FSS

For Skin's Sake Renew Retinol Serum Concentrate bisakah membuat kulit kenyal, memudarkan bekas jerawat dan membuat penampakan pori-pori terlihat mengecil?

Moshimoshi.. 🧚 Setelah sekian purnama dan setelah menjanjikan buat review skincare ini tapi nyatanya baru bisa aku selesaikan sekarang karena aku belum terbiasa dengan tampilan baru blog. 🙈 Iya, agak aneh dan harus dibiasakan. 

Aku sudah sering kali mention di IGs kalau aku lagi menggunakan retinol. Yups, aku bakalan review skincare dengan kandungan retinol. Sebenarnya aku sudah terbiasa menggunakan retinol sejak umur 20an karena retinol itu bagus buat jerawat dan bahkan tulisan pertama aku kalau tidak salah membahas mengenai retinol. 

Nah, jika dulu aku menggunakan retinol itu dalam bentukan krim, kali ini dalam bentukan serum. Ini sih yang belum pernah dan belum tahu bagaimana rasanya dan reaksinya di kulit aku. 

Skincare dengan kandungan retinol yang akan kita review ini adalah dari brand lokal yaitu For Skin's Sake atau biasa kita singkat dengan nama FSS. Retinol yang di review kali ini dalam bentukan serum seperti yang aku katakan tadi, nama produknya adalah FSS Renew Retinol Serum Concentrate atau For Skin's Sake Renew Retinol Serum Concentrate. 


Product Knowledge
Website FSS

For Skin's Sake
Renew Retinol Serum Concentrate


This serum works by promoting cell-turnover, fight aging by replacing the old skin cells with the new one. Diminishes fine lines, smoothen skin textures and color imbalance.

Suitable for all skin types.
  • Non-greasy
  • No Animal Testing
  • No Paraben
  • No dyes
  • No Fragrance

For optimum results, pair with Hyaluronic Acid Serum.

This serum is slightly thick in texture and light yellow in color, and easy to absorb.

Main Active
  • 0.1% Retinol
  • Enriched with Hyaluronic acid
  • Jojoba Oil
  • Vitamin E

Helps with :
  • Fine lines
  • Textural Imbalanace
  • Collagen Production
  • Hyperpigmention

Simple Ingredients Name :
Organic Aloe, Water, Organic Sunflower Oil, Botanical Hyaluronic Acid, Stearic Acid, Glycerin, Organic Jojobal Oil, Shea Butter, Vitamin E, Vitamin B5, Retinol, Organic Green Tea, Propolis Extract, Organic Gotu Kola, Horsetail Extract, Wild Geranium Extract, Organic Dndaelion Extract, Xanthan Gum, Polysorbate 20, Pentylene Glycol, Alcohol, Lecithin, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin.



PACKAGING
Kemasan terluar dari For Skin's Sake Renew Retinol Serum Concentrate ini adalah dominan berwarna merah bata dengan warna kuning muda. Kemasan bagian depannya ada nama brand beserta logonya yang cukup besar di bagian atas, lalu  ada nama produk dan sedikit klaimnya. Bagian belakangnya ada penjelasan yang lengkap mengenai produk ini beserta cara pakainya. Bagian sisinya ada bertuliskan ingredients dan sisi satunya lagi tagline dari brandnya yaitu  "Dare to Begin".

Untuk kemasan botol serumnya berwarna gelap yang bagus untuk melindungi si produk agar tidak mudah terpapar sinar matahari. Warna dari stickernya dan desainnya sama dengan kemasan terluarnya ya. Bagian depannya ada nama brand, nama produk dan klaim sama persis seperti kemasan kotaknya. Bagian belakangnya ada penjelasan singkat mengenai produk ini, expired date dan made in USA walau produk lokal tetapi ternyata dibuat di amerika ya. Dia menggunakan pipet yang membuatnya lebih higienis tetapi juga lubang keluarnya produk itu besar, tidak ada penyaringnya lagi. So, hati-hati tertumpah ya.

fss

fss

fss


fss
Ingredients :
Aqua, Cassia Angustifolia Seed Extract, Hamamelis Virginiana Water, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Triticum Vulgare Germ Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Retinol, Tocopheryl Acetate, Camellia Sinensis Leaf Extract, Propolis Extract, Centella Asiatica Extract, Equisetum Arvense Extract,Geranium Maculatum Extract, Taraxacum Officinale Extract, Pentylene Glycol, Hydroxyethyl Ethylcellulose, Carrageenan, Polysorbate 20, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Alcohol, Lecithin, Ethylhexylglycerin.

fss


fss


TEXTURE & SCENT
Tekstur dari For Skin's Sake Renew Retinol Serum Concentrate agak kental dibandingkan serum pada umumnya ya, jadi kayak semacam snail mungkin karena percampuran dengan kandungan aloe vera juga. Dia berwarna kuning muda.

fss

Wangi dari For Skin's Sake Renew Retinol Serum Concentrate layaknya wangi retinol pada umumnya karena dia tidak menggunakan pewangi ya. Jika kalian cukup sering menggunakan produk dengan kandungan retinol maka ada wangi khas retinol sendiri yang akan kalian ketahui. Sejauh aku menggunakan, bagi aku wanginya tidak masalah sama sekali walaupun lumayan tercium ya.


RESULT
Cara Pakai : Apply 3-3 tetes serum lalu diamkan sebelum melanjutkan menggunakan skincare lainnya.

Aku sendiri menggunakan retinol serum ini menitikan di beberapa area wajah seperti dahi, pipi kanan, pipi kiri, hidung dan dagu kemudian meratakannya keseluruh wajah.

fss
setelah diratakan

fss
setelah meresap

Aku menggunakan retinol ini pertama kali pada malam hari dan menggunakannya secara single use tanpa menggunakan skincare lainnya dan yang terjadi adalah ada muncul jerawat kecil-kecil tetapi tetap aku gunakan terus menerus selama 1 minggu karena retinol sifatnya memang purging ya tetapi entah ini purging atau apa waktu itu, kemudian aku sengaja menghentikan pemakaian karena memang aku tidak ingin membuat kulit aku tambah muncul jerawat.

Setelah aku berhenti waktu itu, terkadang aku menggunakannya kembali dan selalu muncul jerawat kecil dan aku selalu menggunakannya berkali-kali seperti itu. Jadi, penggunaannya sangat tidak maksimal karena sering kali aku hentikan pemakaian yang hanya digunakan 2-3 hari. Hal tersebut tentu dengan alasan aku tidak ingin kulit aku muncul jerawat. Kalian tahu lah ya, lelahnya menangani kulit ketika berjerawat, belum lagi kalau kita stress dengan jerawat tersebut. 😅

Okay, sudah cukup. Akhirnya aku benar-benar menghentikannya beberapa bulan atau mungkin 1 bulan lebih. Kemudian aku mulai mencari tahu mengenai retinol walaupun sebenarnya aku pengguna retinol dari awal umur 20 tahunan, hanya saja rasanya ingin menambah pengetahuan baru. Akhirnya sampai lah ketemu kalau retinol ini ternyata bisa digunakan dengan serum vitamin c dengan catatan si kulit sudah terbiasa dengan skincare tersebut ya, kayak kalian sudah paham sama kulit kalian dan yakin tidak terjadi iritasi gitu. Setelah itu, aku juga menemukan kalau retinol bisa digunakan siang hari dengan catatan juga, yaitu menggunakan sunblock jelas ya terus jangan terpapar sinar matahari langsung. Aku noted semua hal tersebut, yang baru aku temukan karena dahulu setahu aku malahan hal tersebut tidak boleh ya.

Suatu ketika aku menggunakan serum vitamin c dan serum tersebut cocok di kulit aku dan tidak ada masalah sama sekali yaitu produk Natur, serum terbaru mereka yang bernama Natur Miracle Brightening Serum - Vitamin C & Sour Lime. Akhirnya aku beranikan diri mencobanya bareng si serum satu ini pada malam hari. Jadi, aku menggunakan serum ini dahulu, setelah benar-benar meresap baru aku menggunakan serum retinol ini dan it's work ternyata di kulit aku lho.

Read :

Dengan kombinasi tersebut yang aku rasakan di kulit aku adalah pada saat pagi hari, kulit aku terasa kenyal dan terlihat sehat. Makin lama penggunaan, kulit aku menjadi semakin terlihat bagus dimana pori-pori kulit aku menjadi terlihat lebih kecil, bekas jerawat aku juga memudar dan tentunya kulit aku menjadi lebih cerah juga.

fss

Wait, tidak sampai disini dong karena aku mengetahui dia bisa digunakan pada siang hari jadi aku mencoba menggunakannya pada siang hari juga dan ternyata tidak ada masalah di kulit aku juga. Hasilnya ya tentu masih sama seperti yang aku katakan di atas tadi. Oh ya, aku menggunakan siang hari hanya pada saat aku tidak ada aktifitas di luar rumah ya, jadi benar-benar cuma di rumah saja dan tentu tetap menggunakan sunblock.

Walau aku bilang tidak ada masalah digunakan pada siang hari di kulit aku, pada awalnya memang kulit jadi lebih agak sensitif ya tetapi lama-lama sudah terbiasa dan tentu dengan pengecualian yang aku bilang tadi ya.

Ada jelek lainnya? Oh tentu ada, tetapi hal ini tidak masalah sama sekali bagi aku dengan hasil yang aku terima. Jadi, dia itu saat bangun pagi ketika digunakan pada malam hari, paginya kulit terasa berminyak tetapi toh habis itu kita juga cuci muka ya.

Hasil yang aku dapatkan ini tentu bukan hanya dengan penggunaan skincare ini sendirian tetapi dengan bantuan si vitamin c itu tadi dan juga sebelum menggunakan vitamin c, aku harus menyemprotkan spray wajah agar penyerapan vitamin c lebih maksimal dengan menggunakan face mist dari Mineral Botanica. Hayo, jadi tambah bingung ya. 😂 Intinya, penggunaan skincare itu disesuiakan saja dengan kondisi kulit kalian dan bagaimana kalian nyaman saat menggunakannya ya. 👌

Read :

(+) LIKE
🌸 Kulit terasa smooth
🌸 Pori-pori terlihat mengecil
🌸 Kulit jadi kenyal
🌸 Bekas jerawat memudar
🌸 Sedikit mencerahkan kulit
🌸 Kulit terlihat sehat
🌸 Bisa digunakan siang hari, asal menggunakan sunscreen dan tidak terpapar sinar matahari langsung
🌸 Aman di kulitku, saat digabung serum Vitamin C
🌸 Kemasan gelap, bagus untuk skincare
🌸 No paraben & no fragrance
🌸 Harga cukup affordable
🌸 Brand lokal, gampang ditemukan
🌸 Travel friendly.

(-) DISLIKE
🌸 Awal mencoba muncul bruntusan
🌸 Di kulitku, tidak bisa digunakan sendirian
🌸 Wajah sedikit sensitif saat siang hari
🌸 Bangun tidur, berminyak.

NILAI 4/5

Kalian bisa membeli For Skin's Sake Renew Retinol Serum Concentrate atau produk dari brand FSS ini secara online di beberapa e-commerce di official mereka atau di online shop terpercaya ya.

Harga dari For Skin's Sake Renew Retinol Serum Concentrate ini tidak terlalu mahal dan tidak murah juga, dia harganya adalah 270k tetapi aku sering melihat serum ini diskon menjadi di bawah 200k. Aku sendiri tidak membeli karena saat itu mendapatkannya dari gift box.

Repurchase? Bisa iya bisa juga tidak tetapi sepertinya aku cukup kepo dengan retinol lainnya dari brand lokal apalagi ada serum lokal yang katanya si retinolnya sudah distabilkan sehingga minim iritasi, nah itu aku kepo dan kemungkinan akan mencoba retinol tersebut untuk selanjutnya ya.



LOVE,