah Skin Aqua, untuk Skin Aqua ini aku cocok menggunakan SPF yang 30 maupun yang 50 dan kemungkinan cocok disemua SPF-nya. Ketiga adalah Biore UV Aqua Rich SPF 50+ PA++++, sunblock satu ini sangat banyak sekali peminatnya karena dengan nama watery essence yang menjadikannya cepat meresap.

  • Membersihkan Makeup dengan Cleansing Oil
Setelah semua rangkaian skincare di atas, aku tetap bisa menggunakan makeup. Entah itu BB Cream/Foundation atau cushion. Sangat bermakeup dalam kondisi dehidrasi ini sangatlah berhati-hati dalam pengaplikasian agar tidak menimbulkan dry patch.

So, jika bermakeup harus lah juga membicarakan mengenai pembersih wajahnya. Dengan kondisi kulit kering yang tidak nyaman ini, aku memilih cleansing oil adalah pilihan yang terbaik untuk membersihkan makeup. Entah itu cleansing oil yang bisa langsung dibeli dan digunakan ataupun diy clenasing oil sendiri.

Saat dehidrasi aku menggunakan cleansing oil dari Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil, Biore Makeup Remover Cleansing Oil dan terkadang menggunakan Olive Oil. Walaupun menggunakan cleansing oil, sebisa mungkin jangan menggunakan di daerah mata karena akan membuat daerah tersebut juga kering, lebih nyaman menggunakan remover yang dikhusukan untuk mata saja.

Read: Membersihkan Makeup dengan Ovale Olive Oil

Aku tidak akan melupakan perawatan mingguan. Disini masker yang menurut aku nyaman dalam mengobati jerawat saat kulit dehidrasi adalah masker kepunyaan Innisfree yaitu Capsule Recipe Pack yang Jeju Bija. Masker ini bagus untuk jerawat disaat kulit dehidrasi dan bisa melembabkan setelahnnya.

Aku tidak menggunakan masker ini disaat kulit aku berminyak karena malahan akan membuat kulit aku terasa tidak nyaman dan bahkan bisa sampai breakout.


Itu lah skincare yang akhir-akhir ini sangat membantu aku dalam menyembuhkan dehidrasi di kala kulit aku masih ada beberapa jerawat di wajah.

Semoga hal ini membantu kalian yang biasa sering mengalami dehidrasi seperti kulit aku ya. ^^



LOVE,

2 komentar

  1. Aku pikir kalau kulit berminyak ga bakal ngalamin dehidrasi, eh ternyata aku juga pernah lho sampe pada kering ngelupas gitu, and you know what? Hatomugi ini bener-bener dewa penyelamat deh, aku juga pake Hatomugi langsung enak banget kulitnya, lembap kenyal. Pokoknya suka banget deh😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku pikir juga gitu dulunya ka Hani, ternyata ya. Kulit kita bisa dehidrasi juga. :D

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’