Tempat Liburan di Jakarta & Bandung

Liburan menyenangkan di Jakarta dan Bandung bisa menggunakan bus.

Moshimoshi.. 🧚🏻‍♂️ Kali ini aku kembali dengan pembahasan liburan. Iya, tahun ini aku ada berlibur ke Jakarta dan Bandung, seperti yang kalian tahu di highlight story aku di Instagram, ada 2 kota itu.

Berlibur adalah hal yang menyenangkan bukan? Jelas, jawabannya iya. Aku berlibur kedua kota itu dalam rangka sebelum melakukan skripsi, jadi niatnya adalah refreshing sebelum berperang. 🤣

Seperti yang kalian ketahui, aku bukan lah orang yang tinggal di kota besar Jakarta melainkan tinggal di Pulau Kalimantan tepatnya di Banjarmasin - Kalimantan Selatan.

Untuk kota Jakarta, bukanlah untuk pertama kalinya aku berkunjung ke kota ini bahkan aku sudah berulang kali ke Ibu Kota negara kita tercinta ini. Mungkin sudah lebih 5 kai aku berkunjung ke kota ini karena dahulu almahumah nenek aku tinggal di Jakarta Utara.

Balik lagi ke topik kita liburan tadi. Jadi aku kemana saja saat berada di 2 kota ini? Aku akan memperlihatkan kalian tempat-tempat yang aku kunjungi di Jakarta dan Bandung. Kita memulainya dari kota Jakarta terlebih dahulu baru ke kota Bandung ya.

JAKARTA
Untuk Jakarta sendiri, jujur aku memang tidak terlalu ingin mengunjungi tempat wisata apapun karena aku sudah berulang kali kesini dan juga Jakarta ini hanya tempat persinggahan aku sebelum aku ingin berkunjung ke Bandung.

Aku memilih melalui Jakarta dahulu tanpa langsung melalui Bandung karena beberapa alasan, yaitu :
  1. Tiket jauh lebih murah ketika aku terbang dari Banjarmasin
  2. Adik aku, pacarnya tinggal di Jakarta
  3. Aku ingin menemui teman aku
  4.  Aku ingin bersantai sejenak di mall sembari shopping.
Dengan alasan tersebut lah, makanya aku tidak banyak melakukan kunjungan ke tempat wisata. Jadi, sebenarnya yang aku kunjungi hanya 2 tempat yaitu Kota Tua dan juga TMII untuk tahun 2018 ini tetapi sebelumnya aku sudah berkunjung ke tempat wisata lain, jadi sekalian aku rekomendasikan disini juga ya.

🌺 Wisata Kota Tua Jakarta
Sayangnya aku datang, lokasi kota tua ini sangatlah ramai karena aku datangnya pas weekend. Padahal niatnya ingin berfoto cantik dalam keadaan sepi 😂 tetapi aku sendiri sudah tahu kalau bakalan ramai karena weekend. Tetapi dengan waktu yang mepet bisa mengunjungi kota tua adalah hal yang aku syukuri.

Aku menikamti sore hari disini dan kalian ketika disini bisa bermain sepeda karena mereka juga menyewakan sepeda disini. Selain itu juga ada orang-orang menggunakan kostum pahlawan yang bisa kita ajak berfoto.

🌺 Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat satu ini rasanya adalah impian masa kecil untuk kesini karena banyaknya wahana dan ada istana. Iya, aku itu suka melihat bangunan seperti istana.

Di TMII ini sungguh banyak yang bisa dimasuki tempat-tempatnya dan banyaj juga wahana. Sayangnya tempat wahana satu dengan yang lainnya berjauhan tetapi jangan khawatir disini ada semacam alat transportasi yang membawa kita mengelilingi TMII kok dan aku naik itu, seperti kereta.

selain dengan kereta tadi, kalian bisa juga menyewa sepeda dan motor juga, sesuka kalian saja mau menggunakan yang mana.

Tempat ini juga bagus untuk edukasi anak-anak mengenai kebudayaan Indonesia karena setiap pulau di Indonesia ada rumah-rumahnya.

rumah papua dan kostumnya

saat menaiki dongala

papua

istana

Lokasi TMII adalah outdoor dan pada saat aku datnag kesini, cuaca disini gerimis hingga hujan besar tetapi aku menikmatinya.

Lokasi TMII ini juga sungguhlah besar, rasanya jika seharian berkunjung kesini, tak akan habis untuk memasuki seluruh tempatnya.

Sayangnya, TMII ini banyak wahan yang aku lihat kurang terawat, sangat disayangkan sekali.

🌺 Monumen Nasional (Monas)
Kalau ke Ibu Kota Jakarta, rasanya tidak lengkap jika tidak ke Monumen Nasional ini. Aku pertama kali datang ke Jakarta langsung ingin kesini sih karena ya memang icon-nya ya Monas ini.

Disini kita bisa naik ke atas monumennya tetapi jujur aku tidak masuk karena waktu yang mepet selain itu juga antriannya sungguhlah panjang saat aku berada disini.

Kalau hari minggu, banyak banget yang jualan dan jajanan Jakarta. Aku senang banget pas hari minggu disini. Selain itu bisa juga beli oleh-oleh disini.

BANDUNG
Tujuan utama aku berlibur memang lah kota satu ini. Aku ingin merasakan kesejukan kota Bandung.

Seperti yang kita ketahui juga, Bandung memiliki banyak tempat wisata sehingga aku cukup penasaran ingin berkunjung ke kota satu ini. Tidak semua tempat wisata aku kunjungi karena memang waktu aku berlibur tidak terlalu banyak. Aku hanya berada di Bandung selama 4 hari saja.

Untuk kota Bandung sendiri, aku memiliki kesan yang sangat baik dan bahkan aku merindukan kota ini, sekarang.

Untuk Bandung, aku akan memulainya dari dalam kota-nya Bandung sendiri baru kemudian yang jauh seperti Dago dan Lembang.

🌺 Trans Studio Bandung (TSB)
Ini adalah salah satu tempat berlibur favorit aku, entah ketika berkunjung ke kota Makassar atau pun kota lain. Jika ada Trans Studio, ini adalah pilihan pertama aku. 🤣

Rasanya sudah tidak terhitung berapa kali aku masuk Trans Studio tetapi untuk kota Bandung sendiri aku baru pertama kali sehingga ini pertama kalinya aku memasuki TSB ini.

Tempat ini menjadi pilihan pertama karena biaya masuk ke tempat ini cukup murah dengan sekali pembayaran dan kalian bisa memasuki seluruh wahananya dan waktunya tidak ada batasan, bahkan mau dari pagi sampai mereka tutup, bebas.

Trans Studio ini berbagai macam, dari tempat horor, permainan ekstrim sampai permainan santai dan juga parade.

Jujur, aku tidak hapal nama-nama wahananya walaupun aku sudah masuk kurang lebih 5x tetapi yang jelas aku menyukai menonton parade, drama-drama yang mereka buat sampai wahana yang cukup ekstrim.

Berada di Trans Studio membuat aku mempunyai dunia aku sendiri. Sangat menyukai tempat ini. 💕

Tetapi jika kalian membandingkannya dengan yang berasa di Kota Makassar, aku lebih menyukai yang berada di Kota Makassar dari segi desain dan peletakkan wahana. Di Makassar juga jauh lebih banyak dan besar. 😊

🌺 Peta Park
Bagi kalian yang ingin berfoto, tempat satu ini cocok banget buat kalian. Tempat ini juga saat pagi hari ada senam.

Disini juga ada semacam kantinnya tetapi saat pagi hari masih tutup. Bandung ini mirip sama kota aku, Banjarmasin karena mereka buka tempat makan itu tidak benar-benar pagi tetapi seperti jam 10 atau jam 11, saat travelling aku benar-benar berasa tidak enaknya laper di pagi hari. 🤣

Balik lagi, Peta Park ini banyak juga digunakan orang lain untuk acara wedding dan memang tempatnya bagus.

Spot-spot foto disini memamg inatagramable banget. Selain itu disini itu ada taman-taman, ada kolam ikan, ada tempat bermain juga dan temoat santai tentunya.

🌺 Alun-alun Kota Bandung
Aku mengunjungi alun-alun ini saat malam hari sehingga tidak terlalu banyak yang dapat aku ceritakan tentang satu ini tetapi alun-alun Bandung ini sangat menyenangkan.

Berada di alun-alun ini dapat melihat aktifitas yang dilakukan banyak orang, bisa membeli jajanan pinggir jalan sampai menikmati hiruk pikuk lalu lintas. Aku menyukai aktifitas seperti ini.

Bermain di alun-alun bareng keluarga adalah pilihan yang menyenangkan, aku rasa.

Disamping alun-alun ada berdiri mesjid megah yang aku sukai dari segi arsitekturnya. 😍

🌺 Jalan Asia Afrika
Jalan Asia Afrika ini dekat sama alun-alun Bandung, kalau tidak salah saat aku berada di Jalan Asia Afrika ini, bagian belakang dari museum gitu adalah Alun-alun Bandung. Ini kalau aku tidak salah ingat ya.

Aku saat berada di Jalan Asia Afrika ini juga pada saat malam hari, jadi jujur saja aku tidak tahu bagaimana keadaan pada saat siang hari. Jujur juga, aku sebenarnya tidak ada niat ingin berada disini tetapi kata yang mengantarkan lebih baik turun disini karena ramai pada saat malam hari.

Yang aku temui disini adalah banyaknya orang yang menggunakan kostum hantu-hantu. Jadi, kita bebas berfoto-foto bareng mereka dan membayarnya itu sukarela saja. Aku bilang disini cukup seru karena banyaknya orang-orang kostum tersebut.

Banyak pula orang yang takut dengan mereka ini karena kostum hantu tadi, kalau aku sih suka banget karena mereka tidak hanya menggunakan kostum saja tetapi wajahnya juga dimake-up layaknya hantu. Aku menghargai karya mereka.

🌺 China Town
Aku banyak mengunjungi tempat-tempat di Bandung ini saat malam hari karena sedikitnya waktu tadi. Begitu pula saat di China Town ini.

Sebelum masuk kita bayar terlebih dahulu tetapi bayarnya cukup murah. China Town ini layaknya seperti cafe tetapi banyak benda-benda zaman dahulu dari bangsa China. Selain seperti cafe, disini juga bisa menggunakan kostum-kostum Jepang. Aku pribadi tidak ada menyewa karena datangnya malam hari.

Di China Town juga ada live music dan banyak makanan yang bisa dicoba. Aku cukup menikmati malam aku disini dan banyak mengambil foto seru-seruan juga.

🌺 Dago Dream Park
Beralih dari Kota, sekarang kita ke Dago. Aku sebenarnya ingin ke Lembang tetapi rasanya terlalu jauh dari penginapan aku, sehingga berakhirlah disini.

Dago Dream Park ini lokasinya alam banget dan sangat luas. Aku tidak menjalajahi seluruh Dago Dream Park ini, aku hanya berada dibagian depan-depannya saja.

Saat masuk ke Dago Dream Park ini. kita disambut dengan musik seperti musik Bali gitu tetapi aku kurang tahu, yang jelasnya musik tradisional. Di Dago ini banyak banget tempat-tempat bagus untuk berfoto dan banyak wahana. Banyak sekali.

🌺 Lembang
     Floating Market Lembang - Rainbow Garden

Finally, aku berada di Lembang juga, tempat yang aku idamkan banget saat ingin ke Bandung walau sayangnya aku tidak ke Farm House ya. 🙈

Saat berada di Lembang ini, tepatnya di Floating Market ini aku tidak banyak memasuki tempat-tempat lagi karena minimnya waktu, jadi saat berada disini selain jajan-jajan di Floating Market aku memasuki Rainbow Garden.

Aku memilih Rainbow Garden ini karena dari kejauhan saja si Garden Market ini sudah terlihat dan begitu menarik hati makanya langsung tertuju ke tempat ini.

Di Floating Market sudah jelas, disini banyak makanan dan begitu mengunggah selera untuk menikmatinya apalagi dengan cuaca dingin. Beh, bikin perut laper terus makanya pengen ngemil.

Di Rainbow Garden, tempat ini sungguhlah surga buat orang-orang yang ini mengambil banyak foto karena meemang begitu mengangumkan dan memanjakan mata dengan indahnya bunga-bunga.

Inilah tempat-tempat yang aku rekomendasikan untuk kalian kunjungi saat kalian berada di 2 kota besar tersebut.

Nah, bagi kalian yang ingin mengunjungi Bandung dari kota Jakarta, kalian bisa menggunakan travel Jakarta Bandung. Waktu perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya memakan waktu 2,5 jam sampa 3,5 jam saja.

Bus yang kalian ingin gunakan bisa bermacam-macam sesuai dengan kemauan kalian. Bus dari Jakarta ke Bandung ini memiliki fasilitas sebagai berikut :
  1. AC
  2. Reclining Seat
  3. Baggage
  4. Rest Stop
  5. USB Port
  6. Mineral Water

Aku pribadi, ingin rasanya kembali ke Bandung karena masih banyak tempat wisata yang belum aku kunjungi dari kota satu ini.

Kalau kalian, adakah tempat wisata Jakarta dan Bandung ini yang kalian rekomendasikan untuk orang lain, jika ada kasih tahu aku ya. 😊