Yuks Kenalan dengan Desa Menari

Desa menari

Desa miskin yang kini sukses menjadi desa wisata yang sudah berpenghasilan 250 juta selama 3 tahun perjalanannya.

Moshimoshi.. 🧚Akhirnya aku kembali lagi menulis lagi di blog setelah 1 bulan berlibur  karena bulan kelahiranku, sehingga aku meliburkan diri menulis untuk menghabiskan waktu sama diri sendiri dan keluarga. Tetapi nyatanya aku juga masih tetap sibuk bulan ini untuk mengisi kontenku di platform lain. 🙏🏻

Sekarang aku ingin kembali menulis mengenai tempat wisata dan juga budaya yang ada di negeri kita tercinta ini yaitu Indonesia. Biar kita lebih banyak mengenal mengenal mengenai pariwisata dan budayanya walau tidak pernah kesana, setidaknya kalian mengenalnya melalui tulisan dan berkeinginan untuk kesana. 

Kenalan dengan Desa Menari

Ada yang tahu Desa Menari? Bukan Desa Penari ya, itu judul film horror, tetapi ini Desa Menari. Kalau kalian belum mengetahui mengenai Desa Menari. Yuks, kita kenalan dulu dengan Desa Menari.

Desa tanon

Desa Menari ini terletak di Ngrawan, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa ini disebut dengan "Desa Menari" berawal dari Pak Trisno yang membranding Desa Tanon ini agar lebih mudah dikenal orang lain. 

Jadi, Desa Menari ini adalah desa wisata yang dimana jika kita berkunjung ke Desa Wisata ini kita akan disajikan berbagai kesenian tari seperti Tari Topeng Ayu, Tari Kuda Debog, Tari Kuda Kiprah, Tari Warok Kreasi, dan tarian lainnya yang dibawakan oleh warga Dusun Tanon mulai anak kecil hingga orang tua. 

Tarian di Desa Menari

Berbagai tarian disajikan di Desa Menari seperti yang kita sebutkan sebelumnya tetapi disini kita akan menjabarkan beberapa tarian dari Desa Menari tersebut, yaitu : 
  • Tari Eka Karya
Tari Eka Karya ini mengekspresikan mengenai rasa kebersamaan dan guyub rukun dari masyarakat Tanon. Pijakan dari setiap gerakannya memiliki makna yang harmonis seperti laku telu, ngilo asta, enjeran, jalan gedrug, sorengan, tumpang tali, panahan, dan ragam gerak silat. Ragam gerak tersebut dikemas dalam sebuah tarian yang kaya dengan filosofi dan kebermaknaan pada kehidupan bermasyarakat.

Tari Eka Karya
doc. instagram @desawisatamenari

  • Tari Lembu Tanon
Tarian satu ini adalah tarian khas dari Desa Tanon yaitu Tari Lembu Tanon. Tari Lembu Tanon ini terinspirasi dari aktifvitas keseharian masyarakat Tanon yang dimana mereka biasanya bekerja menjadi peternak sapi. 

Nama Tari Lembu Tanon sendiri diambil dari bahasa Jawa yang dimana Lembu artinya sapi dan Tanon adalah nama dusun mereka yaitu Desa Tanon. 

  • Tari Eko Prawiro
Tari Eko Prawiro adalah tarian keprajuritan di keraton. Tarian ini merupakan tarian Jawa Gaya Surakarta. Tarian ini pada dasarnya mengikuti 3 teknis Gaya Surakarta yaitu wiraga (kemantapan), wirama (kesesuaian gerak dan irama) dan wirasa (ungkapan jiwa).

  • Tari Topeng Ayu
Tari Topeng Ayu ini merupakan tarian ciri khas mereka yang dimana tarian ini gerakannya menceritakan kegiatan pemuda Dusun Tanon, penyambutan tamu, dan perjuangan melawan penjajah.

Tari Topeng Ayu ini juga merupakan pengembangan gerak dari tari Topeng Ireng yang dikreasikan kembali.

  • Tari Kuda Debog
Tarian tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa saja bukan tetapi juga bisa dimainkan anak-anak. Nah, tarian inilah yang dimainkan oleh anak-anak terutama anak SD. Tarian Kuda debog  berawal dari Tari Kuda Lumping. Tarian ini dimainkan menggunakan jaranan dari pelepah pohon pisang atau debog.

Tari kude debog

Kenalan dengan Pak Trisno
Disini kita tidak hanya kenalan dengan Desa Menari saja, tetapi kita juga akan kenalan dengan Pak Trisno. Seseorang yang mengubah Desa Tanon biasa menjadi Desa Menari yang kini makin sukses. 

Pak Trisno kelahiran Dusun Tanon, Semarang dan lahir pada tanggal 12 Oktober 1981. Beliau berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, jurusan Sosiologi.

Pak Trisno adalah seseorang pemuda pertama dari Desa Tanon yang menyelesaikan pendidikannya dibangku kuliah. Yups, lulusan sarjana pertama di kampungnya. 

Beliau adalah Penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards 2015. Astra sendiri sudah memberikan Apresiasi Satu Indonesia Awards ini sejak tahun 2010 hingga saat ini tahun 2023.

Trisno desa menari
doc. Facebook Astra

Pada tahun ini, kalian bisa melakukan pendaftaran melalui website Astra yaitu https://sia.astra.co.id mulai dari 6 Maret - 6 Agustus 2023 ini ya. Kalian yang menjadi penerima apresiasi ini akan mendapatkan dana bantuan sebanyak 65 juta dan dapat pembinaan kegiatan. 

Awal Muka Desa Menari

Desa Tanon ini pada awalnya adalah desa miskin, karena tekad Pak Trisno yang ingin memajukan desanya menjadi lebih baik setelah beliau selesai mengenyam pendidikan di bangku kuliah, makanya jadilah Desa Menari. 

Desa Tanon dibranding menjadi Desa Menari, bukan hanya untuk kepentingan pribadi saja tetapi bermula dari Pak Trisno yang berkeinginan desanya maju. Beliau ingin orang di desanya bekerja dan berpenghasilan dari desanya sendiri, bukan bekerja di kampung lain. 

Pekerjaan Warga Desa Tanon Sebelumnya

Desa miskin yang sebelumnya tidak berpenghasilan ini, nyatanya memang desa yang penduduknya juga berpenghasilan rendah dan bahkan desa lain enggan untuk menikahkan anaknya dengan warga desa miskin ini. 

Desa menari

Warga Desa Tanon ini sebelum menjadi Desa Penari awalnya banyak yang bekerja sebagai buruh di kampung lain. Mereka bekerja menjadi peternak sapi perah dan juga petani. 

Tidak ada yang salah dengan pekerjaan mereka tetapi Pak Trisno ingin warga Desa Tanon berkembang dan warga desa tidak bekerja di kampung lain melainkan bekerja di kampung sendiri. 

Penghasilan Desa Wisata

Desa Tanon, desa biasa yang awalnya tidak ada penghasilan apapun, kini ketika menjadi Desa Wisata dan dalam 3 tahun perjalanannya menjadi Desa Wisata menghasilkan 250 juta. Sungguh angka yang menakjubkan ya. 

Penghasilan Desa Wisata sebanyak 250 juta ini belum termasuk hitungan untuk penghasilan perorangan yang berjualan produk di Desa Wisata ya. Kebayangkan kalau wisatawan berkunjung dan pastinya berbelanja produk juga untuk oleh-oleh dari Desa Menari ini. Nah, angka yang disebutkan tadi belum termasuk penjualan produk ini ya. 

Desa Menari Kedepannya

Desa Tanon yang saat ini sukses menjadi Desa Menari tidak akan hanya berhenti untuk menyajikan Desa wisata Tari saja tetapi kedepannya Pak Trisno akan meningkatkan lagi Desa Menari ini.

Desa menari

Desa Menari ini kedepannya akan menambahkan kegiatan baru yang tidak hanya menyajikan tarian saja. Pak Trisno lagi merancang Wisata Peternakan untuk kegiatan baru di Desa Menari. 

Kita do'akan semoga Desa Menari ini makin sukses kedepannya ya dan Pak Trisno makin mengembangkan dan memperbanyak kegiatan baru untuk wisatawan di Desa Menari. 

Nah itulah Desa Menari, apakah kalian ada yang berminat untuk berkunjung ke Desa Menari jika berwisata ke Semarang? Aku sih sungguh ingin melihat kebudayaan seni tari yang ada di Desa Menari ya jika ada kesempatan berlibur kesana. 

*Seluruh gambar yang tidak ada keterangannya diambil dari Google Maps Desa Menari. 




LOVE,
Rima Angel

Post a Comment

6 Comments

  1. Keren bgt artikelnya!
    Btw aku baru tau kalo desa menari beneran ada, semoga kedepannya lebih berkembang lagi yah..
    Siapa tau bisa jadi desa penghasil penari terbaik di indonesia nantinya..

    ReplyDelete
  2. Iyaa looo baca judulnya ingetnya desa penari hehehe tapi ternyata desa menari 😁

    Keren yaa ternyata desa menari ada disemarang deket aja dari sini..bisa ini nanti jadi destinasi wisata kita selanjutnya 😁

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau desa menari, pengen banget deh ke Semarang lagi dan mampir ke desa menari. Senang rasanya bisa mempelajari tarian kebudayaan Indonesia 🇮🇩 semoga bisa berkunjung

    ReplyDelete
  4. Kukira selama ini Desa Menari identik dengan hal hal mistis saja. Tp ternyata memang ada di dunia nyata dan merupakan desa wisata. Semoga next time jika ke Semarang bisa mampir ke desa tersebut.

    ReplyDelete
  5. Ho ini di semarang ya... adik aku di semarang.. kayaknya kalau senggang mau ajak antarin ksini ah.. menarik untuk di liat nih :) makasi ceritanya mbaa ku

    ReplyDelete
  6. Aaah pengen banget kapan-kapan bisa ke sana langsung 😍 Aku suka nih kalau tarian daerah gini. Pak Trisno keren!

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar dan dimohon untuk tidak menggunakan 'unknown' karena komentar tidak akan disetujui.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏