Cara Menaikan PV Blog ala Rima Angel

Moshimoshi..(*´ะท)(ฮต`*)

Aku beberapa hari ini terlihat tidak konsisten bukan waktu menulisnya? Iya, itu disebabkan karena hape aku rusak dan data foto-foto blog aku menjadi hilang semua.

Sesuai tebakan kalian, aku masih menyimpan data blog aku dihape dan aku masih lebih banyak menulis blog melalui hape ketimbang didepan laptop. Semua itu karena kalau menulis lewat hape itu bisa sambil guling-guling di kasur dan didepan laptop aku merasa lelah setelah dahulu kala sekolah multimedia didepan komputer selama 3 tahun. ๐Ÿ˜‚

Ketahui lah bahwa sekarang ini, aku pun menulis dan mengedit foto-foto ini melalui hape sambil tiduran. He ๐Ÿ˜…

Oh ya, udahan dulu ya ceritanya. Sekarang kita ke pembahasan yang sesuai dengan judul yang tertera yaitu cara menaikan PV Blog ala Rima Angel, aku sendiri. Ini aku sesuaikan dengan yang terjadi diblog aku ya. ๐Ÿ˜‰


So, yang apa yang dilakukan agar PV blog bisa naik? Hal ini lah yang dapat menaikan PV Blog kalian:
  • Rajin Menulis (Konsisten dan Terjadwal)
Waktu awal ngeblog aku tidak mengerti yang beginian, maksudnya tentang rajin menulis. Waktu itu yang aku tahu hanya menulis ketika aku ingin saja. Dalam 1 bulan ada kali nulisnya cuma 1 doang. ๐Ÿ˜‚

Selang beberapa bulan aku kemudian mencari-cari artikel atau bacaan mengenai cara menarik pembaca buat blog aku dan pada saat itu yang mereka kasih tahu hanya menulis sesering mungkin dan postingnya terjadwal.

Aku ikuti lah dalam beberapa bulan hal tersebut. Awalnya masih bingung menjadwalkan blog seperti apa. Akhirnya aku memutuskan dalam 1 minggu menulis 3 review dan setiap weekeend khusus untuk menulis mengenai skincare mingguan.


Beberapa bulan kemudian, pv aku meningkat drastis. Iya, langsung ribuan. Wow ๐Ÿ˜ฑ. Aku aja kaget dan berarti hal ini bekerja dengan baik diblog aku. ๐Ÿ˜‰

Nah, buat kalian yang ingin pv naik, harus lah ya konsisten dari sekarang dan jadwalkan postingan kalian. Ya, walaupun hal ini tidak cepat tetapi hal ini memuaskan.

  • Share di Sosial Media yang Niche-nya Sama
Sudah konsisten menulis tetapi masih juga pv naiknya cuma dikit. Ya, iyalah, kalian tidak membagikan postingan lain jadi mana mungkin orang lain tahu.

So, kalian wajib banget share postingan kalian disemua sosmed yang kalian punya, mulai dari share google+, facebook, twitter, pinterest, bbm, instagram dan grup-grup blogger.


Iya, kalian harus masuk ke semua grup blogger sesuai dengan "aliran" atau niche blog kalian. Misal kayak blog aku ini tentang beauty jadi aku harus gabung digrup seperti grup "komunitas beauty blogger", "komunitas female blogger" dan komunitas lainnya yang sesuai.

  • Waktu Share yang Tepat
Share bukan sekedar share, share juga harus diwaktu yang tepat. Waktu share ini juga menentukan pembaca blog kita. Masa iya kalian share diwaktu orang tidur, ya pasti tidak akan ada yang membaca lah.

Untuk blog aku, pembaca paling banyak baca itu pagi sama malam dan paling tinggi itu pv pembacanya pada jam 10 malam. Untuk pagi lumayan banyak yang baca itu dimulai jam 8 agi. Jadi, sebisa mungkin aku harus share sebelum jam tersebut. Biasanya aku share setelah aku bangun pagi yaitu antara jam 6 - 7 pagi.


Kalian bisa lihat juga di Google Analytics waktu dimana orang banyak membaca blog kalian. Jadi, kalian share lah diwaktu itu.

  • Posting Mengenai Sesuatu yang Paling Banyak Pembaca Kamu Suka
Hal ini mah terlihat saja dari pv tertinggi diblog kalian jadi tidak terlalu sulit menentukannya ya. Kalau blog aku yang paling banyak dibaca dan menarik pv tinggi dengan cepat adalah postingan mengenai jerawat. Ya, aku dari awal bikin blog memang untuk share mengenai kulit aku yang sering jerawatan sehingga isi blog aku banyak mengenai hal tersebut.

Untuk blog kalian, sesuaikan saja. Misal diblog kalian pv paling tinggi adalah mengenai tutorial makeup, jadi rajin-rajin lah membuat tutorial makeup. ๐Ÿ˜‡

  • Pemilihan Judul Postingan
Mungkin ya, sesuai dengan yang pernah aku baca katanya untuk blogger diluar beauty harus lah memilih judul yang tepat dan yang menarik pembaca agar berkeinginan untuk membaca blog kalian.

Yups, diblog khusus beauty judul postingan mah sesuai dengan nama produk ya karena orang juga kalau cari produk di google pasti searchnya merk dan nama produk. Sesekali paling hanya mengganti judul postingan seperti "foundation untuk kulit berjerawat" atau "skincare untuk kulit berjerawat dan sensitif", selebihnya ya sama saja.


Lain halnya diluar beauty, mereka harus pintar-pintar memilih judul postingan untuk menarik banyak membaca. Terkadang mereka menuliskan judul yang sedang hits agar orang banyak membaca. Itu sih harus kayaknya ya. ๐Ÿ˜‰

So, pilih lah judul postingan yang menarik pembaca sebanyak mungkin untuk membaca blog kalian akan tetapi yang sesuai dengan isi bacaan postingan tersebut.

  • Pemilihan Template
Untuk hal ini aku masih agak ragu tetapi agak meyakinkan juga. Kalian tahu, aku beberapa bulan lalu sering berganti template untuk menyesuaikan dengan blog aku ini.

Kalian pernah baca blog ini dengan template berwarna hitam padahal template tersebut sudah seo friendly dan bla bla lainnya agar cepat diakses tetapi pv aku turun drastis dan grafik pv-nya turun naik dengan tidak jelas.

Sebelumnya pv aku cukup bagus dengan angka 8.000 saat template pink dan diganti dengan warna hitam anjlok menjadi 4.000 dan angka tersebut turun naik di 3.000 lalu 4.000 serta selalu tidak jelas tiap harinya grafik pv-nya. Kemudian aku mulai mengganti lagi dengan berwarna pink, kalian tahu pv aku naik menanjak langsung 10.000 dan sekarang 11.000.


Nah, menurut aku selain template itu harus seo friendly, bisa diakses dengan cepat via mobile dan hal lainnya yang sering diceritakan "agan-agan", template kalian harus lah sesuai dengan kepribadian blog kalian.


Itu lah yang dapat aku bagikan untuk kalian agar pv blog kalian bisa meningkat. Hal ini sesuai dengan yang aku alami ya. ^^



LOVE,

65 komentar

  1. poin konsisten ini nih yang masih berat menurut aku huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya apalagi kalau lagi mager gitu. Malasnya lebih banyak. Hehe

      Delete
  2. Terima kasih ya rima sudah berbagi informasi yang bermanfaat :)
    Ravitamala.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Nice articel Rima ๐Ÿ˜Š
    Btw ada rekomendasi cari template yang seo friendly dan murah atau kalo bisa free dimana? Hahaha

    www.kornelialuciana.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku selalu gratis. Hihi
      Belum pernah beli neh template. Hehe

      Di gooyaabii template banyak pilihannya ci luci dan gratis.

      Delete
  4. Aduh, yang udah jutaan pvnya ๐Ÿ™ˆ. Iya, ngaruh banget ternyata template ya, template sebelumnya pv aku kaya siput jalannya, sekarang cepet banget naiknya (walau masih jauh dar i mba Rima. Hihi)... Etapi, pv yang lebih akurat katanya di google analytics

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bukan cuma aku ya ternyata yg ngerasain kalo template ini ngaruh banget. Hehe

      Iya, lebih akurat GA memang tapi aku belum memahami banget cara baca GA neh. Baru memulai dikit-dikit.

      Delete
  5. Wah makasih mba ilmunya. Karena aq blogger baru, jujur jadi belum paham cara membaca waktu yang tepat di GA. Ttp pas baca ini jadi punya gambarannya. Mkasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sama-sama mbak erysha.

      Letaknya membaca waktu itu, ada di berandanya GA kita kok. Hehe

      Delete
  6. Hai Rim, tipsnya bagus banget. Mau menambahkan aja, Stat yang di Blogger sebaiknya ngga dijadiin acuan lagi karena banyak ngaconya ๐Ÿ˜… Mending pake ukuran Google Analytics aja buat lihat progress PV blog kamu ๐Ÿ˜Š

    Semangat yaa ngeblognya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh ka Nindy, lagi pengen belajar tentang GA sih. Mulai memahami dikit-dikit dulu soalnya membingungkan juga bacanya. Hehe

      Delete
  7. Setuju sama yang kamu bilang Rima, btw template emang harus clean supaya ga bikin sakit mata pembaca apalagi bacanya dari hp. Selamat ya udah berhasil menaikkan visitor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa makasih ucapannya mbak Desy ๐Ÿ˜

      Iya, template yg loadingnya cepat, ngaruh lagi ya. Hihi soalnya kalo lalod jadi malas berkunjung.

      Delete
  8. Bermanfaat sekali Ka rima, makasih info nya hihihi

    ReplyDelete
  9. Suka artikelnya. Nuhun Rima. Pengen dipraktekkan ah mumpung baru punya blog baru.

    ReplyDelete
  10. Wah, terimakasih ya sudah berbagi pengalaman. Bermanfaat sekali nih :)

    ReplyDelete
  11. Poin 1 itu yg berat banget ๐Ÿ˜… Tips-nya oke banget ini, Rim. Thanks ya *cussmraktekkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Konsisten itu memang agak melelahkan ya. Wkwkwk apalagi buat ibu yg udah punya anak. Hehe

      Delete
  12. konsisten post agak sulit ya, apalagi kalo lagi habis bahan >< bingung mau nulis apaan..
    nice post, salam kenal :D

    www.lucyanaliu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau beauty blogger kayaknya ga pernah habis bahan ya karena dunia permakeup-an ini berkembang terus dan produk baru selalu muncul dan kalau blogger yg lainnya bisa aja tuh kehabisan bahan ya. Hehe

      Salam kenal juga lucy liu. ๐Ÿ˜˜

      Delete
  13. emang harus konsisten sih nge-blog ya rim,
    agustus kemarin ga nge-blog sama sekali PV cek GA turun hampir 15k dibanding bulan sebelumnya *sedih*

    tp mood aku nulis & foto produk emang lagi gak tau kemana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa ngeri juga fv nya ya.
      Aku pun kalo mager gitu, ada ga nulis. Haha

      Delete
  14. masih nyari2 template yg mobile n seo friendly nih, hehee

    ReplyDelete
  15. Thanks for sharingnya ya mba.
    Bermanfaat banget :D

    ReplyDelete
  16. selalu ngiler liat PV harian Rima hahahaaa kapan yaaa bisa begitu (lagi) wkwkwkk

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, berarti mbak winda udah pernah juga lah ya pv nya segitu. Hehe

      Delete
  17. Duh PV nya mba, keren banget.
    Saya juga lagi semangat-semangatnya naikin pv.
    Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih herlina ๐Ÿ˜
      Semangat terus nulisnya ya.

      Delete
  18. waau kerenn mbak, oh iya tambah lagi satuu, rajin rajin buat bw, benar nggak mbak :-)

    oh iya mbak mau nanya, itu tample di dowmpoad kan, tample yang di download apa bisa dirubah fontnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bw kayaknya buat naikin da pa deh kecuali si orang yg kamu bw itu rajin bw balik. Hehe

      Bisa ini, bisa banget yg aku pake sekarang ini. Warna pun bisa diganti-ganti.

      Delete
  19. Kira-kira belasan artikel ya tiap bulannya... Dan dishare ke mana-mans

    ReplyDelete
  20. Hebat, konsisten, share ke mana-mana..

    Klo msh blm dot com juga pengaruh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku bilang ga sih, dulu aku masih blogspot bisa tembus 8ribu kok perhari.

      Delete
  21. Template ngaruh banget kok. Apalagi kalau tipenya template ketika di download itu jadi kaya baru. Alias isi html nya juga ikutan baru. Apa-apa yang kita tanam dulu di html juga ikutan hilang.
    Udah, nggak usah ganti lagi. Ini sudah bagus kok. Sekalian jadi ciri khas. :)
    Nice review, aku suka sekali. jadi makin semangat ngeblog. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku baru akhir-akhir ini lho kalau template ngaruh banget gini.

      Iya neh, kayak udah sehati ama ini. Wkwkwk

      Delete
  22. Ini post-an riyaaa nih pastiii.. pastiiii :)))
    *diguyur indomie* hahahahah
    cakep ya angkanya... bikin ngiler deh ^ ^
    www.nonahitampahit.co

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kan kan kan kalian yg nyuruh aku bikin post ini. ๐Ÿ˜œ

      Ka elnie, indomie terus ah. Mentang-mentang di Bali kagak ada indomie, jadi kangennya indomie terus. Hihi

      Delete
  23. Konsisten nulis tapi nichenya campur aduk itu gmn y.. Hihihi..*nunjuk muka
    Soalnya yg byk dibaca tulisan ala emak2 akhirnya foodnya begitu2 aja...��
    Btw, nice tips rim.. Tinggi bgt PVnya.. Semoga bs gt jg nnti.. ��

    ReplyDelete
  24. Pvnya keren mba..bnyak banget! Untuk konsisten..ini aku lg usaha. Untuk template, barusan ganti..semoga pv lebih baik. Ngeshare ini..aku sering ga pede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pv nya meningkat ya mbak.
      Harus pede mbak share, gapapa lah tulisan ga bagus diawal-awal. Namanya juga belajar, ntar tambah hari tambah bagus dengan sendirinya kok.
      Semangat. ๐Ÿ˜˜

      Delete
  25. Kerenn kaakkk. Ntar eny usahain buat konsisten hhe makasih bnyk kaa buat infonyaa hhe


    Www.eny-chan.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  26. ilmu yang bermanfaat banget nih, dicoba ah

    ReplyDelete
  27. Waduh aku aja PV nya masih jauh banget mba rima.. jumlah views nya aja masih sedikit banget dan belum mengerti GA. Aku selalu share tengah malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semamgat ya buat naikin pv dan belajar GA nya. ๐Ÿ˜‰
      Akupun masih ga terlalu ngerti GA. Hehe

      Delete
  28. Hohoho,,bermanfaat sekali
    Tetapi blog ku isinya curhatan dan sesuatu yg kurang penting seh hahahah
    Poin konsinten menulis dan jadwal postingan itu yang kugaris bawahi, aduh itu susah bener terutama buat yg pemula macam diriku hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu menurut mbak ga penting, kali aja buat orang lain penting. Kan mana tahu ya.

      Semangat ya, semoga rajin menulis nantinya bisa naikin pv. ๐Ÿ˜˜

      Delete
  29. Semoga aku juga bisa nulis sesuai jadwal dan konsisten meng update postingan juga seperti yang mbak lakukan. Kalo di blog aku postingan DIY yang paling banyak mendapat PV.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semangat ya Novie. Nah, berarti postingan itu aja yang dirajinin.

      Delete
  30. Tips menulis konsisten itu penting ya? Saya belum punya jadwal, tapi sedang berupaya bisa terus mengisi blog. Thanks sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat penting banget konsisten itu. Kalau ga konsisten mah jangan kan orang lain, google pun malas untuk "melihatnya", istilahnya mah gitu. Hehe

      Delete
  31. Waw, keren sekali blognya & tipsnya, tengkiu yaa

    ReplyDelete
  32. Aku masih bingung mau mengarahkan blog aku kemana ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ huaa.. Maunga sihh langsung pnya pv yg bnyak, tapi gak mungkin instan banget kan.. Thanks info yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai sama yang kamu suka aja lah ya isinya, hehe
      Ga mungkin banget lah langsung tinggi, harus dari 0 dulu hehe

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra ๐Ÿ’