Cara Kuat Menjalani Ramadan

Cara Kuat Menjalani Ramadan

Cara kuat menjalani Ramadan dengan melakukan beberapa hal yang aku lakukan ini, yaitu.... 

Moshimoshi.. 🧚 Menjalani Ramadan saat pandemi memang sedikit sulit ya tetapi pandemi saat ini sudah tidak separah awal dan sekarang sudah hampir menjadi endemi, kita pun sudah diperbolehkan sholat tarawih bersama tahun ini di mesjid. 

Walau pandemi tahun ini tidak separah sebelumnya kita tentu saja tetap tidak boleh lengah dan tetap menjaga imun tubuh kita agar tetap bagus serta kuat menjalani Ramadan kali ini. 


Aku mempunyai beberapa cara menjalani Ramadan agar tetap kuat menjalaninya dengan menjaga imun tubuh kita juga dengan bagus serta tidak kurangnya asupan nutrisi. 

Ada beberapa cara agar kuat menjalani Ramadan kali ini versi aku, boleh kalian ikuti juga ya. Caranya agar kuat menjalani Ramadan adalah dengan :
  • Sahur
Hal yang paling penting dan jangan pernah terlewatkan adalah sahur karena ini kunci kita bisa menjalani puasa dengan kuat. Jadi pastikan jangan tidur telat karena kalau tidur telat kemungkinan susah bangun sahur dan ini sering terjadi sih di aku dan kita bakalan loyo seharian karena tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. 

Cara Kuat Menjalani Ramadan

Read :

Apalagi yang mempunyai maag seperti aku, sahur itu wajib banget. Pernah aku tidak sahur dan pagi perut sudah perih dan terpaksa harus membatalkan puasa dan minum obat maag. Jadi, jangan sampai tidak sahur ya bagi kalian yang mempunyai maag kayak aku. 

Jadi, setelah sholat tarawih dan kalau tidak ada sesuatu yang penting untuk dikerjakan, sebaiknya kita langsung tidur saja. Ingat, sahur itu kunci nomor satu menjalani puasa agar bisa beraktifitas dan menjalani hari dengan semangat. 


  • Makan Buah & Sayur
Berbicara mengenai sahur dan tentu saja berbuka puasa, sebaiknya kita membahas makanan yang akan di makan juga. Sahur dan berbuka puasa itu sebaiknya makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-bahan jangan sampai ketinggalan dan masuk dalam menu makanan sahur dan berbuka. 

Kuat Menjalani Ramadan

Iya sih, saat berbuka ingin ya ini dan itu, saat siang hari sudah membayangkan betapa enaknya makanan ini itu kalau berbuka tetapi pastikan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita ya, jangan hanya kemauan kita saja tetapi tubuh kita perlunya apa. Buah dan sayur ini penting banget buat tubuh kita. 

  • Minum Vitamin
Bahas makanan sudah dan tentu saja juga yang tak kalah penting adalah vitamin. Aku tidak pernah ketinggalan minum vitamin selama pandemi dan juga saat berpuasa kali ini karena perlu banget agar badan aku tidak kekurangan vitamin harian dan juga menjaga imun tubuh aku karena pandemi belum benar-benar berakhir. 

Cara Kuat Menjalani Ramadan

Setidaknya kita harus minum Vitamin C dan Vitamin B6 untuk memenuhi vitamin harian tadi dan menjaga imun tubuh kita agar ramadhan kita kembali kuat. So, jangan lupa stock vitamin ya. 😉

Read :

  • Olahraga
Puasa tapi tetap olahraga, iya dong walau olahraganya jangan olahraga yang berat ya. Olahraga itu paling enak sebenarnya di pagi hari. Tetapi kalau ingin olahraga yang berat, sebaiknya setelah berbuka puasa kita lakukan atau sore hari sebelum berbuka puasa. 

Cara Kuat Menjalani Ramadan

Melakukan olahraga di pagi hari sebelum beraktivitas itu kayak membuat mood kita jadi lebih baik untuk menjalani hari dan tubuh juga rasanya lebih segar. Itu kalau yang aku rasakan ya. Tetapi balik lagi, kalau tidak ada waktu di pagi hari karena sibuk siap-siap kerja, ya bisa sehabis pulang kerja yaitu sore menjelang berbuka puasa. 

Read :

  • Menjalankan Aktivitas Sewajarnya
Menjalankan aktifitas ketika berpuasa, sebaiknya menjalankan aktivitas yang Sewajarnya saja ya jangan melakukan aktivitas yang berat karena ini juga mempengaruhi tubuh kita dan bisa-bisa kita tidak kuat berpuasa. Kalau tidak, tubuh kita yang sudah drop. 

Jujur, di dalam bulan Ramadan ini aku mengurangi aktivitas aku menjadi lebih sedikit ketimbang hari-hari biasa di luar Ramadan agar menjalani Ramadan-nya lebih baik. 

Aktivitas Ramadan


Nah, itulah cara aku menjalani Ramadan agar tubuh kita tetap kuat menjalani Ramadan dan puasa kita juga tidak terganggu. Apalagi bagi yang mempunyai maag ya, wajib banget melakukan hal yang pertama tadi yaitu sahur. 

Semoga cara aku menjalani Ramadan ini, bisa kalian ikuti juga dan menjalani Ramadan jadi lebih kuat dan bersemangat. 😍




LOVE,
Rima Angel

Post a Comment

0 Comments