Please, Stop Sebarkan HOAX - No More Hoax


Hentikan menyebarkan berita HOAX dan cari tahu kebenaran berita tersebut dengan cara... 

Moshimoshi.. 🧚 Aku kali ini kembali lagi, cukup sering ya aku kembali bulan ini. Ya, itu karena aku ingin mulai menulis lebih aktif lagi dan lagi. Jangan sampai deh bolong-bolong lagi menulisnya. 🀭

Tapi..

Aku hari ini tidak akan membahas mengenai makeup maupun skincare tetapi mengenai hal lainnya yang akhir-akhir ini membuat hati aku sedikit tidak enak.

Yups, ketika berita tidak jelas dikirimkan di sosial media aku terutama WhatsApp dan juga Line, disitulah aku merasa perasaan menjadi campur aduk. Ya kalo berita benar sih tidak apa-apa ya, ini berita antah berantah. *mulai bertanduk πŸ‘Ώ

Kian hari kian banyak berita bertebaran yang entah datangnya darimana dan sumbernya juga darimana. Seperti berita yang tanpa ada penulisnya tetapi heboh dimana-dimana. Ya, itulah berita HOAX.

Kalian tentu sering bukan menerima berita hoax entah datangnya dari teman sampai datangnya dari keluarga sendiri. Fiuh, melelahkan mendapatkan BERITA PALSU seperti ini. Selain menyembalkan juga kita dibuatnya kesal. 😣


Dampak negatif dari berita hoax sendiri berbagai macam sih dan tergantung beritanya juga separah apa kebohongannya. Misal berita tentang kematian seseorang, itu bisa jadi orang yang diberitahan merasa down. Kemudian akhir-akhir ini yang booming adalah berita politik mengenai pemilihan presiden, dampak negatifnya adalah kubu si A dan si B jadi bisa bermusuhan dan berbagai hal lain yang kita rasakan saat ini. Jadi, marilah berhenti menyebarkan berita yang tidak-tidak ini.

Menurut aku HOAX terjadi berawal memang ada oknum yang menyebarkan berita palsu ini, kemudian sampai ke kita karena dari orang-orang yang tidak memahami mengenai berita yang mereka sebar tentang kebenarannya. Kemudian menjadilah berita booming yang tidak benar. Disinilah kita berperan, untuk tidak menyebarkan tanpa tahu kebenaran. Jangan sebarkan jika tidak tahu yang terjadi itu ada atau tidaknya. Kita harus memastikannya terlebih dahulu. Okay. πŸ‘ŒπŸ»

Lalu bagaimana sih kita mengetahui berita itu hoax atau tidaknya? Duh, dengan teknologi sekarang yang kian maju masa kita tidak bisa memastikannya. Disini aku ada tips cara mengetahui berita hoax itu, yaitu :
🌷 Jangan Hanya Membaca Judul
Banyak diantara kita yang hanya membaca judul di media-media lalu percaya. Padahal judul belum tentu sama dengan isi artikel. Iya, sekarang banyak sekali judul yang menarik perhatian tetapi isinya sama sekali tidak sama. 😑 Berita-berita seperti ini bikin kesal ditambah lagi ada orang-orang yang mempercayai judulnya saja.

Please, luangkan waktu kalian 1-2 menit untuk membaca isi artikelnya dan apakah isi sesuai dengan judulnya. Jika judul dan isi artikel sama belum tentu juga berita ini benar. Kita tetap harus kroscek kebenaran berita ini.

🌷 Pastikan Kebenarannya
Dengan teknologi yang super canggih seperti sekarang ini aku rasa mencari kebenaran suatu berita itu sangatlah mudah. Gadget yang canggih dan koneksi internet yang lancar, sudah sangat mempermudah kita untuk mendapatkan suatu informasi yang benar. Maka manfaatkan lah mereka untuk mencari informasi yang benar adanya.


Jika kalian kesulitan mencari informasi tersebut hoax atau tidaknya setelah google-ing atau kebingungan karena berbagai informasi yang diterima, cobalah tanyakan ke orang terdekat kita yang mungkin lebih memahaminya.

Tidak menemukan juga solusinya, maka kroscek ke website-website terpecaya atau bahkan langsung ke website pemerintahan jika menerima isu-isu tidak jelas karena website-website besar akan selalu update.

Please, be a smart person. Jangan mudah dibodoh-bodohi oleh berita yang simpang siur dan tidak jelas kebenarannya.

🌷 Jangan Sekedar Membaca, Lalu Bagikan
Ini adalah hal penting. Jadi, jangan hanya membaca artikel atau share-an dari siapapun tanpa tahu kebenaran kemudian kalian bagikan lagi. Sungguhlah ini bukan hal yang benar.


Please ya jangan asal bagi-bagikan sesuatu tanpa kalian tahu kebenaran suatu berita atau artikel tersebut karena jika kalian begitu maka kalian juga sama hal nya dengan seorang penyebar hoax. Iya kan, asal membagikan hal seperti itu, apa bedanya dengan oknum penyebar hoax. πŸ™ˆ

Jadi ya, mulai sekarang mulainya menjadi orang-orang yang pintar dalam menangani hal seperti ini agar kita bisa bersama menghentikan berita-berita hoax yang sampai dikita.

🌷 Beritahukan Bahwa Berita Hoax
Jika kita sudah mencari tahu mengenai berita yang masuk di kita dan kita berhenti untuk. membagikannya maka beritahukanlah ke orang lain terutama orang disekitar kita bahww berita tersebut tidak benar adanya dan yang disebarkan adalah suatu kebohongan belaka.

Tidak berhenti disini, ketika orang disekitar kita mengetahui, beritahukan juga ke mereka jika menerima berita seperti itu sebaiknya hentikan di kita dan beritahukan ke pengirim berita palsu tersebut, entah kita menerima dari teman atau siapapun bahwa itu berita hoax. Kan bisa saja mereka asal membagikan beirta tanpa tahu kebenarannya dan kita yang sudah tahu memberikan informasi ke mereka.

Teruslah seperti itu jika kalian menerima pesan-pesan mengenai berita yang tidak jelas dan berita palsu agar berhenti di kita dan berhenti di orang-orang terdekat kita juga.


Setelah mengetahui tips dari aku tersebut, please lah lakukan ya jangan tiba-tiba kalian mengirimkan berita tidak jelas lagi ke sosial media aku atau sosial media siapapun tanpa tahu kebenarannya. Eh, anak kecil aja tahu lho mana berita hoax dan mana berita yang tidak hoax.


Dengan mengetahui tips itu dan kemudian kita menjadi tahu bahwa berita yang terjadi tidak benar, kemudian kita tidak meneruskan berita tersebut maka kita sudah berkonstribusi dalam menghentikan penyebaran berita hoax ini.

Neh, dengerin si dedek kecil yang mengungkapkan perasaannya mengenai berita hoax melalui video satu ini.


So, please ya kalian orang dewasa bisa menjadi lebih cerdas dari dedek kecil ini dengan tidak asal menyebarkan berita yang tidak pasti dan tidak jelas.

Dengan tulisan ini, semoga berita hoax sedikit berkurang penyebarannya ya bahkan aku berharap tidak ada lagi dari kalian yang termakan dengan berita-berita tidak jelas seperti ini. Aamiin. 🀲🏻

Mulailah Berpikir Cerdas & Bijak Mulai Dari Sekarang!


LOVE,

10 Comments

  1. Memang hoax itu menyebalkan. Apalagi pas menjelang pemilu, aduh capek dan sebel banget berita yang sliweran tak tentu arah. Akhirnya menjauh sejenak biar nggak mumet dan tetap waras hehehe.

    ReplyDelete
  2. Hoax memang menyebalkan. Kadang aku pikir yg nyebarin emang ga ada kerjaan. Huhu.cukup berhenti di kita.. Nasehat yg bijakk

    ReplyDelete
  3. kecanggihan teknologi selain membawa dampak positif seperti kemudahan mendapat informasi, tapi juga mempunyai dampak negatif seperti semakin mudahnya tersebarnya berita hoax ya :( kadang kita pembaca dibikin bingung dengan infromasi dua sisi. akhirnya kita dituntut untuk lebih cermat lagi

    ReplyDelete
  4. Sama, aku jg paling ksel klo ad org yg sok sok nyebarin berita tp pas di tnyain dpet drimana bngung jwbny ga tau juga hmmm aplg ky diy kecntikan yg marak, blm tntu baik efek jngka pnjang utk kulit tp asal prcaya dan lngsung coba .. Kdg bs aja diy itu editan hehe

    ReplyDelete
  5. Gak hanya hoax aja sih, clickbait juga kadang nyebelin banget huhu
    dan ya, harus pinter-pinter juga kita. ditelaah dan dimaknai juga isinya biar gak salah ngasih berita

    salam,

    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  6. Duh benar banget, zaman sekarang kita harus pintar menyaring berita atau info apapun yang diterima. Soalnya bahaya banget, kalau langsung telan aja beritanya mentah mentah malah ternyata hoax. Nanti malah malu sendiri, huhuhu

    ReplyDelete
  7. Setuju nih. Aku juga gerah dengan berita2 hoax atau berita yang tidak jelas kebenarannya. Makanya kalau dapat broadcast atau baca di status orang, aku lebih suka abai. Benar tidak benar, cukup sampai di aku saja. Apalagi jika itu berita tidak mengenakkan.

    ReplyDelete
  8. Hoax yg susah diberantaz itu slh satunya pesan berantai di grup WA keluarga. Kan yg nyebarin para tetua tuh. Yg muda2 kek kita bingung nanggapinnya. Bilang hoax.. Eh dibilang gak patuh orang tua. Haha

    ReplyDelete
  9. Setuju banget kak!!! Gak boleh asal baca berita dong . Apalagi kalo liat judul doang..

    ReplyDelete
  10. Setuju akutu,kadang org ngeshare gak dibaca dulu.nyebelin spamming banget

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra πŸ’