5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Rumahan


Memulai bisnis rumahan dengan terlebih dahulu membuat rencana dan bisnis sesuai dengan minat. 

Moshimoshi.. 🧚 Kali ini aku tidak membahas mengenai skincare melainkan akan membahas mengenai cara memulai bisnis tetapi bisnis rumahan.

Eits, jangan salah. Bisnis rumahan ini juga biasanya penghasilannya lebih besar lho daripada gaji pegawai. Sudah banyak contoh diluaran sana yang berhasil dengan bisnis rumahannya.

Kalian tahu sekarang ini perbandingan jumlah pencari kerja dan ketersediaan lapangan kerja yang tidak berimbang membuat banyak orang merasa putus asa untuk mendapatkan perkerjaan impiannya. Makanya tidak heran jika akhir-akhir ini kita sering menemui orang-orang yang berkerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Walau sebenarnya tidak masalah jika bekerja diluar latar belakang tetapi yang penting bekerja sesuai impian, tetapi hal ini tidak banyak terjadi sekarang.

Orang-orang sekarang cenderung untuk berkerja sebagai karyawan dan membuat mereka pasrah untuk berkerja di ilmu yang mereka miliki, meskipun terkadang penghasilan yang diperoleh tidak selalu mencukupi kebutuhan. 😣

Padahal berkerja sebagai karyawan bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan uang. Jika mau sedikit lebih bersusah payah, sekarang ini banyak terbuka peluang untuk memiliki usaha sendiri yang bahkan bisa dilakukan dari rumah.

5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Rumahan, yaitu :
🌺 Dapatkan Support dari Lingkungan Terdekat
Ketika memutuskan untuk memulai bisnis rumahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan support dari lingkungan terdekat seperti keluarga dan kerabat.


Hal ini sangat perlukan karena usaha akan dilakukan di rumah. Jadi dapatkanlah support dari keluarga baik itu berupa materil ataupun non-materil.

Semangat keluarga atau irang terdekat itu adalah sesuatu yang sangat penting untuk semangat kita memulai semuanya. 😍


🌺 Tentukan Bisnis Sesuai Minat
Mengerjakan sesuatu yang disukai tentu saja hasilnya akan berbeda dengan mengerjakan sesuatu yang tidak disukai. Maka dari itu, menentukan bisnis sesuai minat akan jauh lebih menjanjikan.

Bisnis sesuai minat ini juga menambha semangat setiap harimu untuk menjalankannya dan terasa menyenangkan tanpa beban.

Tetapi ada satu hal yang harus diperhatikan saat menentukan bisnis sesuai minat ini. Jangan sampai karena terburu nafsu, jadi melupakan hal yang menentukan keberhasilan bisnis yaitu peluang pasar. Pastikan untuk menyelaraskan bisnis, minat, dan peluang pasar yang ada. Jangan ada yg terlewat satu pun ya dari ini.


🌺 Siapkan Modal


Modal tentu saja adalah salah satu faktor utama dalam memulai bisnis. Termasuk bisnis rumahan. Pastikan untuk menghitung semua modal yang dibutuhkan dengan teliti agar bisnis yang direncanakan berjalan maksimal.

Perhitungan modal ini bisa meliputi bahan baku, peralatan, biaya produksi, biaya promosi, dan lain-lain. Perhitungan modal yang tidak tepat akan mengakibatkan bisnis berjalan tersendat di kemudian hari, sehingga beresiko untuk gagal.

Tidak mau kan ya, usaha yang kita jalankan dengan susah payah kemudian gagal ditengah jalan, makanya ketika memulainya harus dengan perhitungan yang baik.

Jika memungkinkan dapatkanlah modal tanpa harus meminjam uang dari pihak ke tiga. Kalaupun harus meminjam, cobalah dari lingkungan terdekat dulu seperti keluarga. Tetapi jika dari keluarga tidak memungkinkan, maka pinjamlah dari tempat pinjam uang yang terpercaya.

Kalau aku pribadi jujur tidak terlalu suka meminjam uang dari keluarga karena akan jauh lebih ribet urusannya dan aku lebih memilih untuk meminjam uang di tempat lain.

Ingat ya, tempat kita meminjam uang tadi harus yang terpercaya dengan sebelumnya kita bertanya-tanya terlebih dahulu dengan orang yang pernah meminjam di tempat tersebut.


🌺 Pelajari dan Kuasai Cara-cara Pemasaran Online


Di zaman yang serba digital sekarang ini akan sangat ketinggalan jika usaha yang dibangun tidak ikut dipasarkan secara online. Maka dari itu jangan ragu untuk belajar teknik-teknik pemasaran online.

Sebenarnya pemasaran online cukup mudah untuk dilakukan, terutama bagi pemilik akun media sosial yang aktif menggunakan media sosialnya. Hanya saja untuk lebih bisa menyentuh sasaran yang dituju, tidak ada salahnya untuk mempelajari cara pemasaran online yang baik dan benar, agar bisnis yang dipasarkan tepat sasaran.

Jadi, kalau ada workshop mengenai hal tentang pemasaran ikuti saja, pasti akan berguna untuk bisnis kita.

Oh ya, sekarang juga sudah mudah banget berjualan online ini karena beberapa e-commerce sudah menyediakan wadah untuk kita berjualan, tinggal niat kitanya saja lagi untuk memulainya.


🌺 Waspadai Tawaran Hutang yang Menggiurkan


Ketika bisnis telah berjalan cukup baik, maka hasrat untuk mengembangkan sayap bisnis itu akan datang. Sayangnya terkadang modal yang dimiliki belum cukup untuk melakukannya.

Nah, saat inilah keinginan untuk mendapatkan modal tambahan pun tiba. Waspadalah, karena tiba-tiba tawaran hutang akan terasa sangat menggiurkan karena impian yang menggebu telah membutakan nalar. Tetaplah berpijak pada akal sehat, jangan terpancing untuk ekspansi usaha lantas kalap meminjam uang.

Salah jalan dalam meminjam uang ini, bisa membuat kita terlilit hutang dan akhirnya usaha yang sudah sukses malahan menjadi lebih turun bahkan bangkrut. πŸ™ˆ

Jadi, jangan asal meminjam uang sembarangan ya untuk menambah usaha ini, pilih yang terpercaya.

🌷🌷🌷

Nah, itulah 5 langkah mudah memulai bisnis dari rumah. Semoga bermanfaat ya buat kalian yang ingin memulai bisnis rumahan.

Berminat jadi usahawan muda? Tunggu apalagi? Mulailah dari sekarang.
Selamat mencoba dan semoga sukses. πŸ˜πŸ’•



LOVE,
facebook  |  twitter  |  instagram  |  youtube
Facebook Rima Angel (Blog Pribadi)

6 Comments

  1. Modal yang selalu jadi kendala... mau minjam bank harus pny agunan

    ReplyDelete
  2. bener banget, Waspada pinjaman uang dengan Bunga tinggi. Lama2 bahaya juga kalo capek bayar bunga doank

    ReplyDelete
  3. wah bener nih, ini langkah bila memulai bisnis rumahan...huhuhu, asik bgt bisnis di rmh terus dpt uang. walau pasti nggak semudah membalik telapak tangan..
    iya bgt kalo minjem uang aplg diluar keluarga harus hati2.byk penipuan jaman now huhu

    ReplyDelete
  4. Ampih sudah rima ae mun aku beusaha di rumah. Mun pina lagi perlu-perlu hanyar melego'i barang-barang preloved.

    ReplyDelete
  5. sekarang kalau mau bisnis atau jualan sebenarnya lebih mudah ya ketimbang dulu soalnya sudah banyak marketplace dan ecommerce yang bisa membantu. promosinya juga bisa lewat media sosial. tapi memang tetap perlu persiapan matang sih ya sebelum mulai berbisnis rumahan ini

    ReplyDelete
  6. sebenernya konsisten dan pantang menyerah juga diperlukan, soalnya kadang kita belum berhasil akhirnya nyerah gitu aja sama bisnis yang memang baru kita bangun:D

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’