Membersihkan wajah setelah menggunakan masker, apa iya setelah penggunaan sheet mask juga cuci muka?

Moshimoshi..
🧚 Kali ini aku ingin menuliskan beberapa tips dalam penggunaan skincare terutama ketika penggunaan masker wajah ya. Masker wajah beneran, bukan masker buat menutup hidung dan mulut. Hehe 😅
 
Penggunaan masker wajah memang sudah biasa di dunia skincare. Bahkan suatu penelitian di tahun 2018 pun mengatakan kalau masker dapat membantu merawat kulit wajah karena kandungan vitamin, protein, dan mineral.

Meski demikian, kamu juga harus tahu cara membersihkan wajah setelah pakai masker untuk membuang sebum kulit kotor. Berikut ulasannya, yaitu :
1. Perhatikan Jenis Masker
Sebelum mencuci muka atau membersihkan wajah, kalian harus tahu jenis masker yang digunakan. Setidaknya ada empat jenis masker wajah yang sering ditemukan di pasaran, yakni jenis krim, lembaran, clay, dan sleeping mask. Cara penggunaannya berbeda, begitu pula cara pembersihan pasca pengaplikasiannya.


Pada jenis masker krim kamu harus membilas atau mengelupas masker sebelum membilas wajah. Begitu juga dengan masker lembaran yang hanya perlu dilepas saja. Sementara itu, untuk masker jenis clay, kamu harus membilasnya hingga bersih. Begitu juga dengan sleeping mask yang biasanya dibilas dikeesokan pagi setelah bangun tidur.

2. Mencuci dan Membilas Wajah
Apabila sudah saatnya untuk mencuci muka, maka cara membersihkan wajah setelah pakai masker pun tidak boleh sembarangan. Tidak sedikit jenis masker yang ternyata perlu tambahan pembersih wajah bukan sekedar membilas dengan air saja.

Contohnya adalah clay mask yang dapat membuat kulit kering, sehingga harus diikuti dengan penggunaan pelembab setelah pemakaian. Untuk jenis masker lembaran, sebenarnya tidak perlu dibilas lagi. Namun, kamu bisa mengaplikasikan krim malam terlebih dahulu sebelumnya. Sedangkan untuk jenis masker malam, Kamu hanya perlu membersihkan wajah seperti umumnya setiap pagi hari. Gunakan air hangat suam kuku dan keringkan dengan handuk lembut bersih.


Kalian bisa menggunakan pembersih wajah, seperti sabun anti acne seketika setelah melepas masker. Bagi pemilik kulit kering, gunakan sabun wajah yang lembut dan tambahan produk pelembab agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

3. Scrub Wajah
Agar hasil lebih maksimal, lakukan scrubbing wajah. Proses ini berfungsi mengangkat kulit mati atau sebum yang tidak terangkat. Scrubbing sendiri dianggap penting karena akan berpengaruh pada proses regenerasi kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. Hal ini juga akan mengurangi pori-pori tersumbat penyebab jerawat.

Lakukan scrubbing dengan menggunakan produk scrub wajah atau gunakan bahan alami. Kalian harus melakukannya secara menyeluruh, dengan mengoles dan menggosok seluruh bagian wajah. Termasuk daerah sempit seperti pada bagian hidung, dahi, dan dagu yang paling sering muncul komedo.  Kemudian, bilas dengan air dingin hingga bersih.

4. Melakukan Steaming
Facial steaming dapat membantu menetralkan kulit setelah proses scrubbing dan masker. Cara membersihkan wajah setelah pakai masker ini juga dianggap mampu menenangkan kulit dan melawan efek penuaan. Kalian hanya perlu menggunakan baskom berisi air panas dan mendekatkan wajah di atas baskom selama beberapa menit.


Pada dasarnya, memang setiap jenis masker wajah akan membutuhkan proses penyerapan yang berbeda pula. Baik itu jenis lembaran, krim, clay, atau sleeping mask. Kalian harus tetap membilas wajah setelah menggunakan masker ya.

Kemudian lanjutkan dengan scrub wajah dan steaming agar kulit wajah semakin bersih namun tetap menyerap kandungan vitamin dan mineralnya.

Kalian bisa mendapatkan semua produk perawatan kecantikan di website www.beautyhaul.com. Tersedia berbagai merk produk dari brand lokal dan luar negeri dengan kualitas unggulan. Tempat aku sering belanja skincare sih ini. 😍 Dijamin terpercaya.





LOVE,