Moshimoshi.. (⌒∩⌒)

Bagaimana sih sebenarnya cara menghargai pembaca kita?

Disini saya akan berbagi cara menghargai pembaca bersi saya pribadi dengan cara begitu simple dangan sangat mudah karena pembaca juga tidak meminta hal-hal yang 'muluk' kok kepada para blogger.


Balas Komentar

Apa salahnya sih dengan membalas komentar pembaca. Tidak ada salahnya kan? Saya merasa kasian saja sama pembaca yang biasanya bertanya panjang lebar diblog para blogger tentang ketidakpahamannya tetapi malah dicuekin begitu saja.

Cobalah anggap kalian seperti pembaca itu yang tidak mengetahui dan lalu kalian bertanya tetapi malah tidak dijawab padahal kalian menunggu banget blogger itu untuk menjawab pertanyaan kalian.

Setelah yang lain komentar, misalnya teman si blogger tersebut yang pertanyaannya tidak terlalu penting malahan dijawab. Bukan meremehkan teman si blogger itu tetapi berarti kalian melihat komentar si pembaca itu tanpa mau membalasnya. Kalau tidak mau membalas lebih baik semua yang ada dipostingan itu tidak usah dijawab dengan begitu, kalian dianggap sama sekali tidak membuka postingan itu.

Alangkah baiknya dijawablah sebisa kalian bisa. 

Jadi blogger itu bukan sok pintar-pintaran kok tetapi saling sharing. Dimana si blogger tahu informasi lebih maka diposting dan dimana si pembaca tahu maka dia akan berkomentar dan kita bakalan dapat ilmu baru.

Mendengarkan Saran dan Kritik Pembaca

Pembaca itu orangnya beragam-ragam mulai dari suka, ras, pendidikan, agama dan lainnya yang berbeda dengan kita.

Mereka juga punya cara penyampaian yang berbeda-beda. Misalkan suku satu menyampaikannya dengan 'agak kasar' dan suku lainnya menyampaikannya dengan 'lebih lembut'

Bukan berarti kita tidak menghargai yang berkata 'agak kasar' itu, seperti yang kita tahu di Indonesia ini begitu beragam suku dengan cara berbahasa berbeda-beda. Contoh saja Judika yang bersuku Batak, dia selalu bilang kalau mereka memang berbicara lebih keras dan terlihat kasar tetapi sebenarnya yang dimaksud oleh mereka itu baik.

Jadi cobalah pahami cara penyampaian mereka dan terimalah saran dan kritik seperti apa yang mereka katakan.

Karena berawal dari saran dan kritik itulah kita bisa merubah diri kita menjadi lebih baik.

Kita blogger juga sangat meghargai kritik dan saran dari kalian tetapi kritik membangun ya bukan kritik yang malah menjatuhkan. Catet!! Kritik membangun BUKAN menjatuhkan, membully, menjelekkan, komentar yang tidak senonoh, bukan kata-kata kasar yang tidak pantas dan sejenisnya.

Follow Blog Mereka

Nah, hal satu ini kayaknya 'mainstream' banget ya buat kita. Pasti ada yang berpikir kayak gini "ngapain sih follow-follow blog mereka, nggak penting banget deh!"

Ayo cobalah buka mata kalian, ketika pembaca menulis komentar kayak gini diblog kita "kak aku udah follow blog kamu, aku juga sering banget liat-liat blog kaka, aku suka deh sama isi diblog kaka. Follow balik blog aku ya ka".

Itu rasanya dihargai bangetkan ketika kita si pembaca komentar seperti itu. Jadi, sebagai tanda terimakasih kita folback lah blog mereka.

Keadaan dunia ini tidak ada yang tahu, bumi terus berputar dan kita tak selalu berada diatas angin.

Mungkin sekarang kalian bisa bangga menjadi para blogger yang sudah TOP tanpa menghargai pembaca tetapi tahu kah kalian dimasa depan tentang mereka si pembaca kita ini, bisa saja dia jauh lebih baik daripada kita dimasa depan.

Bukan berarti kita minta hargai dimasa depan dengan folback blog mereka tetapi 

orang lain pasti akan mengenang kebaikan kita dimasa lalu.


Positive Thinking

Apapun yang mereka katakan kita harus positive thinking lebih dahulu sebelum benar-benar mencerna apa yang mereka katakan.

Walaupun biasanya pembaca ini kata-katanya begitu terlihat kasar, akan lebih baiknya kita berpikir dulu isi yang mereka sampaikan. Siapa tau isinya bukan menjelekkan kita atau pun kalau isinya menjelekkan kita, buatlah itu agar kita lebih termotivasi menjadi lebih baik.

Makanya positive thinking itu sangat baik buat kita karena biar kita seperti ini (tampak tak terlihat), kita ini sebenernya juga dilihat oleh banyak orang lho di dunia maya. 

Jadi jangan asal mengeluarkan kata-kata begitu saja.

Seperti yang saya sampaikan dipoint sebelumnya, cara penyampaian pendapat kalian asal jangan menjatuhkan orang lain karena beda lho orang yang mengkritik dengan orang yang mau menjatuhkan itu karena diri kita yang dikomentari ini merasa, semacam punya insting sendiri yang mana kritik dari pembaca dan yang mana yang benar-benar ingin menjelekkan.




Maafkeun kata-kata diatas itu saya sok banget ya kayak Mario Teguh :D tapi ambil sisi positif nya saja.

Disini saya bukan ingin menggurui karena apalah saya ini, hanya blogger biasa. Saya disini hanya menyampaikan pendapat dari sisi seorang pembaca yang merasa tak dihargai.

Terimakasih buat kalian sudah membaca postingan ini sampai dipenghujung postingan ini ya. ^^
Semoga kalian tidak bosan dengan berbagai macam postingan saya yang semacam ini.





LOVE,