Pembagian Jurusan Kuliah Fisika

beda teknik fisika dan fisika

Bingung masuk jurusan kuliah fisika yang mana? Yuks simak perbedaan jurusan teknik fisika dan fisika disini.

Moshimoshi.. 🧚 Tidak terasa sudah mulai memasuki pertengahan bulan Oktober saja ya. Pada bulan ini aku akan banyak membahas hal lain diluar dunia per-beauty-an di blog aku. Tetapi tidak perlu khawatir karena yang akan aku bahas ini akan menambah pengetahuan dan wawasan kalian. 

Kali ini yang akan aku bahas adalah mengenai jurusan kuliah yaitu jurusan kuliah fisika dan perbedaan mengenai teknik fisika dan fisika. Banyak orang yang tertarik mengenaj jurusan fisika ini dan banyak juga orang yang menganggap jurusan ini cukup membuat kepala 'ngebul' atau kepala berasap layaknya matematika. 😅

Aku cerita sedikit mengenai aku dan fisika. Jujur aku sendiri pernah mengikuti Olimpiade Fisika tingkat SMP sampai menghafal rumus-rumus fisika dengan lumayan cepat. Tetapi pas hari H, aku nge-blank sejadi-jadinya. 😞 

By the way, kalian ada yang sudah mengetahui mengenai jurusan fisika dan mengenai perbedaan mereka? Bagi yang tidak tahu, mari kita bahas bersama ya. 

Mengenal Fisika

Sebelum kita pembahasan ke hal lainnya mengenai jurusan fisika dan lainnya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai fisika-nya terlebih dahulu. 

Fisika sendiri adalah mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos. (Source : https://www.hotcourses.co.id)

beda teknik fisika dan fisika

Fisika adalah ilmu paling dasar tentang alam, mempelajari mekanisme dari setiap gejala alam, baik yang telah teramati maupun yang belum terdeteksi oleh alat yang ada sehingga kita dapat memahami secara rasional bagaimana alam ini bekerja. Tujuan utama yang hendak dicapai oleh para ahli fisika adalah mencari akar penyebab dari setiap gejala alam kemudian menghubungkannya dalam suatu konsep atau formulasi yang lebih sederhana. (Buku Profil Jurusan Kuliah di PTN Seri Ilmu-Ilmu Dasar). 

Nah, mengenai pengertian fisika seperti apakah kalian mulai bisa meraba atau memahami mengenai fisika? Seperti hal yang menarik untuk dibahas lebih lanjut ya. 

Jurusan Kuliah Fisika

Bagi kalian pencinta fisika, tentunya ingin sekali kuliah jurusan fisika tetapi bingung jurusannya fisika apa saja dan harus memasuki jurusan yang mana. 

Jadi, jurusan buat kuliah fisika itu ada 3 yaitu :
  1. Teknik Fisika
  2. Fisika Murni
  3. Pendidikan Fisika
Mengenai ketiga jurusan ini, akan aku bahas satu persatu agar kalian paham mengenai mereka dan cocoknya masuk kuliah jurusan fisika yang mana. 

Teknik Fisika

Jurusan Teknik Fisika awalnya bernama Natuurkundig Ingenieurs Opleiding, yaitu jurusan (afdeling) untuk mendapatkan gelar insinyur di bidang limu Alam atau Fisika. 

Kemudian jurusan ini menjadi Fisika Teknik, padanan dari Naturkundig Ingenierus. Di luar negeri, padanan jurusan ini adalah engineering physics, kalau diindonesiakan sesuai kaidah Diterangkan-Menerangkan (DM), menjadi Fisika Teknik.

Namun, dalam perjalanannya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Kebijakan standardisasi nama-nama jurusan di perguruan tinggi. Jurusan Teknik harus berawalan dengan Kata "Teknik" dari Fisika Teknik menjadi Teknik Fisika.
(Source : Buku CIA - Catatan Insinyur Agus dari ITB). 

beda teknik fisika dan fisika

Teknik Fisika adalah jurusan yang merupakan penerapan ilmu fisika secara menyeluruh di bidang teknologi. Mata kuliah yang dipelajari adalah tentu saja fisika, kimia, matematika, computer, vibrasi, akustik, instrument, mekanika teknik, kontrol otomatik, dan lain-lain. (Source : Buku Sukses SBMPTN SainTek). 

Teknik Fisika kita bisa mempelajari apa saja karena selalu ada saja cara untuk menghubungkan satu hal dengan hal lainnya, satu kasus dengan kasus lainnya, satu masalah
dengan masalah lainnya, satu alat dengan alat lainnya, hingga akhirnya kita punya solusinya. 
(Source : Buku CIA - Catatan Insinyur Agus dari ITB). 

Fisika Murni

Fisika Murni dikenal juga sebagai Fisika MIPA. Jurusan Fisika Murni akan diarahkan untuk menjadi seorang ilmuwan dengan dasar-dasar teori Fisika yang kuat, pelajarannya akan akrab dengan berbagai rumus dan hitungan Fisika.

Nah, ini sepertinya yang aku pelajari sewaktu aku SMP dan mengikuti Olimpiade Fisika. Lebih kearah ini dan jika kalian menyukai hal seperti ini maka cocok kuliah jurusan Fisika Murni ya. 

Pendidikan Fisika

Kuliah di Jurusan Pendidikan Fisika selain  belajar mengenai Ilmu Fisika, juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana cara mengajar, menyusun perangkat pengajaran, menangani murid, dan masih banyak lagi karena akan menjadi calon pengajar di masa depan. 

Peluang mengajar Fisika tak hanya terbatas di sekolah maupun universitas karena mata pelajaran Fisika sering diajarkan secara privat maupun di bimbingan belajar. Jadi, bisa menjadi guru privat, pengajar bimbel langsung maupun secara online. 

teknik fisika dan fisika

Kampus Jurusan Fisika

Di Indonesia sendiri untuk kuliah jurusan fisika ini sudah banyak, jadi kita gampang untuk memilih ingin kuliah dimana-dimananya ya. Bahkan ada kurang lebih 30 kampus yang ada jurusan fisika di Indonesia. 

Kampus-kampus di Indonesia yang ada jurusan fisika adalah : 
  • Universitas Indonesia - Jakarta
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Institut Pertanian Bogor - Bogor
  • Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta
  • Institut Teknologi Bandung - Bandung
  • Universitas Hasanuddin - Makassar 
  • Universitas Padjadjaran -Bandung
  • Universitas Airlangga - Surabaya
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Teknologi Sepuluh Nopember - Surabaya
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Negeri Jakarta - Jakarta
  • Universitas Negeri Malang - Malang
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Andalas
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Makassar
  • Universitas Negeri Padang
  • Universitas Negeri Medan
  • Universitas Riau
  • Universitas Jember
  • Universitas Halu Oleo
  • Universitas Nusa Cendana
  • Universitas Sam Ratulangi - Makassar 
  • Universitas Mataram
  • Universitas Pattimura
  • Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Universitas Nasional
  • Universitas Katolik Parahyangan - Bandung (Source : Pintar Id)
Nah, inilah beberapa kampus yang ada jurusan fisika. Kalian bisa sesuikan dengan tempat kalian tinggal atau kota mana yang kalian inginkan untuk menghabiskan waktu berkuliah. 

Gelar Jurusan Fisika

Untuk gelar akhir yang didapatkan setelah kalian selesai kuliah jurusan Fisika tersebut tentu saja berbeda jurusan, berbeda gelar akhir ya. 

Untuk jurusan Teknik Fisika, awalnya gelarnya adalah Insinyur (Ir) tetapi setelahnya diganti menjadi Sarjana Teknik (ST) ya. 

Untuk jurusan Fisika Murni, gelar awalnya adalah Drs. tetapi kemudian juga diganti menjadi Sarjana Science (S.Si). 

Untuk jurusan Pendidikan Fisika, sama halnya dengan jurusan Pendidikan lainnya yaitu gelar yang didapat adalah Sarjana Pendidikan (S.pd) ya. 

Perbedaan Teknik Fisika & Fisika

Beda teknik fisika dan fisika

Rangkuman dari pembahasan aku di atas dapat kita simpulkan perbedaan mengenai beda teknik fisika dan fisika adalah hal yang dipelajari saat dibangku kuliah, penerapan ilmu yang tentu saja berbeda, gelar yang didapatkan saat lulus kuliah dan penempatan kerja. 

Dari beberapa pembahasan yang aku bahas di atas, kira-kira kalian sudah ada jurusan yang ditentukan ingin memasuki jurusan fisika yang mana? Boleh sharing/cerita-cerita lho di kolom komentar. 😍




LOVE,
Rima Angel

Comments

Popular Posts