Kenali Tanda Terganggunya Pendengaran


Jenis-jenis gangguan pendengaran yaitu gangguan pendengaran konduktif, sensorineural dan gangguan pendengaran campuran.

Moshimoshi.. ๐Ÿงš Mari kita hari ini membahas hal berhubungan dengan kesehatan yuks. Bahan tentang makeupnya bisa minggu depan lagi ya. ๐Ÿ˜Š

Berhubung aku adalah anak kesehatan yang lulusan perawat dan kesehatan masyarakat jadi boleh lah ya sekali-kali aku membahas mengenai kesehatan juga di blog aku. Tenang, tidak akan terlalu sering kok, masih makeup dan skincare lah ya yang mendominasi.

By the way, yang akan aku bahas kali ini adalah mengenai panca indera yaitu sistem pendengaran. Tidak banyak orang yang mengetahui tentang apa itu gangguan pendengaran. Banyak faktor yang menyebabkan gangguan pendengaran tersebut terjadi. Tingkat ketidakpahaman masyarakat mengenai gangguan pendengaran masih cukup tinggi, padahal bisa jadi mereka sedang menderita gangguan pendengaran tersebut.

Oleh karena itu, pada pembahasan aku kali ini, mari kita membahas tentang ciri ciri gangguan pendengaran tersebut apa saja dan ada berapa gangguan pendengaran tersebut.


Gangguan pendengaran adalah terganggu panca indera pada sistem pendengaran kalian dan disebabkan oleh berbagai faktor penyebabnya yang berbeda dari setiap gangguan yang terjadi dan hal ini biasanya terjadi berangsur-angsur ya, tidak langsung terjadi.

Ada tiga jenis gangguan pendengaran yang perlu kalian ketahui ya, yaitu :
1. Gangguan Pendengaran Sensorineural
Gangguan pendengaran ini dikenal menjangkiti para manula karena faktor usia. Inilah jenis gangguan pendengaran yang jarang disadari karena terjadi berangsur-angsur karena penurunan fungsi telinga itu sendiri. Gangguan pendengaran sensorineural adalah adanya kerusakan di bagian telinga dalamnya, tepatnya pada jalur syaraf pendengaran ke otak. Sifatnya adalah menetap atau permanen sehingga jika ini terjadi, para penderitanya butuh alat bantu dengar modern yang canggih.

Selain faktor usia, gangguan pendengaran ini juga disebabkan oleh seringnya telinga kita terpapar kebisingan, semisal kita bekerja di pabrik dan suara musik yang keras. Ada juga penyebab dari penyakit atau trauma seperti meniere syndrome yang diikuti vertigo, mual, dan tinnitus, tumor, dan virus TORCHS. Pemakai narkoba juga sangat rentang mendapatkan gangguan ini. Secara umum, tipe sensorineural memang bisa diakibatkan oleh penggunaan obat-obatan yang berlebihan seperti aspirin dalam dosis tinggi. Merokok dan genetik juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural.

Kamus Kesehatan :
๐ŸŒท Penyakit Mรฉniรจre adalah gangguan telinga bagian dalam yang ditandai dengan gejala perasaan seperti dunia yang berputar-putar (vertigo), telinga berdenging (tinnitus), hilangnya pendengaran, dan rasa penuh di telinga. Wikipedia.
๐ŸŒท Vertigo adalah kondisi dimana kepala terasa pusing sampai merasa disekelilingnya seperti berputar-putar.
๐ŸŒท Tinnitus adalah suara mendering atau berdengung yang terjadi di kedua telinga atau hanya salah satunya saja, bisa terjadi terus menerus atau hilang dan tiba-tiba muncul.
๐ŸŒท TORCH adalah singkatan dari (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus yang terdiri dari HSV1 dan HSV 2 serta kemungkinan oleh virus lain (Other virus) yang dampak klinisnya lebih terbatas (misalnya Measles, Varicella, Echovirus, Mumps, virus Vaccinia, virus Polio dan virus Coxsackie-B). Wikipedia.

2. Gangguan Pendengaran Konduktif
Ciri-ciri gangguan pendengaran ini adalah adanya gangguan pada jalannya gelombang suara, baik di telinga luar maupun bagian tengah. Penyebabnya adalah penyakit seperti infeksi telinga tengah (ototis media) yang merupakan peradangan sehingga cairan menumpuk di telinga tengah dan lama-kelamaan dapat merusak gendang telinga. Kemungkinan lainnya adalah kista dan tumor di telinga tengah. Ada juga yang disebabkan karena kotoran telinga lho.

gunakan cotton bud hanya untuk membersihkan area terluar telinga saja ya ๐Ÿ˜‰

Jadi, harus rajin-rajin ya kalian membersihkan telinga jika sudah terasa kotor dan telinga harus diperiksakan ke dokter THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan) setiap kalian merasakan telinga kalian kotor dan tidak nyaman untuk melihat apakah telinga kita banyak kotoran telinga yang menumpuk sehingga dapat menyebabkan terganggunya pendengaran kita. Walau sebenarnya tidak ada waktu khusus dalam pembersihan telinga karena tubuh kita sendiri mempunyai sistem pembersihan sendiri.

3. Gangguan Pendengaran Campuran
Ini merupakan gangguan pendengaran plus-plus sehingga penderita memiliki masalah baik pada jalur konduktif dan sensorineural. Jika sudah begini, dokter THT biasanya akan merujuk pasien untuk menggunakan alat bantu dengar modern.


Nah, itulah yang dapat aku jelaskan mengenai jenis-jenis gangguan pendengaran dan kalian harus aware mengenai hal ini ya. Jangan lupakan juga buat memeriksakan telinga kalian ke dokter spesialis THT kalau sudah terasa ada gangguan ya.

Oh ya, kemudian dimana sih kita bisa mendapatkan alat bantu dengar modern, tentu hal itu tidak sulit karena kalian bisa ke Pusat Alat Bantu Dengar Melawai, mereka menyediakan berbagai jenis alat bantu dengar dengan berbagai spesifikasinya sesuai gangguan pendengaran yang terjadi pada kita atau anggota keluarga kita maupun orang terdekat kita. Kalian bisa mendapatkan informasinya juga di situs resmi pusatalatbantudengarmelawai.com ya. ๐Ÿ˜Š




LOVE,

3 Comments

  1. Agak agak serem juga ya kalo kita nggak merhatiin gangguan gejala awalnya, klo terdeteksi lebih dini penanganannya pasti lebih mudah

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya beb, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  3. Info baru yang bermanfaat nih..

    ReplyDelete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar ya.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra ๐Ÿ’