Penggunaan BBM ramah lingkungan guna mewujudkan Program Langit Biru.

Moshimoshi.. 🧚 Kali ini aku mau sedikit bercerita, tentunya bukan mengenai makeup dan skincare tetapi sesuatu yang penting buat lingkungan kita. Jadi, aku itu mengikuti webinar 3 hari lalu tepatnya 25 Maret 2021 bersama dengan KBR & YLKI via zoom dengan tema "Penggunaan BBM Ramah Lingkungan Guna Mewujudkan Program Langit Biru" dimulai dari jam 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Sekarang mari kita bahas apa saja yang dibahas di dalam webinar yang durasinya cukup lama tersebut ya. Maaf kalau tidak bisa terangkum semuanya dan hanya sebagian, setidaknya bagian penting untuk mewujudkan Program Langit Biru kita sampaikan untuk orang-orang yang membaca tulisan ini ya. 😉

Upaya Mengatasi Pencemaran Udara di Indonesia
Menurut data dari WHO, negara tercinta kita Indonesia berada diurutan ke 9 sebagai negara dengan kualitas udara terpuruk sepanjang 2020 🙈 dan menurut Kementerian Lingkungan Hidup sumber dari pencemaran udara terbesar itu karena transportasi darat sebanyak 75%.


Kita tentunya tidak mau dong makin lama udara yang kita hirup itu makin jelek, makanya pentingnya menjaga udara kita terutama di sekitar kita terlebih dahulu dan keseluruhan Indonesia.

Kasian juga nantinya untuk generasi selanjutnya jika bumi pertiwi ini kualitas udaranya jelek, apa yang bisa dihirup untuk hidup masa depan, suram yang ada. Makanya diperlukan kerjasama kita untuk mewujudkan udara bersih dan bebas polusi dengan adanya Program Langit Biru. 


Dengan kualitas udara Indonesia yang kurang bagus pada tahun 2020 ini maka dibuatlah program yang namanya Program Langit Biru berharap langit di Indonesia tetap biru dan kualitas udara membaik. 

Penggunaan BBM Ramah Lingkungan 
Sebelum kita membahas mengenai BBM mana yang ramah lingkungan, ada baiknya kita kenalan terlebih dahulu dengan berbagai macam jenis bahan bakar BBM. Jadi, bahan bakar BBM yang dimiliki Pertama itu ada 5 jenis, yaitu :
  • Premium
Premium adalah bahan bakar yang tidak ramah lingkungan ya. Para penggunanya mengatakan menggunakan premium untuk tujuan berhemat kan ya, hal tersebut justru mengalami kerugian karena kilometer tempuhnya, kemudian juga kenderaan lebih sering bermasalah dan bisa turun mesin karena menggunakan BBM yang tidak ramah lingkungan. 
  • Pertalite
Si pertalite dikeluarkan oleh pihak Pertamina untuk orang-orang yang masih menggunakan kenderaan keluaran lama ya. 🙈

  • Pertamax
Pertamax sendiri terbagi 2 yaitu ada Pertamax dan Pertamax Turbo. Pertamax Series mampu meningkatkan akselerasi atau kecepatan kendaraan, membuat mesin lebih responsif, serta mampu melindungi mesin lebih awet dan tahan lama karena pembakaran yang lebih efesien dan bebas karat. 
  • Pertadex & Dexlite
Dex Series ini mampu menghasilkan performa yang lebih optimal untuk kendaraan mesin diesel yaitu lebih bertenaga, awetkan mesin serta ramah lingkungan. Umumnya mobil-mobil besar yang membutuhkan tenaga lebih sehingga lebih bagus menggunakan Dex Series.

Bedanya Pertamina Dex untuk kendaran umum atau pribadi, sementara Dexlite biasanya untuk keperluan niaga ya. Bahan bakar Pertadex dan Dexlite biasa digunakan oleh mobil jenis SUV dan Mini SUV, VAN dan Mini Van serta beberapa MPV bermesin diesel.


Nah, itulah beberapa jenis bahan bakar yang dikeluarkan piham Pertamina untuk kenderaan bermotor baik untuk roda 2 maupun roda 4.

Oh ya, untuk kilometer tempuh rendah itu dimiliki oleh petalite dan pertamax yang ramah lingkungan, hal ini justru jauh lebih menguntungkan untuk kenderaan kita. Kenderaan roda 2 untuk keluaran terbaru harusnya standart euro 2 dan bukan menggunakan premium. 

Mencapai Penerapan BBM Ramah Lingkungan 
Demi tercapainya penerapan BBM ramah lingkungan maka diwajibkannya penggunaan BBM ramah lingkungkan tersebut. Pihak YLKI juga terus bersosialiasasi dan memberikan edukasi upaya penggunaan BBM ramah lingkungan ini. 

Diadakannya webinar ini adalah salah satu sosialisasi dan edukasi untuk memberitahukan BBM ramah lingkungan ke masyarakat umum, jadi para penulis atau peserta webinar lainnya bisa memberitahukan ke orang-orang terdekatnya dan disebarkan ke lingkungan biar bisa menerapkan BBM ramah lingkungan. 

Ayo kita bersama wujudkan Program Langit Biru ini agar kelar anak-cucu kita masih bisa menikmati langit biru dan udara segar dihirup ya. Bukan malah polusi udara tetapi udara yang bersih. Mari bersama terapkan penggunaan BBM ramah lingkungan untuk kenderaan yang kita punya. 💪🏻


Semoga dengan tulisan ini, bisa mengunggah hati kalian atau kalian yang membaca bisa menerapkan BBM ramah lingkungan ya buat kenderaan kalian dan mendukung Program Langit Biru terus-menerus tentunya ya. 😘




LOVE,