Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia


Jangan sampai salah pilih asuransi kesehatan agar tidak terlilit hutang.

Moshimoshi.. 🧚 Aku dipostingan ini ingin share mengenai hal lain diluar beauty yang juga tak kalah pentingnya lho.

Sebagai orang yang pernah bekerja menjadi Asisten Dokter dan juga bagian administrasi untuk orang yang berobat menggunakan asuransi kesehatan, kali ini aku mau share mengenai jenis asuransi kesehatan.

Buat yang belum tahu, ada sejumlah jenis asuransi kesehatan di Indonesia berdasarkan beberapa faktor yang membedakannya. Mengetahui perbedaan itu ternyata amat penting lho biar gak salah mengambil pilihan untuk menggunakan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah jaminan bahwa biaya perawatan dan pengobatan atas penyakit yang menyerang akan ditanggung oleh pihak asuransi. Seringnya asuransi ini dikombinasikan juga dengan asuransi jiwa.

Asuransi jiwa khusus menanggung risiko yang terjadi ketika pemilik polis meninggal atau tidak bisa lagi mencari nafkah sebagaimana mestinya. Sedangkan asuransi kesehatan lebih mencakup risiko-risiko kesehatan.

Keduanya memberikan manfaat yang berkaitan dengan soal duit. Tentunya tidak ada dong yang mau keluar duit puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk berobat, bahkan sampai ngutang ke sana-kemari. Duh, nggak deh ya. 🀣


Dengan adanya asuransi kesehatan, risiko terlilit masalah duit itu bisa ditekan lho, bahkan dihilangkan sepenuhnya. 😎 Tapi masih banyak yang memandang sinis pentingnya asuransi kesehatan.

Mungkin sosialisasi seputar asuransi kesehatan perlu lebih digalakkan kali ya. Termasuk soal jenis-jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Ada lho orang yang sudah tahu bahwa asuransi kesehatan itu penting tapi tidak bisa maksimal manfaatnya gara-gara salah pilih. πŸ™ˆ Jangan sampai kita juga begitu ya.

Biar kita tidak menjadi korban salah pilih, poin-poin faktor yang membedakan jenis asuransi kesehatan di bawah ini mungkin bisa menjadi panduan kalian dalam memilih asuransi kesehatan yang mau kalian buat, yaitu :

Status Perusahaan
  • Asuransi Kesehatan Swasta
Asuransi kesehatan ini dikelola oleh perusahaan swasta dengan ketentuan yang diatur oleh manajemen lembaga tersebut. Perusahaan asuransi swasta yang kredibel mesti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas dari pemerintah.
  • Asuransi Kesehatan Negara
Pemerintah juga punya program asuransi kesehatan sendiri. Yang bersifat nasional yaitu BPJS Kesehatan. Dibeberapa daerah juga ada program asuransi kesehatan yang dikelola pemerintah daerah setempat.

Kepesertaan
  • Bebas
Asuransi kesehatan swasta tidak mewajibkan setiap orang jadi pesertanya. Kalau jadi peserta pun harus sekeluarga, bisa sendiri-sendiri. Program perlindungan juga bebas pilih mana saja yang dianggap sesuai dengan kebutuhan. Boleh juga jadi peserta dilebih dari satu perusahaan asuransi.
  • Wajib
Asuransi kesehatan dari pemerintah bersifat wajib, terutama BPJS Kesehatan. Selain itu, sekarang tidak bisa hanya satu orang dari satu keluarga yang mendaftar. Semua anggota keluarga mesti terdaftar, termasuk bayi baru lahir.



Iuran
  • Variatif
Iuran alias premi asuransi kesehatan swasta bervariasi, tergantung layanan perlindungan yang dipilih dan perusahaan asuransi itu sendiri. Besaran premi di satu perusahaan bisa jadi berbeda dengan perusahaan lain meski layanannya serupa.
  • Fixed
Premi bersifat tetap berdasarkan kelas berlaku untuk BPJS Kesehatan. Ada tiga kelas, yakni I, II, dan III. Premi kelas I lebih tinggi, tapi layanan lebih bagus. Begitu berlaku seterusnya hingga level III. Tetap di sini dalam arti penggolongannya. Sedangkan besaran atau jumlah iuran bisa berubah tergantung kebijakan BPJS sendiri.

Perawatan
  • Rawat inap
Asuransi kesehatan jenis ini hanya menanggung biaya rawat inap atau opname di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Biaya ini mencakup obat-obatan selama perawatan.
  • Rawat jalan
Hanya biaya rawat jalan, seperti konsultasi dokter dan obat resep dokter, yang ditanggung jenis asuransi kesehatan ini.



Sistem klaim
  • Cashless
Jenis asuransi kesehatan dengan sistem ini memiliki rumah sakit rekanan yang bisa didatangi peserta untuk mendapat perawatan tanpa bayar. Biaya diurus pihak asuransi dengan membawa kartu peserta saat di rumah sakit.
  • Reimburse
Dengan sistem reimburse, klaim uang pertanggungan biaya perawatan bisa diajukan setelah melunasi biaya di rumah sakit. Klaim harus dilengkapi dokumen perawatan dan bukti pembayaran untuk dikabulkan jenis asuransi kesehatan ini.

Prinsip kerja
  • Syariah
Asuransi kesehatan syariah menganut prinsip kerja sesuai dengan ajaran syariat Islam. Selain itu, dana premi yang masuk mesti dikelola tanpa menyalahi prinsip syariah.
  • Konvensional
Jenis asuransi kesehatan ini bersifat umum. Prinsip utamanya adalah bisnis dengan tujuan mendapatkan laba layaknya perusahaan lain.

Nah, itulah jenis-jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Dalam satu perusahaan asuransi, bisa terdapat beberapa jenis yang mesti dicermati biar tidak salah pilih. Penginnya asuransi buat rawat inap, nanti pilih yang rawat jalan lagi. πŸ˜… Jadi, harus benar-benar teliti ya sebelum memilihnya.

Kita bisa lihat dengan 'mata jeli' untuk informasi layanan yang ditawarkan buat menemukan asuransi kesehatan terbaik yang mana yang sesuai dengan kebutuhan yang kita mau. Manfaatkanlah platform asuransi di Indonesia, contohnya seperti Lifepal.co.id ya. 😊


Satu hal yang pasti, BPJS Kesehatan wajib diikuti. Sekarang tinggal cari asuransi kesehatan swasta agar bisa lebih nyaman menghadapi risiko kesehatan pada masa depan.

Hayoo, mari pilih asuransi yang tepat mulai dari sekarang ya dan jangan lupa jaga kesehatan juga tentunya. By the way, semoga tulisan ini membantu untuk kalian yang lagi mencari asuransi yang tepat ya. πŸ‘ŒπŸ»




LOVE,

0 Comments