Moisturizer untuk Kulit Kering - Cocok di Kulit Acne Prone


Kulit acne prone yang mengalami kulit kering parah, ada beberapa tips memilih pelembab dari pengalaman yang terjadi pada kulit aku.

Moshimoshi.. 🧚 Setelah beberapa bulan rasanya aku tidak ada menulis tentang skincare. Eh, ga deng! Bulan ini doang aku yang tidak ada menulis mengenai skincare dan kali ini aku ingin menuliskan mengenai skincare. 

Bukan tentang skincare untuk kulit berminyak seperti kulit aku saat ini ya tetapi skincare untuk kulit kering. Yups, aku pernah mengalami kulit yang kering banget dan rasanya sungguh sangat tidak nyaman. Kulit berasa kaku, ketarik, gatal dan semua hal yang sungguh tak nyaman yang tidak pernah aku alami. 

Makanya kali ini aku ingin share ke kalian skincare yang bagaimana yang cocok untuk kulit kering sebenar-benarnya. Aku tidak akan menyarankan brand A, brand B tapi kelebih cara memilih skincare-nya ya. 


Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan untuk memilih moisturizer untuk kulit kering dan ini berdasarkan pengalaman yang pernah aku alami ketika kulit aku kering parah ya. Jadi, beberapa hal inilah yang aku lakukan, yaitu :
  • Tekstur
Aku memilih pelembab yang teksturnya agak lengket, basah atau yang rich karena tekstur seperti ini biasanya nampol buat mengatasi kekeringan yang terjadi di kulit aku. Aku bakalan saranin kalian mencoba 3 tekstur pelembab yang dimulai dari tekstur yang krim terlebih dahulu kemudian balm dan terakhir oil. 
🌹Tekstur Krim
Pertama-tama biasanya aku mulai memilih dengan pelembab dengan kandungan krim tetapi jika hal ini masih kurang nampol di kulit aku, kemudian aku memilih yang tekstur yang lebih di atasnya lagi yaitu Balm. 

krim

Untuk tekstur krim ini biasanya tidak akan selengket tesktur lainnya seperti balm dan oil sehingga masih nyaman digunakan pada siang hari. 

🌹Tekstur Balm
Aku sendiri cukup berhati-hati dengan tekstur seperti ini karena dengan kondisi kulit aku yang acne prone. Jadi, walau kulit aku kering parah tetapi tetap tumbuh jerawat dan hal ini yang makin menyiksa. 

So, untuk kandungan balm aku benar-benar hati-hati banget dan agak pemilih bahkan terkadang aku loncat langsung ke oil karena di kulit aku, oil lebih bersahabat untuk kulit aku ketimbang tekstur balm. 

balm

Untuk tekstur Balm biasanya aku hanya memberikan di area yang benar-benar kering jadi semacam kayak ditotol tetapi ini diratakan di area tersebut dengan tipis-tipis. 

🌹Tekstur Oil
Pelembab dengan tekstur oil ini kadang membuat kulit terasa cukup tidak nyaman di siang hari apalagi di cuaca yang panas, dia terasa lengket sehingga membuat kita kurang nyaman dan nyaman digunakan di malam hari tetapi sekarang cukup banyak skincare dengan tekstur oil yang juga mudah meresap ke kulit dan tidak membuat kulit terasa greasy

Untuk tekstur oil begini, ya biasa aku teteskan ke telapak tangan terlebih dahulu kemudian baru diratakan ke seluruh wajah. 

oil

  • Kandungan Utama 
Aku rasa sekarang banyak orang yang mengerti mengenai skincare dan kandungan utamanya. Biasa mereka lebih memilih kandungan utama bla bla tanpa melihat tekstur. Tetapi ini sih berlaku bagi yang suka memahami kandungan utama ya tetapi bagi yang males mikirin kandungan utama, aku rasa tekstur yang aku kasih tahu di atas, bisa cukup membantu kalian untuk memilih mousturizer untuk kulit kering. 

Ada beberapa kandungan utama yang bagus untuk kulit kering yang dimana mereka bagus untuk melembabkan kulit, menghidrasi kulit bahkan biasanya sekaligus melembutkan kulit, memperbaiki tekstur kulit hingga membuat kulit lebih plumply dan bouncy. 

Untuk aku sendiri, ketika kulit aku kering yang paling aku cari adalah pelembab dengan kandungan hyaluronic acid, rose, peptide dan honey. 


🌹Hyaluronic Acid
Kandungan utama paling awal yang aku cari adalah Hyaluronic Acid karena ini paling bersahabat dengan kulit aku dan biasanya sudah cukup bagus untuk yang keringnya masih biasa-biasa saja bukan yang kering parah.

Kandungan Hyaluronic Acid ini juga biasa Teksturnya itu mudah beresap sehingga masih nyaman tetapi balik lagi, terkandung brand apa yang kita beli dan kandungan lainnya yang bersama dia jadi benar-benar tidak bisa disamakan yang satu dengan yang lainnya. 

Hyaluronic Acid sendiri fungsinya adalah untuk melembabkan kulit dan membuat kulit lebih plumpy

🌹Rose
Untuk kandungan Rose atau bunga mawar ini, aku tidak bisa sembarangan karena beberapa kandungan Rose, aku bahkan tidak cocok dan malah memperparah kondisi kulit aku yang gampang berjerawat. Jadi, kalau salah pilih kandungan Rose ini, sudah kulit kering terus muncul jerawat lagi, apa tidak tambah 'petaka' rasanya kulit. 

Jadi, untuk Rose sendiri ada beberapa jenis dan balik lagi tergantung kulit yang mana yang cocok. Namanya skincare ya cocok-cocokan ya tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang lainnya. Sebaiknya ya kalian trial error sendiri cocoknya Rose yang apa di kulit kalian. 

Untuk skincare dengan kandungan Rose ini fungsi utamanya tentu saja melembabkan kulit. Kandungan Rose ini juga bagus untuk melembutkan dan membuat kulit lebih calm

🌹Peptide
Kandungan skincare yang ada Peptide ini biasanya teksturnya agak lengket di kulit. Fungsi utama Peptide di skincare untuk melembabkan, untuk menghidrasi dan membuat kulit lebih bouncy juga.


Untuk kandungan Peptide sendiri, kulit aku cocok-cocok saja ketika menggunakan kandungan ini dan lebih nyaman aku gunakan pada malam hari karena teksturnya yang agak lengket seperti aku bilang tadi. 

🌹Honey
Pilihan terakhir banget kalau si mereka di atas tidak bisa mengatasi kulit kering aku yang kadang sangat parah yaitu dengan memilih kandungan utama Honey. Untuk kandungan utama Honey ini, aku cuma memilih satu brand biasanya yaitu brand korea dan cukup sulit untuk ditemukan dan harganya juga cukup pricey bagi aku. 

Kandungan Honey ini benar-benar bisa mengatasi kulit kering yang parah yang terjadi pada kulit aku. 

Nah, itulah tips memilih moisturizer untuk kulit kering berdasarkan pengalaman kulit kering yang pernah aku alami. Dimana tentu saja kulit kering yang aku alami ini, dengan kondisi kulit aku yang acne prone ya bukan kulit kering biasa saja. Mungkin akan ada perbedaan dengan kulit kering yang orang lain alami yang memang keadaannya hanya kulit kering saja.

Untuk kalian yang ingin membaca review berbagai hal, bisa banget mengunjungi situs ceklist.id karena disana ada berbagai review lengkap mulai dari review mengenai per-beauty-an, fashion, elektronik dan lainnya. So, kalian kalau cari review bisa langsung cek ceklist.id ya. 

By the way, semoga kalian yang mengalami kulit kering dan juga dengan kondisi kulit acne prone seperti aku bisa terbantu dengan hal yang aku bagikan ini ya. 😉





LOVE,
Rima Angel

Post a Comment

1 Comments

  1. Trimakasih penjelasannya kak, jadi paham sekarang cara memilih pelembab kuloit yang bagus

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar dan dimohon untuk tidak menggunakan 'unknown' karena komentar tidak akan disetujui.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏