Cara Menghargai Pembaca

Moshimoshi.. (⌒∩⌒)

Bagaimana sih sebenarnya cara menghargai pembaca kita?

Disini saya akan berbagi cara menghargai pembaca bersi saya pribadi dengan cara begitu simple dangan sangat mudah karena pembaca juga tidak meminta hal-hal yang 'muluk' kok kepada para blogger.


Balas Komentar

Apa salahnya sih dengan membalas komentar pembaca. Tidak ada salahnya kan? Saya merasa kasian saja sama pembaca yang biasanya bertanya panjang lebar diblog para blogger tentang ketidakpahamannya tetapi malah dicuekin begitu saja.

Cobalah anggap kalian seperti pembaca itu yang tidak mengetahui dan lalu kalian bertanya tetapi malah tidak dijawab padahal kalian menunggu banget blogger itu untuk menjawab pertanyaan kalian.

Setelah yang lain komentar, misalnya teman si blogger tersebut yang pertanyaannya tidak terlalu penting malahan dijawab. Bukan meremehkan teman si blogger itu tetapi berarti kalian melihat komentar si pembaca itu tanpa mau membalasnya. Kalau tidak mau membalas lebih baik semua yang ada dipostingan itu tidak usah dijawab dengan begitu, kalian dianggap sama sekali tidak membuka postingan itu.

Alangkah baiknya dijawablah sebisa kalian bisa. 

Jadi blogger itu bukan sok pintar-pintaran kok tetapi saling sharing. Dimana si blogger tahu informasi lebih maka diposting dan dimana si pembaca tahu maka dia akan berkomentar dan kita bakalan dapat ilmu baru.

Mendengarkan Saran dan Kritik Pembaca

Pembaca itu orangnya beragam-ragam mulai dari suka, ras, pendidikan, agama dan lainnya yang berbeda dengan kita.

Mereka juga punya cara penyampaian yang berbeda-beda. Misalkan suku satu menyampaikannya dengan 'agak kasar' dan suku lainnya menyampaikannya dengan 'lebih lembut'

Bukan berarti kita tidak menghargai yang berkata 'agak kasar' itu, seperti yang kita tahu di Indonesia ini begitu beragam suku dengan cara berbahasa berbeda-beda. Contoh saja Judika yang bersuku Batak, dia selalu bilang kalau mereka memang berbicara lebih keras dan terlihat kasar tetapi sebenarnya yang dimaksud oleh mereka itu baik.

Jadi cobalah pahami cara penyampaian mereka dan terimalah saran dan kritik seperti apa yang mereka katakan.

Karena berawal dari saran dan kritik itulah kita bisa merubah diri kita menjadi lebih baik.

Kita blogger juga sangat meghargai kritik dan saran dari kalian tetapi kritik membangun ya bukan kritik yang malah menjatuhkan. Catet!! Kritik membangun BUKAN menjatuhkan, membully, menjelekkan, komentar yang tidak senonoh, bukan kata-kata kasar yang tidak pantas dan sejenisnya.

Follow Blog Mereka

Nah, hal satu ini kayaknya 'mainstream' banget ya buat kita. Pasti ada yang berpikir kayak gini "ngapain sih follow-follow blog mereka, nggak penting banget deh!"

Ayo cobalah buka mata kalian, ketika pembaca menulis komentar kayak gini diblog kita "kak aku udah follow blog kamu, aku juga sering banget liat-liat blog kaka, aku suka deh sama isi diblog kaka. Follow balik blog aku ya ka".

Itu rasanya dihargai bangetkan ketika kita si pembaca komentar seperti itu. Jadi, sebagai tanda terimakasih kita folback lah blog mereka.

Keadaan dunia ini tidak ada yang tahu, bumi terus berputar dan kita tak selalu berada diatas angin.

Mungkin sekarang kalian bisa bangga menjadi para blogger yang sudah TOP tanpa menghargai pembaca tetapi tahu kah kalian dimasa depan tentang mereka si pembaca kita ini, bisa saja dia jauh lebih baik daripada kita dimasa depan.

Bukan berarti kita minta hargai dimasa depan dengan folback blog mereka tetapi 

orang lain pasti akan mengenang kebaikan kita dimasa lalu.


Positive Thinking

Apapun yang mereka katakan kita harus positive thinking lebih dahulu sebelum benar-benar mencerna apa yang mereka katakan.

Walaupun biasanya pembaca ini kata-katanya begitu terlihat kasar, akan lebih baiknya kita berpikir dulu isi yang mereka sampaikan. Siapa tau isinya bukan menjelekkan kita atau pun kalau isinya menjelekkan kita, buatlah itu agar kita lebih termotivasi menjadi lebih baik.

Makanya positive thinking itu sangat baik buat kita karena biar kita seperti ini (tampak tak terlihat), kita ini sebenernya juga dilihat oleh banyak orang lho di dunia maya. 

Jadi jangan asal mengeluarkan kata-kata begitu saja.

Seperti yang saya sampaikan dipoint sebelumnya, cara penyampaian pendapat kalian asal jangan menjatuhkan orang lain karena beda lho orang yang mengkritik dengan orang yang mau menjatuhkan itu karena diri kita yang dikomentari ini merasa, semacam punya insting sendiri yang mana kritik dari pembaca dan yang mana yang benar-benar ingin menjelekkan.




Maafkeun kata-kata diatas itu saya sok banget ya kayak Mario Teguh :D tapi ambil sisi positif nya saja.

Disini saya bukan ingin menggurui karena apalah saya ini, hanya blogger biasa. Saya disini hanya menyampaikan pendapat dari sisi seorang pembaca yang merasa tak dihargai.

Terimakasih buat kalian sudah membaca postingan ini sampai dipenghujung postingan ini ya. ^^
Semoga kalian tidak bosan dengan berbagai macam postingan saya yang semacam ini.





LOVE,

Post a Comment

28 Comments

  1. Hi Rima!
    Ya.. ada blogger yg jarang bales comment, klo mau positif thinking mungkin banyak banget comment yg masuk jd ga sempet bls.. haha.. sabar aja.. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga sih banyak koment yg masuk tp kadang dia balas kok dan yg dibalas cm temen2nya doang :D

      Delete
  2. Kalau balas komen suka telat2 saya mah.. tapi apa mereka mau balik lagi lihat jawabannya enggak ya ? hihi.. yg penting di BW balik... kadang orang komen di blog lain karena butuh komen balik di blog nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang-kadang telat kok balas komentnya. Hihi tp ada kok yg beneran pengen dijawab aja tanpa embel-embel 'pengen balas Komentar diblognya'. Biasanya kalau yg pengen balas koment diblog itu sesama blogger sih. Hehe

      Delete
  3. kalau lg balesin komen kadang internet tiba2 lemot, jadi aku ntar2in eh malah lupa.
    kadang ada loh yang udah ada di post malah tanya lagi, nah ini aku cuekin.
    ada juga yang cuma ninggalin komen yang sama dari satu blog ke blog lain (ini biasanya blogger bule yg nebar link doang sih), tp ada juga loh akhir-akhir ini tanpa komen tentang post nya dia cuma bilang 'kunjungi blog aku ya kak', menurut aku itu gak sopan at least ada basa-basinya dulu tentang postnya. ada juga blogger yang komen cuma di sponsored post kita, entah kebetulan atau cuma biar diperhatiin sama yang nge-sponsor-in itu?

    kalau follow back blog aku sih tergantung ya, ada yang gfc nya error waktu aku mau follow dari dulu sampai sekarang, jd gak aku folback. ada juga dulu waktu belum di folback SELALU komen, setelah di follow back jarang banget padahal dia sering ngepost, mungkin dianya sibuk sih. Lagipula ada blog yang aku follow setiap ada postingan baru gak nongol di dashboard entah kenapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh eh Indira itu curhatan kamu, aku rasain juga sih. Hihi

      Kalau komentar sudah ada dipost kita, paling aku koment "coba dibaca teliti lagi, sudah ada dipostingan nya kok"

      Itu yg ga muncul di dashboard aku juga bingung lho, kenapa bisa gitu ya padahal sampe aku ulang2 lho ikutin gfc nya sampai berhentiin dulu terus ikutin lagi tetap ga muncul. Bingung juga kenapa bisa gitu.

      Delete
    2. nah iya udah aku juga coba stop follow terus aku follow lagi juga awal-awalnya doang post dia muncul di dashboard, ujung-ujungnya gak muncul lg. jadi ya biasanya aku bookmark aja blog nya, biar ntar di cek kalau ada post baru.

      Delete
    3. Kalau di bookmark langsung masuk ke blog dia sih ya tp agak ribet juga, aku malah biasa lupa gitu kalau bookmark gitu. Hehe

      Nanti coba cari solusi ah di mbah google, siapa tau ada acaranya kenapa punya itu org ga bisa masuk di dashboard. Jadi penasaran gara2 komentar kamu ini. Hihi

      Delete
  4. betul banget mbak postingannya, aku juga selalu berusaha balas komentar sesibuk apapun. Gimana pun yang komen itu manusia, butuh dihargai ya mbak? jos banget deh hehehehe oiya mbak aku udah follow blognya mbak, niatnya mau minta follow balik *aduh jadi malu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Revi. ^^ curahan hati banget ya :D
      Btw, blognya apa ya?

      Delete
  5. kalau soal komen, aku selalu balas sih kalau bisa. Kadang yang sengaja nggak aku balas itu komen yang nanya hal yang jelas-jelas dalam post aku sebutkan, atau aku sudah balas berkali-kali di komentar sebelumnya.

    Kalo soal follow2an sih hak masing2 sih Rim.. :D
    Ada orang yg ga keberatan follow2an, ada yang pusing kalau kebanyakan yang di follow dan lebih suka melihat/baca yang pengen dilihat aja. Nah aku tipe yang kedua hehehe... Bukannya nyombong, tapi kalo menurutku konten dia menarik, aku pasti follow tanpa perlu diminta. Aku suka buka profil orang2 yg komen di blog soalnya buat liat apakah mereka punya blog juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau soal pertanyaan berulang kali itu mereka malah jarang komentar diblog aku tapi malah senang nanya lewat akun sosmed, langsung chat pribadi. Kadang2 sih agak mumet jg kalau pertanyaannya sama.

      Ah, itu benar banget. Kalau soal follow2an, hak masing-masing blogger sih ya. Apalagi kalau blogger udah terkenal banget kayak riweuh banget kalau mesti folback satu-satu :D

      Delete
  6. Replies
    1. Ah, apanya yg keren? Kerenan juga km, sekarang sering datang ke event, apalah aku ini #ngenes

      Delete
  7. Komen di blog aku selalu usahain balas komen, yang ngeselin kalo pake link aktif sih agak gengges buatku ditambah kalo komen gak pak basa-basi "main ke blogku yuk" langsung hapus aja lah komenannya #Isthijahat

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, bener. Ga suka sih sama link aktif :D makanya aku juga ngingetin sih dilarang link aktif.

      Ayo isthi main ke blog aku yukksss :D emang lucu2 sih karakter yg koment2 ya. Hihi

      Delete
  8. yep membalas komentar itu kudu cepet,
    kasihan sih kalo kelamaan tpi kadang yang punya blog juga ada kegiatan nya #sok sibuk.

    yang penting asal gak kelamaan ajah kali yah. hhohoooo


    buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Iya banget lah ka Rifka. Aku kalau sudah approve komentarnya bakalan langsung balas sih :D kalau sibuk berarti belum di approve *ikutan sok sibuk juga

      Delete
  9. halo kak, nice post! :D setuju banget sama yang tentang comment, comment harus dijaga supaya interaksi dengan pembaca trs terjaga dan mereka jadi betah di blog kita. tapi kadang suka ada masa mager buat ngebales comment ya hehehe ._.

    XOXO, The Rainbow Days

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kadang kalo malas balas koment gitu, ga aku approve dulu biar ga kelupaan balas sih. Hehe jadi kalau approve itu pasti dibalas sih. #AnakRajinBalasKomentar

      Delete
  10. Naaah bener tuh. Gw jg biasanya bakalan berusaha balesin komentar atu-atu. Gimana ya... rasanya seneng aja ada yg ninggalin jejak di blog gw, seneng krn ada yg baca blog gw. Hahahaha

    Masalah follow-follow an sih gw merasa fine. Kalo gw suka blog nya ya bakal gw follow. Eh, tp gw suka maen dimari lohh~ walopun kadang suka ga ninggalin komentar *plakk

    Anyway, sherly follow blog Rim. Mind to follow back? Ya kali aja Rima senggang, main gih ke blog gw ^^

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omo omo. Silent reader toh. Bakalan langsung meluncur ke blog kamu. Makasih lho suka berkunjung ke blog newbie ini. Hihi

      Iya sih kalau soal follow, senang2an orang aja. Aku biasanya follow blog itu yg disenang sama yg ninggalin komentar minta folback gitu karena biasanya ga bisa liatin satu2 sih yg follow.

      Delete
    2. Hahaha, silent rider yak? Wkwk, lupa nih pernah komen apa enggak. Tapi biasanya pas Rima post di grup facebook IBB, Sherly suka nge klik (kadang niggalin komen cuma lupa, pernah apa gak. wkwk)

      Hahaha samasama Rim ^^

      Delete
    3. Kayaknya ga pernah ninggalin jejak deh :D ga tau deh kalo difb. Hihi

      Delete
  11. Hai Kak.
    Salam kenal aku nyeleweng aja masuk blog orang hehehe...

    Agree 100%, jd blogger itu bukan buat pamer tp berbagi ilmu mesti kadang komennya melenceng Dr tema atau yg di posting atau silent readers. Hehehe..

    Kalo silent readers itu kembali ke masing2 orang ya buat menghargai tulisan orang lain. Tapi kalo authornya mau bales satu2 komen readers itu bagus banget malahan. Hehehe...

    Salam kenal kakak dr orang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Winning. ^^ makasih sudah berkunjung ya. 😊

      Aku pribadi sih malah senang banget kalau ada koment yg berarti blog kita pada banyak yg baca. Walau sebenarnya ukuran banyaknya yg baca bukan di ukur dari banyaknya koment tp senang aja kalo ada koment jadi bisa sharing. Hehe

      Delete
  12. kalo aku bukannya ga mau balas komen, kadang koneksinya itu ngajak ribut, udh aku post komen yg masuk tapi gak bisa kubalas karena inetnya lola :( klo soal follow blog org lain, aku selalu welcome follow siapa aja . btw aku sudah follow kamu blom yah? :D selain itu komen yg masuk ke blogku ta filter karena terlalu bnyak ol shop gaje yang ikut-ikutan beriklan di blog.. males banget kan kalo isinya cuma iklan mereka aja hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan sih, aku juga difilter. Kalo olshop2 gitu komentar nya masukin spam :D

      Aku aku kayaknya udah follow ka Martalina sejak lama. Hihi kayaknya sih kaka MUA satu ini belum folback aku. :D

      Delete

Hai.. Girl ^.^
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran & kritik atau bahkan informasi mengenai tentang review produk/artikel/apapun yang aku tulis, bisa tinggalkan komentar dan sebisa mungkin akan selalu aku balas satu persatu pertanyaan kalian.

Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup/aktif dikomentar dan dimohon untuk tidak menggunakan 'unknown' karena komentar tidak akan disetujui.
Please, klik 'notify me' supaya balasan pesan terbaca oleh kalian.

Terimakasih sudah mengunjungi blog aku.
*kecup mesra 💏