Ngopi Cantik bareng Vina Eska di Beautiesquad

Moshimoshi.. ^_^

Ada yang tahu mengenai Beautiesquad? Kayaknya sudah pada tahu banget ya karena selama ini Beautiesquad sudah sering banget kerjasama dengan para beauty blogger untuk review produk.

Nah, kali ini aku ikutan Ngopi Cantik bareng Beautiesquad. Padahal sebelum-sebelumnya sudah ke pengen banget ikutan tapi ya itu, waktu yang tidak sesuai dan kali ini aku ikutan. Yeaahh 🎉

Ngopi cantik kali ini adalah ngopi cantik bareng Vina Eska yaitu #NGOPCAN3 atau disebut juga Beautiesquad 101 (special birthday episode) yang sebelumnya dengan Rahma Brilianita mengenai Fotografi dan juga dengan ka Shintaries mengenai blogging. Ngopi Cantik ini diadakan pada hari Sabtu, malam Minggu lalu. Iya, pas banget lah buat nemenim para jomblo-ers. 😂

So, pembahasan di Ngopi Cantik bareng Vina Eska ini dimulai dengan Vina memperkenalkan diri.

Hai, semua! Perkenalkan aku Vina Eska dari www.vinasaysbeauty.com , IG dan twitter ku @vinaeska (follow ya!). Baru mulai blogging semenjak 2015. Awalnya aku merasa komunitas itu gak penting, tapi ternyata aku disini sekarang dan lebih berkembang dari 2 tahun lalu. Mungkin bagi yang lama kenal Beautiesquad sudah tau aku di sini sebagai supervisor Public Relation. Sebagai supervisor, aku bertugas membawa team ku untuk on track sponsor, mengadakan sponsor, ngopi cantik, menjaga relasi melalui email, dan lainnya.

Nah, kali ini aku berkesempatan untuk jadi pembicara pada ngopcan episode spesial ultah BS sekaligus tugas terakhirku sebagai spv PR. Kenapa? Nanti akan aku jelaskan yah. Aku juga akan sharing tentang apa itu Beautiesquad, visi misinya, proker, kepengurusan dan lainnya. Kalau kalian siap, angkat dulu kopinya yuk~

Seperti yang dijanjikan Vina, kemudian Vina menjelaskan mengenai komunitas Beautiesquad dari hal dasar sampai paling mendalam. Dari awal kerjasama Beautiesquad, siapa orang-orang didalalmnya sampai mengenai Beautiesquad sekarang ini.

Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Didirikan pada November tahun lalu.

Sebagai penetapan adanya komunitas Beautiesquad, tanggal 23 November 2016 merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes. Di hari itu juga, ditetapkan sebagai hari dimana komunitas ini didirikan.

Pada masa awal terbentuknya, BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang. Yang gak punya blog, yang cuma mau chat aja, yang maunya mencari teman sejawat, dan lainnya. Di awal 2017, kami membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BS.

Fast forward, BS pertama kalinya bekerjasama dengan brand Inez yang cukup menggemparkan dunia blogger saat itu. Banyak yang ingin bergabung dengan BS. Karena suatu dan lain hal, para pengurus mengambil keputusan untuk memiliki group FB sebagai wadah Beauty Blogger lainnya agar bisa sama – sama berkembang.

Selama itu pula, BS mulai gencar bekerjasama dengan brand – brand lain. Gak hanya memberikan kesempatan kepada member inti Whatsapp, tapi juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapatkan sponsor. Kepengurusan BS juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun yang kalian tau strukturnya sampai saat ini. Membuat beberapa program seperti Ngopi Cantik, Collab secara kontinyu, dan mengarahkan member Facebook Group agar sesuai standar blogger dan BS sendiri sehingga bisa masuk sebagai member WA inti.

Tentu BS gak akan berhenti sampai situ saja, banyak proker yang akan dilaksanakan kedepannya. Semua yang dilakukan oleh BS demi perkembangan para member kearah lebih baik.


*VISI DAN MISI BEAUTIESQUAD*
Visi :
  1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia. 
  2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer. 

Misi :
  1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
  2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
  3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan. 
  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

Pergantian nama *Pengurus Beautiesquad* menjadi *Beautiesquad Officers*. Kenapa diganti? Karena tujuan namanya adalah melaksanakan, bukan mengurus. Melaksanakan tugas sesuai visi dan misi BS kedepannya, bukan mengurus tugas.



Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka. Main Founder of Beautiesquad: Virly KA. Tugas founder disini adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS.  Selain itu memantau officers melakukan tugas sesuai ketentuan.

Selamat buat Vina Eska yang sekarang menjadi Chief Officer. Semangat mengemban tugas barunya ya. 😉

Iya, aku sendiri. Sebagai Chief Officer baru, tugasku adalah melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja officers. Selain itu juga turut memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger.

Lanjut, Community Relations (CR) yang dulu bernama Public Relations. Ada Lia Melqha (Lia), sebagai penggantiku dalam jabatan supervisor. Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis. Officers yang bertanggungjawab dalam divisi CR ada 3 orang: Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma). Tugas mereka selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Dan PR lah yang membantu aku dan founder memutuskan anak – anak Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp. Jadi baik – baik ya sama mereka.

Lalu ada Social Media Squad (SM) yang dulu bernama Admin. Supervisor masih sama, yaitu Rani Lukman (Rani) dengan officers yang bertugas ada Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri). Tugas mereka memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Walau kesannya gampang, menjadi SM Squad itu ternyata susah loh. Mereka harus memikirkan feed, caption, dan memantau insight. Jangan menambah beban mereka dengan gak baca caption ya gaes, itu cakidh.

Dan terakhir, Photo Editor Squad (PE) yang selalu main dibelakang layar. Supervisor nya adalah Raydita (Ray) dengan officers yang bertugas adalah Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie). Tugas mereka adalah membuat design dari design collab sampai design feed. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab. Jadi kalau misalkan PJ Collab suruh edit caption atau beberapa bagian tertentu dari foto kalian itu bertujuan memudahkan PE untuk mengedit. Bukan bermaksud kasar, mengedit sesuai list itu gak gampang loh.


Aku cukup kaget 🙊 dengan pengurus Beautiesquad yang ternyata cukup banyak ini tetapi sesuai sih sama kinerja mereka selama ini. Aku pikir orang dibalik layarnya cuma kayak 5 orang terus dalam 1 tahun sudah sebesar sekarang, ternyata cukup banyak dan mereka semua hebat banget dalam menjalankan komunitas ini. 💪

Program Beautiesquad yang berjalan secara kontinyu sampai saat ini adalah make up collab, sponsored review, dan ngopi cantik. Kedepannya, sesuai dengan misi BS, kami akan mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Paling utama kita akan memaksimalkan stories di Intagram. Jadi kita memiliki plan membuat ngopi cantik versi mini setiap minggunya. Yang dibahas seputar dunia beauty dan blog. You can call it Instagram Take Over

Karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang baik, kami memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu kita mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO,baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya.

Proker kedepannya merupakan pengembangan dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Gak semua blogger memahami tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO friendly. Jadi, untuk kedepannya kami berencana untuk membantu para member keluar dari kebingungan dan menjadi blogger yang lebih baik.

Selesai Vina menjelaskan Visi, Misi dan kepengurusan dari Beautiesquad. Sekarang Vina akan menjelaskan lagi mengenai bagaimana seorang Beauty Blogger bisa masuk ke grup WhatsApp-nya Beautiesquad. Hal ini adalah pertanyaan paling banyak yang ditanyakan ke Beautiesquad dan Vina menjelaskan per-point.

Group inti di Whatsapp merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini. Semenjak kami menjadi closed group, baru 2 orang dari Facebook group yang lolos masuk group inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu. 3 hal itu merupakan hal utama di BS. Officers sudah mengetahui kinerja para blogger group inti sehingga saat brand meminta nama – nama blogger, kami dengan berani memberanikan jaminan bahwa blogger kami menyanggupi keinginan sponsor.

Nah apabila kami memasukkan anak baru tanpa melakukan seleksi, tentu officers yang kelabakan. Karena kami belum tau bagaimana kinerja si blogger baru. Apa sudah mengerti SEO, bagaimana cara menulis, bagaimana template nya, dan paling utama attitude nya? Nah itulah fungsinya Facebook group sebagai wadah berkembang bersama baik yang dari group inti dan bukan.

Dari ratusan anak Facebook group gimana caranya menyaring? Salah satu kriteria anak group inti adalah *aktif* dan itulah yang kami terapkan juga di Facebook group. Kami mendeteksi para blogger aktif melalui collab yang selalu diselenggarakan setiap bulannya.

Aku akui banyak anak Facebook group yang tulisannya bagus, lebih memiliki potensi, dan lebih terkenal. Tapi kalau gak mau memberikan kontribusi untuk BS kan sama aja bohong ya. Kita disini kan komunitas, gak cuma menerima, tapi juga harus memberikan kontribusi ke komunitas juga. Makanya kami hanya memberikan penawaran kepada yang aktif, bukan yang hits.


  • Pertama, punya blog* Bukan sembarang blog. Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Kalau kalian mau belajar lebih jauh masalah SEO, kalian bisa googling kok. Masalah ambil foto juga dinilai, apakah penataannya berantakan atau tertata.
  • Kedua, Top Level Domain* Ini peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. Apa itu TLD, qaqaq pina? Yang belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com (?). Hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya. Kenapa itu penting? Dalam dunia blogging ada istilah DA PA , kalian bisa google masalah itu, dan kalau kalian sudah TLD, DA PA yang muncul adalah  milik blog kalian sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kalian sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh pada ketenaran blog kalian yang berimbas ke pendapatan kalian.
  • Ketiga, minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog* Lah ini kan komunitas beauty blogger kok membernya malah membahas kejombloan mulu kan nganu ya? *ini nunjuk diri sendiri*
  • Keempat, Disiplin dan memiliki attitude* Ini penting disini. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor lah contohnya. Berkabar kalau ada hal yang gak terduga terjadi pas collab atau sponsor, paling gak 1x24 jam. Kecuali ada masalah mendadak, misalkan kecelakaan (mudah – mudahan gak ya). Kalau masalah attitude, paling gak kalau kalian ada salah, harus berani minta maaf. Kalau bertanya, harus sopan, bukan nyolot. Gak melakukan plagiarisme.
  • Kelima, memiliki fanpage dan twitter selain Instagram* Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter paling gak 100 follower. Kenapa harus punya 3 sosmed itu? Ya balik lagi alasan syarat nomor 2. Selain itu 3 medsos tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk kalian kalau kalian gunakan secara wise.
  • Keenam, Aktif* Aktif bukan berarti menjilat ya. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing. Aktif mencari pasangan…….. Eh bukan ya? Itu aku ya? Uwis sih. Intinya aktif berkontribusi.
  • Ketujuh, Rajin Ikut Collab* Kaya yang aku bilang, gimana officers notice kalau gak ikut makeup kolaborasi. Kan dari sana cara kalian blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya di notice.
  • Kedelapan, Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder* Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi kenapa gak dipilih? Bisa jadi ada satu spec yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang ber attitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4LaY, atau followernya beli. Everything is possible.

Tanpa mengurangi kata-kata saat ngopi cantik bareng Vina. Disini aku mengcopykan hampir semua hal yang dibicarakan saat ngopi cantik.

Selesai semua penjelasan tersebut, maka yang ikut ngopi cantik diperbolehkan bertanya. Sudah semua bertanya maka selesai lah sudah sesi ngopi cantik bareng Vina Eska kali ini. 😊

Teman-teman.. berakhir sudah ngopi cantik kita kali ini, Semoga setelah ngopi cantik ini kalian lebih tau tentang BS ya.

Beautiesquad bareng Vina Eska ini seru karena isinya bukan yang terlalu serius tetapi juga bercanda. 😍 Aku sih love banget dan menantikan NGOPCAN selanjutnya dari Beautiesquad.

Oh ya, aku ada saran dan kritik buat Beautiesquad yaitu aku saranin kalau BS punya grup line untuk grup yang umum dan yang khusus seperti kalian bilang di WA. Biar memperbanyak pertemanan sesama blogger saja sih karena yang aku lihat member Beautiesquad cukup banyak banget apalagi kalau pas diadakan Ngopi Cantik gini, kelihatan banget ramenya. 😉

Untuk sejauh ini Beautiesquad sudah bagus banget banget dan semoga semakin berkembang menjadi lebih besar.

Selamat ulang tahun Beautiesquad untuk yang ke-1 tahun (Beautiesquad First Anniversary).  🎂🎁🎊

# Beautiesquad1stAnniv

*Postingan ini diikutsertakan untuk blog competition yang diadakan oleh Beautiesquad dan Nihonmart (#BeautiesquadXNihonmart). 



LOVE,

Post a Comment

4 Comments

  1. dan aku baru tau dong kalau komuniktas ini besar ternyata hahaha kemana aja yaakk..... mau dong ikutan rim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka Tuty kan kelamaan of ya. Hehe jadi banyak ketinggalan neh. Wkwkwk.

      Kalau mau ikutan, bisa cek instagram sama facebook-nya ya ka Tuty.

      Delete
  2. Semangat Rima 💪
    Semua syarat yang dikasih sama BS itu berguna banget untuk blogger ke depannya bukan hanya di BS 😁

    Sayang banget kemarin aku gak sempet ikutan ngopi cantik. Seru banget pasti, baca postmu jadi punya gambaran gimana serunya ngopcan kemarin.

    Thanks for sharing 😊👍
    www.kornelialuciana.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget ci luci. Membantu banget tips di BS.

      Aku malah ga sempat ikut kolab makeup :(

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar dan dimohon untuk tidak menggunakan 'unknown' karena komentar tidak akan disetujui.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏